Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor di Polybag (Ibu Dewi, Ciamis, 2015)

30 October, 2015 KesaksianTeknik Budidaya  Komentar

Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor di Polybag (Ibu Dewi, Ciamis, 2015) – Halo sahabat Tani Organik se tanah air. Mempunyai pekarangan rumah yang hijau oleh tanaman hortikultura yang subur memang sangat mempesona untuk dipandang, tak hanya enak dipandang, tanaman bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti di pekarangan rumah Ibu Dewi di Ciamis-Jawa Barat, lahan disekitar rumahnya di sulap menjadi pekarangan yang hijau segar oleh berbagai tanaman sayuran seperti selada bokor, pakcoy dan tomat, sangat menyehatkan pandangan. Kemarin kita telah bahas mengenai Tips Menyuburkan Budidaya Pakcoy di Polybag (Ibu Dewi, Ciamis, 2015), dan kali ini kita akan bahas mengenai tanaman selada bokor yang tengah dibudidayakan ibu Dewi saat ini. Alhamdulillah, tanaman selada bokornya montok-montok katanya. Kami pun turut senang dan kagum kepada beliau, bagaimana tidak? di usianya yang masih muda, beliau tetap rajin dan semangat untuk budidaya tanaman. Kasih sayangnya pada tanaman seladanya membuat selada menjadi montok-montok dan sehat hanya dengan diberi asupan pure organik saja yakni dengan pupuk kandang (kotoran ayam) dan POC BMW. Dibalik keberhasilannya pasti ada tips-tips agar tanaman selada bokornya bisa seperti ini, mari kita intip tipsnya dari awal..

Persemaian menggunakan wadah terbuat dari plastik dengan media lumpur empang+pupuk kandang+sekam padi

Persemaian menggunakan wadah terbuat dari plastik dengan media lumpur empang+pupuk kandang+sekam padi

Persemaian Budidaya Selada Bokor

Sebelum dilakukan proses persemaian, benih selada di rendam dahulu dengan POC BMW yang telah dicampur dengan air hangat, ini bertujuan agar dapat merangsang benih lebih cepat berkecambah. Setelah itu, benih tersebut di tiriskan dan dibekam dengan kain yang lembab ± 3 harian untuk sampai berkecambah. Siapkan media semai, seperti pada gambar diatas, tanah yang digunakan ibu Dewi untuk persemaian diambil dari lumpur empang dicampur pupuk kandang (kotoran ayam yang bercampur dengan sekam padi). Benih pun di tebar pada media semai.

Terlihat tanaman selada montok-montok.

Terlihat tanaman selada montok-montok.

Persiapan Media Tanam Budidaya Selada Bokor

Media tanam dipersiapkan sambil menunggu proses persemaian bibit selada bokor. Media yang digunakan untuk menanam selada yakni polybag diisi tanah 2 bagian + pupuk kandang atau kompos 1 bagian. Bisa dikasih juga sekam padi 1 bagian. Pastikan pupuk kandangnya harus sudah matang, jangan langsung mengambil yang masih segar dari kandang, sebab bisa mengundang penyakit bagi tanaman. Jika usia persemaian kira-kira 17 hari dengan memiliki 4-5 helai daun, maka bibit selada cocok untuk dipindah tanamakan ke polybag yang telah dipersiapkan.

Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor di Polybag (Ibu Dewi, Ciamis, 2015)

Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor di Polybag (Ibu Dewi, Ciamis, 2015)

 

Pemupukan Budidaya Selada Bokor

Pemupukan yang dilakukan bu Dewi ini sebagai modal utama untuk menghasilkan tanaman selada yang montok dan sehat. Bu Dewi cupuk dengan mengaplikasikan pupuk kandang dan POC BMW saja. Pemupukan pada tanaman seladanya dilakukan baru 2 kali, karena tanamannya juga baru berumur sekitar 2 mingguan. Pada minggu pertama pemupukan diberi Pupuk kandang berupa kotoran ayam + sekam padi dicampur dengan air pada wadah ember, diaduk lalu dikocorkan 1 gelas per tanaman. Pada saat pemupukan yang sama, 2 tutup POC BMW + 1 ember air kemudian dikocorkan pada tanaman 1 gelas per tanaman. Pada minggu keduanya Ibu Dewi apliksikan hanya menggunakan POC BMW sisa perendaman benih lalu di semprotkan pada tanaman. Pemupukan dilakukan rutin 1 minggu sekali.

Tanaman selada yang subur montok bersama POC BMW

Tanaman selada yang subur montok bersama POC BMW

Pemeliharaan Budidaya Selada Bokor

Ibu Dewi rajin melakukan penyiraman pada tanaman seladanya, 2 kali sehari di pagi hari dan sore. Karena kebutuhan air akan tanaman selada ini cukup tinggi, apalagi jika ditanam pada polybag. Kelembaban tanah harus terjaga jangan sampai tanah menjadi kering atau kelebihan air. Pemupukan susulan juga perlu dilakukan 1 minggu sekali untuk asupan nutrisi tanaman. Penyiangan dilakukan apabila da rumput tumbuh dibagian polibag, karena akan merebut nutrisi tanah pada polybag.

Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor

  • Jaga kelembaban tanah dan tanah perlu mengandung bahan organik yang banyak, maka bisa ditambahkan pupuk organik+sekam atau kompos.
  • Rutin melakukan penyiraman 2 kali sehari sesuai kondisi kelembaban tanahnya.
  • Rajin memberi rangsangan hormon pada tanaman. Bu Dewi mengaplikasikan POC BMW 1 minggu sekali.
Hormon perangsang POC BMW ini membuat tanaman selada tumbuh montok dan besar-besar.

Hormon perangsang POC BMW ini membuat tanaman selada tumbuh montok dan besar-besar.

Hama dan Penyakit Budidaya Selada Bokor

Perawatan pada budidaya selada ini memang sangat mudah, terlebih lagi selada memang tahan akan serangan hama dan penyakit. Cukup dengan menjaga kelembaban tanah pada polybag, hama dan penyakit insyaalloh tidak akan menyerang tanaman. Jika pun terlaihat seperti hama ulat, belalang dan kutu cukup aplikasikan ANTILAT sesuai kondisi serangan. Begitupun dengan penyakit pada tanaman, apabila terlihat gejala sudah menyerang tanaman selada berupa bakteri atau jamur, lakukan penyemprotan NOPATEK pada tanaman yang terserang saja.

Panen Budidaya Selada Bokor

Budidaya selada bokor bisa dilakukan pemanenan setelah umur tanaman berkisar 2 bulanan. Cara pemanenan Budidaya selada juga sama seperti cara pemanenan pakcoy, biasanya dipanen langsung dengan mencabut seluruh tanaman dari akarnya, Namun, bisa juga dengan mengambil daunnya saja, sehingga tanaman selada dapat tetap tumbuh lagi untuk diproses panen berikutnya.

Percakapan kesaksian bu Dewi dengan kami.

Percakapan kesaksian bu Dewi dengan kami.

Kegembiraan bu Dewi akan tanaman seladanya yang tumbuh montok dipaparkan pada percakapan yang telah kami lampirkan. Alhamdulillah, turut senang atas kesuksesan ibu Dewi.  🙂

Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor di Polybag (Ibu Dewi, Ciamis, 2015)

Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor di Polybag (Ibu Dewi, Ciamis, 2015)

Itulah sekilas tentang kesaksian dan Tips Menyuburkan Budidaya Selada Bokor di Polybag dari Ibu Dewi di Ciamis-Jawa Barat. Semoga banyak yang terinspirasi bagi sahabat Tani Organik yang ingin pekarangan rumahnya hijau dengan tanaman hortikultura yang montok-montok dan sehat seperti tanaman selada ibu Dewi ini. Sekian penjelasan dari kami, Salam Tani Organik..

Lihat juga artikel budidaya lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>