Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)

Print Friendly

Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015) – Halo sahabat Tani Organik semua, semoga aktifitasnya selalu dilancarkan dan sukses selalu. Ada yang beda dengan artikel kali ini, Tim Bumi Makmur Walatra mendapatkan kiriman foto-foto kesaksian dari salah satu mitra kami yang berada di Dayeuh kolot, Bandung, Jawa Barat, Bapak Asep Ali namanya. Beliau adalah seorang petani kembang kol (Brungkol) yang sampai saat ini terus di gelutinya. Sebelumnya hasil pertanian kembang kol miliknya biasa-biasa saja seperti hasil petani-petani kembang kol lainnya. Namun, setelah aplikasikan pupuk organik produk BMW Alhamdulillah selain tanaman kembang kol tumbuh luar biasa, juga dari segi biaya lebih hemat. “BMW,.. TOP lah, bikin tidak berpaling ke yang lain” kata Pak Asep :-) . Kembang kol nya saat ini besar-besar dan lebar-lebar, sangat menggembirakan sekali. Secara umum langkah-langkah budidaya kembang kol yang dilakukan sama saja, namun yang membedakan ialah perlakuan dalam pemupukannya. Berikut kita bahas tips nya dari awal..

Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015). Usia tanaman 38 HST.
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015). Usia tanaman 38 HST.

Persemaian Budidaya Kembang Kol

Dalam proses penyemaian kembang kol dapat dilakukan pada bumbung dari daun pisang atau kertas plastik berdiameter 4-5 cm dengan tinggi 5 cm, bisa juga menggunakan polybag yang berukuran 7×10 cm. Untuk tempat penyemaian yaitu tanah yang dicampurkan dengan pupuk dasar (pupuk kandang) dengan perbandingan 2:1. Sebelum proses penyemaian dilakukan, media penyemaian perlu disterilkan terlebih dahulu dengan cara mengukus media semai pada suhu 55-100˚C dengan interval 30-60 menit. Bisa juga larutan formalin 40% disiramkan lalu tutup dengan plastik selama 24 jam kemudian dianginkan.

Proses penyemaian kembang kol perlu dilakukan penyiraman dua kali sehari, setiap pagi dan sore naungan persemaian dibuka, lakukan penyiangan gulma disekitar penyemaian, dan berikan juga larutan dari KOCOR BMW dengan konsentrasi 1 sdm / liter air serta semprotkan insektisida ANTILAT ½ dosis anjuran.

Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015). Usia tanaman 38 HST.
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015). Usia tanaman 38 HST.

Persiapan Lahan Budidaya Kembang Kol

Dalam persiapan lahan untuk budidaya kembang kol pertama-tama lahan dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan sisa akar yang akan mengganggu pertumbuhan kembang kol, kemudian lahan dicangkul atau dibajak sedalam 40-50 cm dan dibuatkan bedengan dengan lebar 80-100 cm dengan tinggi 35 cm. Antar bedengan memiliki jarak 40 cm. Di lahan miring dibuatkan parit diantara bedengan. Jika pH tanah lebih rendah dari 5,5 maka berikan kapur pertanian atau dolomite dengan dosis antara 1-2 ton/ha. Pengapuran dilakukan pada saat pembuatan bedengan dan dicampurkan pada lahan. Berikan juga pupuk dasar sebanyak 12,5-17,5 ton/Ha. Bahan untuk pemupukan dasar akan dibahas pada poin pemupukan.

Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)

Penanaman Budidaya Kembang Kol

Setelah persiapan lahan sudah selesai dan umur semai sudah dapat dipindahkan, maka penanaman tanaman kembang kol di lahan pertanian dapat dilakukan. Sebelumnya bedengan dialiri dahulu dengan air sampai merata, lalu air dikurangi hingga 1/3 dari tinggi bedengan, setelah itu lubangi tanah dengan tugal, dan benih dari persemaian yang sudah berumur 17 hari di pindahkan ke dalam lubang bedengan, jika memakai polybag, pada bagaian bawah polybag telah berlubang bisa masukan bibit langsung dengan polybagnya dan robek polibag jika masih utuh agar perkembangan akar tidak terhalangi. Kemudian tutup dengan sedikit tanah.

Tanaman terlihat tumbuh baik secara serempak. Usia tanaman 45 HST.
Tanaman terlihat tumbuh baik secara serempak. Usia tanaman 45 HST.

Pemupukan Budidaya Kembang Kol

Hal yang membedakan hasil pertumbuhan kembang kol seperti yang dikatakan mitra kami Pak Asep, adalah pemberian pupuk pada pertanian kembang kolnya. Alhamdulillah dari tips pemupukan yang kami berikan membuat budidaya kembang kol milik Pak Asep tumbuh luar biasa. Ada 2 cara pemupukan kembang kol yang kami berikan, yakni cara pemupukan organik murni dan cara pemupukan kombinasi kima. Silahkan sahabat Tani Organik dapat di pilih pemupukan mana yang diminati, namun Pak Asep mengaplikasikan pemupukan pada budidaya kembang kol nya dengan cara kombinasi kimia.
I. Pemupukan Dasar untuk Budidaya Kembang Kol (pada saat olah lahan/pembuatan bedengan)

  • Cara Organik Budidaya Kembang Kol : pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) + dolomit + tepung ikan + tepung tulang/tepung bulu + disemprot nopatek + poc bmw
  • Cara Kimia Budidaya Kembang Kol : pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) + dolomit +  za + sp36 + kcl + disemprot nopatek + poc bmw

II. Pemupukan Susulan untuk Budidaya Kembang Kol

CARA PEMUPUKAN ORGANIK BUDIDAYA KEMBANG KOL

  • Pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) 1 karung + dolomit 4 kg + tepung ikan 4 kg + tepung tulang/tepung bulu 4 kg + nopatek 1 btl + poc bmw 1 btl. Semua bahan dimasukkan ke dalam drum 200 ltr, ditambahkan air sampai hampir penuh, diaduk rata. Kemudian drum ditutup rapat, dan diamkan 5 hari. Bahan siap digunakan.
  • Cara penggunaan: ambil 1/2 gayung pupuk dari peraman kemudian tambahkan air 1 ember falkon. Diaduk, lalu kocorkan ke kembang kol, dosis 100 ml per lubang tanam.

CARA PEMUPUKAN KIMIA BUDIDAYA KEMBANG KOL

  • Pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) 1 karung + dolomit 4 kg +  za 4 kg + sp36 2 kg + kcl 3 kg + nopatek 1 botol + poc bmw 1 btl. Semua bahan dimasukkan ke dalam drum 200 ltr, ditambahkan air sampai hampir penuh, diaduk rata. Kemudian drum ditutup rapat, dan diamkan 5 hari. Bahan siap digunakan.
  • Cara penggunaan: ambil 1/2 gayung pupuk dari peraman kemudian tambahkan air 1 ember falkon. Diaduk, lalu kocorkan ke kembang kol, dosis 100 ml per lubang tanam.
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)

Pemeliharaan Budidaya Kembang Kol

Penyulaman pada Budidaya Kembang Kol

Penyulaman yang dilakukan dengan cara mengganti tanaman kembang kol yang rusak ( tidak sehat ) atau tanaman mati, ini dilakukan hingga tanaman kembang kol berumur 2 MST.

Penyiangan pada Budidaya Kembang Kol

Penyiangan gulma dilakukan 7, 20, 30-35 HST secara hati-hati agar akar tanaman kembang kol tidak rusak. Akhir fase vegetative, penyiangan tanaman kembang kol di hentikan dahulu.

Perempelan pada Budidaya Kembang Kol

Dalam melakukan perempelan tunas yang keluar dari cabang dilakukan sedini mungkin supaya ukuran dan kualitas masa bunga akan membentuk secara optimal. Setelah masa bunga terbentuk, pengikatan daun-daun tua supaya massa bunga bisa ternaungi dari cahaya matahari. Fungsi naungan ini untuk dapat mempertahankan warna bunga tetap putih.

Pemupukan Susulan pada Budidaya Kembang Kol

Pemupukan susulan dapat di aplikasikan mulai dari 7 – 10 HST. Dan dapat dilakukan secara berkala setiap 7 – 10 hari berikutnya.

Pengairan dan Penyiraman pada Budidaya Kembang Kol

Pengairan pada budidaya kembang kol juga perlu diberikan pada pagi dan sore hari. Penyiraman tanaman kembang kol pada musim kemarau dilakukan 1 sampai 2 kali sehari terutama saat tanaman kembang kol pada fase pertumbuhan awal dan pembentukan bunga.

Tips Memperbesar dan Melebarkan Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)
Pak Asep Ali dengan POC BMW di tengah kebun kembang kolnya yang subur.

Tips Agar Kembang Kol Berukuran Besar

  • Rajin memberi rangsangan hormon. Pak Asep Ali menggunakan POC BMW 1 minggu sekali.
  • Rajin membuang daun yang rusak.

Hama dan Penyakit Budidaya Kembang Kol

Dalam Budidaya kembang kol tidak terlepas dari serangan hama dan penyakit tanaman. Beberapa hama yang sering menyerang budidaya kembang kol antara lain :ulat grayak(Spodoptera Litura) ,ulat daun(Plutella xylostella)  ulat krob(Crocidoomia binotalis ),ulat tanah  (Agrotis Ipsilon),kutu daun ,kutu kebul. Untuk mengendalikan hama-hama tersebut dapat dilakukan penyemprotkan dengan insektisida hayati ANTILAT 4 hari sekali secara rutin, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Selain hama, beberapa penyakit yang sering menyerang budidaya kembang kol antara lain : Layu bakteri(Pseudomonas  solanacearum), layu fusarium(Fusarium oxysporum), Antraknosa (Collectrotichum gloeospoiroides), Busuk daun (Phythopthora Infestans).  Akar Gada(  (Plasmodiophora brassicae),Embun bulu (  Downy Mildew)  Penyakit Busuk Lunak (Erwinia carotovora). Pengendalian dari penyakit ini dapat diatasi dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Kecuali untuk pengendalian layu fusarium dan akar gada, pengendalian yang dilakukan 1 tutup btl NOPATEK per 2 liter air, diaduk lalu disiramkan ke sekitar akar tanaman kembang kol (khusus pada tanaman yang terserang saja) dengan dosis 1 gelas per tanaman.

Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)

Panen dan Pasca Panen Budidaya Kembang Kol

Budidaya kembang kol yang dapat dipanen apabila kondisi bunga sudah padat dan kompak. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memotong bagian pangkal batang, sisakan 6-7 helai daun untuk menutupi bunga. Kembang kol yang baru dipanen, disimpan pada tempat yang teduh agar kembang kol tidak cepat layu. Lalu sortasi dilakukan dengan memisahkan bagian tanaman tua, busuk atau sakit. Simpan menggunakan wadah keranjang bambu, wadah plastik atau karton yang berlubang-lubang agar sirkulasi tetap terjaga.

Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015)

Tips budidaya kembang kol diatas dapat di praktekan sendiri oleh sahabat Tani Organik, Insyaalloh hasilnya pun bisa seperti kembang kol milik Pak Asep.

Disamping menggunakan POC BMW, Pak Asep Ali juga menggunakan NOPATEK untuk mengantisipasi serangan penyakit jamur semisal karat daun dan busuk buah.
Disamping menggunakan POC BMW, Pak Asep Ali juga menggunakan NOPATEK untuk mengantisipasi serangan penyakit jamur semisal karat daun dan busuk buah.

Foto di atas adalah foto Pak Asep ditengah-tengah pertanian kembang kolnya bersama produk BMW, merupakan ekspresi kepuasan Pak Asep terhadap produk BMW, yang kini kembang kolnya bisa tumbuh luar biasa, besar-besar dan lebar-lebar serta berkualitas.

Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015). Usia tanaman 45 HST.
Tips Memperbesar dan Melebarkan Brungkol/Kembang Kol (Bapak Asep Ali, Bandung, 2015). Usia tanaman 45 HST.

Itulah kesaksian dari mitra kami Pak Asep di Dayeuh Kolot, Bandung pada pertanian kembang kol miliknya yang alhamdulillah tumbuh lebih baik dari biasanya. Pengaplikasian yang dilakukan Pak Asep ini bisa menjadi referensi bagi para petani kembang kol lainnya yang ingin kualitas kembang kol nya meningkat. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan sukses selalu..

Lihat juga artikel budidaya lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH