Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)

Print Friendly

Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015) – Halo sahabat Tani Organik, Alhamdulillah saya kembali hadir untuk mengshare artikel-artikel pertanian kepada sahabat Tani Organik semua. Semoga dapat bermanfaat dan Sukses bagi kita semua  :).

Artikel kali ini akan mengulas tentang Tips Jitu Melebatkan Cabe Rawit di Polybag. Siapa yang tidak ingin tanamannya dapat tumbuh dengan subur dan berbuah lebat tentunya, pasti impian sahabat Tani Organik semua bukan ? :). Seperti contoh perkebunan cabai rawit milik Pak Zunaedi salah satu mitra kami yang berada di Sukabumi, hanya dengan media polybag Alhamdulillah perkebunan cabai rawitnya tetap lebat-lebat dan sehat. Bagaimana tips perawatan yang Pak Zunaedi lakukan? yu kita intip tipsnya..

Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)
Buah cabai rawit di polibag yang terus berbuah

Pesemaian Budidaya Cabai Rawit

Untuk persemaian benih cabai rawit caranya sama saja, namun agar dapat merangsang benih lebih cepat berkecambah bisa direndam dahulu dengan POC BMW yang telah dicampur dengan air hangat selama ± 3 jam. Setelah selesai, tiriskan benih diatas tisu atau kertas. Siapkan pula media semai yang kaya akan nutrisi berupa tanah dan kompos dan benih pun bisa langsung ditebar di media semai.

Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)
Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)

Persiapan Media Tanam Budidaya Cabai Rawit

Sambil menunggu persemaian siap pindah, boleh kita menyiapkan dahulu media tanam tempat budidaya cabai rawit. Pak Zunaedi menggunakan media polybag sebagai media tanamnya, bisa diisi tanah 2 bagian + pupuk kandang atau kompos 1 bagian. Bisa diberikan juga sekam padi 1 bagian. Apabila persemaian cabai rawit telah memiliki 4-5 helai daun, maka bibit cabai rawit siap untuk dipindah tanamakan ke polybag yang telah dipersiapkan.

Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)
Sesuai pada foto berikut, terlihat subur dan lebat-lebat perkebunan cabai rawit di polybag milik Pak Zunaedi

Penanaman Budidaya Cabai Rawit

Setelah benih dalam persemaian budidaya cabai rawit telah siap dipindah tanamkan, ambil satu persatu bibit cabai rawit dari persemaian dengan hati-hati dan pindahkan ke media polybag yang telah dipersiapkan tadi. Cukup 1 bibit cabai rawit untuk 1 media polybag.

Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)
Ini rahasia dibalik lebatnya perkebunan cabai rawit di polybag Pak Zunaedi, POC BMW, ANTILAT dan NOPATEK :-)

Pemupukan Budidaya Cabai Rawit

Pemupukan dalam budidaya cabai rawit yang Pak Zunaedi lakukan memang faktor penting untuk asupan nutrisi pada tanaman supaya tumbuh subur dan memacu untuk pertumbuhan buah cabai rawit. Dalam aplikasinya Pak Zunaedi menggunakan produk BMW yakni POC BMW, ANTILAT dan NOPATEK dengan dosis-dosis yang telah kami berikan pada label. Pemberian POC BMW sebagai pupuk perangsang buah,batang dan daun diberikan setelah tanaman berusia 7-10 HST dengan dosis anjuran 2-3 tutup POC BMW + Air 15liter dan semprotkan pada budidaya cabai rawit secara menyeluruh. Pengaplikasiannya dilakukan kembali 7-10 hari sekali.

Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)
Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)

Perawatan Budidaya Cabai Rawit

Penyiraman pada Budidaya Cabai Rawit

Kelembaban tanah dalam polybag harus tetap terjaga. Jangan sampai media tanam kering atau kelebihan air. Pada musim kemarau penyiraman dilakukan 2 kali pagi dan sore.

Pemupukan pada Budidaya Cabai Rawit

Pemukan selanjutnya harus dilakukan berkisar 7-10 hari berikutnya, Supaya asupan nutrisi tanaman cabai rawit tetap terjaga.

Penyiangan pada Budidaya Cabai Rawit

Jika ada rumput pengganggu tumbuh disekitar polybag, segera lakukan pembersihan, karena nutrisi pada tanah akan terbagi dan tidak fokus untuk pertumbuhan budidaya cabai rawit.

Hama dan Penyakit Budidaya Cabai Rawit

Dalam budidaya cabai rawit, sering kita temukan beberapa hama yang menggangu dalam pertumbuhan budidaya cabai rawit yakni diantaranya Thrips, Tungau (Mite), Kutu (Myzuspersicae), Lalat Buah (Bactrocera dorsalis), Ulat Grayak (Spodoptera litura). Jika budidaya cabai rawit telah diserang hama-hama seperti diatas, lakukan penanggulangan dengan cara menyemprotkan insektisida/pestisida hayati ANTILAT 4 hari sekali secara rutin, dengan dosis 4 tutup botol ANTILAT + 17 liter air. Untuk pencegahan pak Zunaedi mengaplikasikan 7 hari sekali.

Tidak hanya hama yang menggangu dalam pertumbuhan budidaya cabai, tetapi penyakit yang menyerang cabai rawit pun dapat menggangu kesuburan tanaman seperti penyakit antraknosa, Bercak daun, Layu fusarium, Layu bakteri, Virus Kuning, Busuk batang atau busuk kuncup, Keriting daun atau mosaic. Penanggulangannya dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali secara rutin, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Dikhususkan untuk pengendalian penyakit Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum) yakni dengan NOPATEK, dosis 1 tutup btl NOPATEK per 2 liter air, diaduk lalu disiramkan ke sekitar akar (khusus pada tanaman yang terserang saja) 1 gelas per pohon.

Tips Melebatkan Cabe Rawit di Polybag (Bpk Zunaedi, Sukabumi, 2015)
Hasil panen pun Alhamdulillah melimpah dengan harga yang tinggi dipasaran :-)

Tips Melebatkan Budidaya Cabai Rawit

  • Media tanam harus kaya akan nutrisi baik untuk tanaman yakni campuran tanah dan kompos serta sekam padi juga.
  • Jaga kelembaban tanah jangan terlalu kering dan jangan terlalu basah.
  • Rajin memberikan pupuk susulan berupak perangsang buah, batang dan daun, Pak Zunaedi memakai POC BMW

Panen Budidaya Cabai Rawit

Setelah budidaya cabai rawit berusia sekitar 3 bulanan, sudah waktunya dilakukan pemanenan. Pemanenan dilakukan pada pagi hari dengan cara memetik buah beserta tangkainya. Buah cabai yang bagus, bentuknya ramping dan berisi padat harganya pun tinggi di pasaran.

Demikian artikel mengenai tips jitu melebatkan tanaman cabai rawit di Polybag yang telah dibuktikan oleh mitra kami Pak Zunaedi di Sukabumi, semoga bisa menjadi insfirasi bagi sahabat Tani Organik semua. Salam Tani Organik.

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH