Luar Biasa, Tanaman Buncis Nampak Subur Hijau Kebiruan dengan Pupuk Organik POC BMW – Leuwisari, Tasikmalaya

16 January, 2013 Kesaksian  Satu komentar

Luar Biasa, Tanaman Buncis Nampak Subur Hijau Kebiruan dengan Pupuk Organik POC BMW – Leuwisari, Tasikmalaya – TIDAK ADA REKAYASA dalam foto-foto kami. Apa yang Anda saksikan itulah fakta lapangan yang ada saat ini, tanggal 16 Januari 2013. Berikut ini adalah laporan kunjungan lapangan kami (yang rutin dilakukan) ke petani-petani mitra kami. Kali ini kami jalan-jalan ke Leuwisari, Tasikmalaya, Jawa Barat, mengunjungi lahan buncis Bapak Oom. Beliau ini telah menggunakan produk kami, POC BMW sebanyak 2 botol dan pestisida organik AntiLAT 1 botol.

Sehari sebelumnya Bapak Oom ini, yang juga berprofesi sebagai bapak guru di sekolah, datang jauh-jauh ke lokasi kami meminta supaya kami menengok tanaman budidayanya yang sudah diaplikasi produk kami, Bumi Makmur Walatra (BMW).

Tanaman buncis yang subur dengan pupuk organik POC BMW - Leuwisari Tasikmalaya 01

Tampak daun buncis lebar-lebar dan tebal, warnanya hijau segar kebiruan. Ini pertanda awal tanaman yang sehat.

Begitu sampai di lokasi, kami terkagum-kagum menyaksikan pertumbuhan tanaman buncis bapak Oom yang pesat. Bagaimana tidak, di usianya yang masih muda, sekitar 1 bulan, tanaman buncisnya sudah tumbuh demikian tinggi dan rimbun.

Tanaman buncis yang subur dengan pupuk organik POC BMW - Leuwisari Tasikmalaya 02

Kang Yudi (tim peninjau Bumi Makmur Walatra), begitu ceria dan bersemangat mendapati pertumbuhan tanaman buncis yang dahsyat. Perjuangan kami, semoga diberkahi dan tidak sia-sia…

Saking lebatnya, sampai-sampai kami sulit melangkah di antara lorong tanaman. Selain rimbun, tanaman juga tinggi menjulang 2 meter lebih. Kandungan hormon dan nutrisi yang pekat dalam pupuk organik cair (POC) BMW melejitkan masa vegetatif tanaman, yang akan disusul dengan masa generatif tanaman atau masa berbuah.

Tanaman buncis yang subur dengan pupuk organik POC BMW - Leuwisari Tasikmalaya 03

Pengaruh hormon dan nutrisi organik yang tepat, menghasilkan pertumbuhan yang pesat pada tanaman buncis.

Perlakuan Pemupukan

Untuk menghasilkan pertumbuhan hebat seperti ini, bapak Oom memang masih menggunakan pupuk kimia untuk pengocorannya namun dosisnya kecil sekali, yakni tidak lebih dari 3 kg untuk 10 drum pengocoran, artinya hanya membutuhkan 300 gram pupuk kimia per drum!

Rumusnya:

  1. Siapkan drum kapasitas 200 liter. (Kita akan membuat BIANG atau BIBIT atau PERAMAN).
  2. Kemudian masukkan bahan-bahan berikut: 1 botol POC BMW + 1 karung Pupuk kandang (kambing/sapi/kelinci, dll.) + 1 kg KNO3 + 1 kg NPK + 1/2 kg SP36 + 1/2 kg Kalsium.
  3. Tambahkan air ke drum sampai hampir penuh, lalu aduk semua bahan secara merata.
  4. Tutup rapat drum dengan plastik (diikat dengan karet ban atau tali).
  5. Diamkan selama 1 minggu (semakin lama semakin bagus). Lakukan pengadukan 1x setiap hari.
  6. Setelah 1 minggu, pupuk peraman atau BIANG ini siap digunakan.

Catatan:

Biang 1 drum ini bila diencerkan akan menjadi 20 drum pupuk siap pakai, sehingga cukup untuk memupuk lahan 1/2 HA, atau 10.000 pohon. Sungguh irit sekali! Jika dikalkulasi, Anda hanya perlu merogoh sekitar Rp 90.000,- untuk memupuk lahan 1/2 HA.

Cara penggunaan:

  1. Ambil pupuk peraman sebanyak 3 gelas, lalu campurkan dengan air 1 ember (10 liter).
  2. Pupuk encer ini siap dikocorkan ke tanaman, dosisnya 1 gelas per pohon.
  3. Lakukan pemupukan 7 atau 10 hari sekali (tergantung kondisi tanaman). Bila tanaman terlalu subur, pemupukan dilakukan per 2 minggu saja!
Tanaman buncis yang subur dengan pupuk organik POC BMW - Leuwisari Tasikmalaya 04

Selain pasokan nutrisi yang tepat, diperlukan perawatan yang serius dan konsisten untuk menghasilkan tanaman yang sehat dan subur.

Penanganan Hama dan Penyakit

Sekarang mari perhatikan baik-baik pada foto-foto yang kami tampilkan, apakah tanaman buncis bapak Oom terserang hama atau penyakit yang serius? Sepertinya, kita semua sepakat menjawab: TIDAK.

Tanaman buncis yang subur dengan pupuk organik POC BMW - Leuwisari Tasikmalaya 06

Penampakan tanaman buncis Pak Oom (view dari atas), menghampar hijau segar, tumbuh lebat merata, bunga dan bakal buah muncul di mana-mana…

Ya, kami yang menyaksikan langsung ke lahan memang tidak mendapati adanya hama berarti. Tanaman begitu mulus… mengkilap.

Untuk urusan pengendalian hama pada tanaman buncis ini, Bapak Oom hanya mengandalkan insektisida organik produksi kami saja yang “murah meriah”: AntiLAT. Selain aman, produk kami ini sudah diset untuk mengatasi berbagai jenis hama hortikultura sekaligus, termasuk serangga, ulat dan kutu-kutuan.

Kami yakin Pak Oom tidak “curi-curi” pakai pestisida kimia, karena khusus pada lahan buncisnya ini kami tidak menghirup aroma “NYEGAK” (istilah orang Sunda) yang khas kimia 🙂

Tanaman buncis yang subur dengan pupuk organik POC BMW - Leuwisari Tasikmalaya 07

Tidak perlu risau dengan hama jika masih dalam ambang batas yang wajar, yang terpenting tidak mengganggu produktivitas tanaman dan hasil panen.

Dengan menerapkan pola pertanian organik, kita tidak dibuat repot dan was-was dengan urusan hama. Kita tidak perlu “beradu jotos” dengan hama, artinya tidak seenaknya membunuh mereka, sebisa mungkin hal itu dihindari. Mereka sama-sama mahluk Tuhan yang mempunyai hak hidup. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengondiskan bagaimana agar mereka “pergi” dari lahan budidaya kita dan mencari alternatif lain yaitu rerumputan liar.

Tanaman buncis yang subur dengan pupuk organik POC BMW - Leuwisari Tasikmalaya 05

Menerawang bakal buah yang menengadah ke langit, semoga mencerminkan doa kita untuk kemakmuran di masa datang… amin Ya, Allah…

Oleh karena itu dalam pola atau konsep pertanian organik, dibutuhkan kekompakan dan komitmen di antara sesama petani di lingkungan sekitar. Kita tidak bisa berjuang sendiri, melainkan harus bersama-sama: satu tekad, satu visi dan satu tindakan.

 

*** BERKARYA MEMBANGUN BANGSA DENGAN MEMAJUKAN PERTANIAN ORGANIK ***

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Satu komentar untuk Luar Biasa, Tanaman Buncis Nampak Subur Hijau Kebiruan dengan Pupuk Organik POC BMW – Leuwisari, Tasikmalaya

  • agus indarto says:

    good

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>