Praktek Langsung Budidaya Buncis Organik (TAHAP 2) – Bpk Andi, Tasikmalaya, 2014

Print Friendly

Praktek Langsung Budidaya Buncis Organik (TAHAP 2) – Bpk Andi, Tasikmalaya, 2014

Berikut inilah penampakan terakhir buncis kang Andi yang dibudidaya secara organik total yang merupakan kelanjutan dari artikel seri pertama. Dengan pola organik murni, pertumbuhan tanaman toh bisa optimal dan berbuah dengan memuaskan. Kami bahkan telah berulang-ulang menerapkan pola organik murni pada berbagai tanaman hortikultura unggulan, misalnya saja pada cabai, hasilnya tetap mantap dan kami yakin jauh lebih ungul dan lebih murah daripada pola budidaya berbasis kimia.

Gambar-gambar ini kami ambil pada lahan kang Andi di Tasikmalaya dari berbagai arah, untuk memberikan gambaran lebih jelas kepada Sahabat Tani Organik di tanah air bagaimana perkembangan tanaman buncis kita yang dipaparkan sebelumnya. Selain buncis, lahan ini ditanami pula dengan kacang panjang dimana usianya hampir sama.

Gambar diambil pada tanggal 8-10-2014, atau usia tanaman 35 hari setelah tanam biji. Kita lihat sendiri bagaimana tanaman tumbuh subur tanpa menunjukkan masalah defisiensi/kekurangan hara meskipun lahan ini bekas ditanami mentimun dan tidak kami kasih pupuk dasar apapun lagi.

Penampakan daun hijau segar, tebal, lebar dan tidak getas. Lapisan lilin di permukaan daun terasa sekali. Pada usia ini postur tanaman sudah mencapai puncak lanjaran/ajir yang dibuat setinggi 220 cm. Pertumbuhan yang pesat.

Sejauh ini belum kami temukan serangan penyakit berarti yang menyerang tanaman, seperti karat daun, kresek dan layu fusarium. Pak Andi terus mengantisipasinya dengan penyemprotan NOPATEK dalam interval 7 sampai 10 hari sekali. Sementara cuaca masih kering/kemarau dan sepertinya musim hujan tidak lama lagi, insya alloh.

Pengaplikasian ANTILAT juga terus dilakukan untuk menekan serangan ulat, kutu dan serangga lain.

Adapun pemupukannya, tidak ada rumus rahasia dan tidak berubah-ubah. Kang Andi hanya mengandalkan pupuk KOCOR BMW saja tanpa penambahan yang lain sejak dari awal tanam. Gambar di bawah ini memperlihatkan salah satu pekerja kang Andi yaitu pak Hamid yang sedang mengencerkan pupuk KOCOR BMW untuk kemudian diaplikasikan ke tanaman dengan cara dikocorkan/disiramkan ke lubang tanam.

Pupuk yang sederhana ini alhamdulillah bisa menjadi solusi bagi para petani untuk berkebun organik tanpa harus bergantung pada berbagai macam pupuk sintetis/npk kimia yang notabene efeknya terus menggerus kesuburan alamiah tanah.

Pertumbuhan buncis yang subur menarik perhatian pak Udin dan putranya saat berkunjung ke lokasi. Pak Udin ini mitra kami juga dari Singaparna, Tasikmalaya. Saat ini pak Udin sedang membudidaya cabai merah di kebunnya yang juga menerapkan pola budidaya BMW (Bumi Makmur Walatra). Perkembangan cabainya sangat memuaskan dan insya alloh akan kami ekspos di TaniOrganik.com beberapa hari kedepan.

Pada pemantauan enam hari berikutnya, lahan sudah mulai rimbun, bunga dan buah buncis sangat lebat bertebaran dari bagian bawah tanaman sampai atas. Sebagian buah bahkan sudah bisa dipetik panen.

IMG02149-20140911-1551

Dari tanaman yang kecil mungil ini, berubah menjadi besar dan memberikan manfaat untuk manusia. Maha besar Alloh SWT yang telah menciptakan… :)

Mengapa kesan dari pertanian organik selalu saja dipandang ribet dan sulit? Padahal kami melakukannya amat sederhana dan bahkan murah meriah!

FOTO PRODUK PUPUK BMW TANIORGANIKCOM

UNTUK KONSULTASI SILAKAN MELALUI :

SMS/Telp: 0821-1547-5387 
WhatsApp: 0896-6673-9495 
BBM: 53551D73 

 

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

taniorganik

Latest posts by taniorganik (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH