Perkembangan Budidaya Cabai Keriting Mas Zainik (Depok, Jabar)

Print Friendly

Perkembangan Budidaya Cabai Keriting Mas Zainik (Depok, Jabar)

Akhir-akhir ini, kami kebanjiran tamu dari berbagai daerah. Alhasil posting artikel web pun terbengkalai. Alhamdulillah, sekarang kami punya kesempatan untuk meng-update web lagi, di sela-sela kesibukan kami.

Kali ini kami ingin menampilkan perkembangan dari budidaya cabai keriting mas Zainik di Depok, Jabar, yang merupakan kelanjutan dari artikel kami sebelumnya:

Belajar Bertani Cabe Keriting, Usaha Sambilan Orang Kantoran – Depok, Jawa Barat

Masyaallah, mungkin ini kata yang tepat buat tanaman cabenya mas Zainik. Baru pertama kali menanam cabai, nggak taunya tanaman cabenya tumbuh subur. Penyemprotan dengan Pupuk Organik Cair (POC) BMW secara rutin seminggu sekali memberi pengaruh besar pada pesatnya perkembangan tanaman cabai mas Zainik dari hari ke hari. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT…

Benih cabai di pesemaian, usia 3 hari dari biji kecambah. Tumbuh kompak dan montok.
Gambar 1. Benih cabai di pesemaian, usia 3 hari dari biji kecambah. Tumbuh kompak dan montok. Start yg bagus!
Benih cabai tumbuh kian besar, sekitar 3 hari lagi siap tanam.
Gambar 2. Benih cabai tumbuh kian besar, sekitar 3 hari lagi siap tanam.
Tanaman cabai satu hari setelah tanam. Tampak segar dan tidak menunjukkan lemes ataupun sakit.
Gambar 3. Tanaman cabai satu hari setelah tanam. Tampak segar dan tidak menunjukkan lemes atau sakit. Terlihat bahwa saking amatirnya, pemasangan mulsa pun sangat tidak rapi :) Meskipun begitu, semoga saja hasil panen cabenya tidak amatiran… hehehe..  
Tanaman cabai usia 14 hari sejak tanam, tumbuh subur, tunas-tunas samping bermunculan. Konon kematian hanya 21 pohon dari 2000 pohon pertama yang ditanam, itu pun karena gagal benih.
Gambar 4. Tanaman cabai usia 14 hari sejak tanam, tumbuh subur, tunas-tunas samping bermunculan. Konon kematian hanya 21 pohon dari 2000 pohon pertama yang ditanam, itu pun karena gagal benih.
Pada usia 20 hari, pertumbuhan cabai semakin pesat. Daun montok, lebar, hijau kebiruan. Tunas-tunas semakin dewasa. Pertanda asupan nutrisi yang tercukupi dengan baik. Penyemprotan POC BMW dilakukan dengan disiplin, seminggu sekali.
Gambar 5. Pada usia 20 hari, pertumbuhan cabai semakin pesat. Daun montok, lebar, tebal, hijau kebiruan. Tunas-tunas semakin dewasa. Pertanda asupan nutrisi yang tercukupi dengan baik. Penyemprotan POC BMW dilakukan dengan disiplin, seminggu sekali. Adapun resep kocornya kami informasikan secara berkala, sesuai dengan usia dan perkembangan tanaman.
Pupuk Organik Cair BMW (Bumi Makmur Walatra)
Gambar 6. Pupuk Organik Cair BMW (Bumi Makmur Walatra)
Dengan semangan '45, mas Zainik mencoba mengukur ketinggian cabenya. Pada usin 20 hari ini, ternyata tingginya mencapai 27-30 cm. Luar biasa!
Gambar 7. Dengan semangat ’45, mas Zainik mencoba mengukur ketinggian cabenya. Pada usia 20 hari ini, ternyata tingginya mencapai 27-30 cm. Luar biasa!

Perawatan tanaman yang baik dan disiplin, didukung bimbingan yang terus menerus terutama mengenai trik pemupukannya, menghasilkan pertumbuhan yang baik pula pada tanaman cabe tersebut.

Pada budidaya cabai ini, sebagaimana saran kami, mas Zainik tidak menggunakan pestisida kimia setetes pun! Penyemprotan benar-benar bebas kimia, karena beliau hanya menggunakan 3 macam produk saja dari kami:

  • POC BMW (pupuk organik (makro-mikro), hormon/zpt)
  • ANTILAT (insektisida organik untuk menanggulangi hama kutu (thrips, aphid, tungau, kutu putih), ulat, belalang, dan serangga lainnya).
  • NOPATEK (fungisida organik, untuk mengatasi busuk batang, busuk daun, busuk buah, patek/antraknosa, layu fusarium).

Ketiga produk disemprotkan seminggu sekali (untuk penjagaan), namun bila hama/penyakit menyerang, maka penyemprotan dilakukan 4 hari sekali.

Mas Zainik menanam sekitar 3000 pohon, terselip di antara pesatnya pembangunan di kota Depok. Selamat mas!!
Gambar 8. Mas Zainik menanam sekitar 3000 pohon, terselip di antara pesatnya pembangunan kota Depok, memanfaatkan lahan tidur yang tidak ditanami secara serius selama bertahun-tahun oleh pemiliknya. Selamat mas, semoga menjadi berkah!!

Meskipun baru pertama bercocok tanam cabai, tapi rupanya hasilnya bisa menandingi (bahkan sepertinya lebih bagus) dari rata-rata petani “master” di bidang cabai. Tanaman tumbuh subur dan merata. Mas Zainik ini pegawai asuransi yg ingin mengisi waktu luangnya dg bertanam cabai. Kita tunggu saja perkembangan cabai mas Zainik ini selanjutnya, mudah-mudahan dengan tata kelola dan perawatan yang benar, pohon cabainya bisa tumbuh tinggi 2m lebih dan berbuah lebat sebagaimana mitra-mitra kami yang lain… amiin…

Oya dalam budidaya cabai ini, mas Zainik ini terus kami pandu setiap minggunya dari awal. Komunikasi hanya mengandalkan SMS, telepon dan WhatsApp. Alhamdulillah saran-saran dan resep-resep yang kami berikan dipraktekkan oleh mas Zainik dengan baik…

Berkopi santai sambil menemani tanaman cabai di samping rumah... :)
Gambar 9. Berkopi santai sambil menemani tanaman cabai di samping rumah… :)

Harapan kami, di antara para pembaca yang ingin belajar budidaya cabai, hendaknya JANGAN RAGU UNTUK MEMULAI !! Mari belajar bersama-sama kami… DIPANDU GRATIS DARI JAUH !! 

KONTAK KAMI:
0812-1456-296

(SMS/WhatsApp/Telp)

 

 

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

The following two tabs change content below.

taniorganik

Latest posts by taniorganik (see all)

One Response to Perkembangan Budidaya Cabai Keriting Mas Zainik (Depok, Jabar)

  1. Anonymous 18 February, 2014 at 06:28

    mantap….semoga sukses kang.salam kenal by garut

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH