Mendongkrak Produksi, Berpacu dengan Harga Cabai Yang Tinggi

3 February, 2017 Kesaksian  Komentar

Lonjakan harga cabai yang fantastis beberapa waktu belakangan ini, menembus Rp.100.000 lebih per kg seolah mengundang misteri, ada apa dengan “pasar cabai” di negeri ini? Apakah ada spekulan yang bermain, ataukah memang produksi cabai kita di tingkat petani yang tidak stabil? Sangat tak lazim jika fluktuasi harga cabai yang ekstrim terjadi pada bulan-bulan biasa, bukan pada moment spesial, misalnya menjelang hari raya lebaran atau musim hajatan. Lantas kenapa?

Di tengah hancurnya panen cabai petani-petani lainnya, kami bersyukur tanaman cabai mitra BMW, bapak Yunus di Cisayong tasikmalaya malah menunjukkan hasil yang luar biasa.

Di tengah hancurnya panen cabai petani-petani lainnya, kami bersyukur tanaman cabai mitra pupuk BMW, bapak Yunus di Cisayong Tasikmalaya malah menunjukkan hasil yang luar biasa.

Secara teori pasar, lonjakan harga biasanya dipicu kurangnya suplai atas permintaan. Artinya secara sederhana, suplai cabai lebih kecil dari kebutuhan di pasar. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, terutama adalah rendahnya produksi di tingkat petani.

POC BMW dan ANTILAT menjadi andalan pak Yunus dalam perawatan tanaman cabainya. Dengan biaya yang ringan, hasilnya tidak bisa dibilang main-main.

Temuan kami di lapangan dan berdasarkan informasi yang masuk dari mitra-mitra Bumi Makmur Walatra di berbagai kota di Indonesia, menunjukkan bahwa memang produksi cabai para petani beberapa waktu terakhir sedang hancur-hancurnya. Serangan patek atau antraknosa sedang mewabah, yang menyebabkan buah cabai pada borok dan membusuk. Para petani pun gagal panen dengan menanggung kerugian yang tidak sedikit.

Nutrisi dalam POC BMW, merangsang tanaman cabai untuk 'bersemangat' dalam berbunga dan berbuah.

Nutrisi dalam POC BMW, merangsang tanaman cabai untuk ‘bersemangat’ dalam berbunga dan berbuah.

Patek/antraknosa termasuk rintangan yang selalu mengganjal para petani cabai. Di musim hujan serangannya bisa sangat menghancurkan. Pada kondisi demikian, kami sering menganjurkan kepada mitra-mitra untuk waspada dengan pemakaian pupuk kimia yang diambang batas, sebab sangat berkaitan erat dengan daya tahan tanaman terhadap serangan patek. Tanah yang asam, cuaca yang dingin, ditambah pupuk kimia semisal NPK, Urea, ZA yang sifatnya dingin, semakin membuka peluang munculnya penyakit tanaman seperti patek.

Bukan sekedar makanan dari bawah (tanah), tanaman cabai pun membutuhkan makanan dari atas agar produksi buah meningkat. Pemberian POC BMW secara penyemprotan akan mensuplai kebutuhan nutrisi secara ‘instan’ melalui pori-pori dan jaringan daun.

Di tengah gonjang-ganjingnya harga cabai, banyak petani melakukan spekulasi dengan membuka lahan baru guna menanam cabai. Sementara petani yang sudah memiliki kebun cabai pun, berusaha menggenjot produksinya dengan segenap kemampuan, menghadirkan obat-obatan yang super lengkap dan mahal.

Tinggi tanaman mencapai 2 meter lebih, artinya suplai nutrisi tercukupi dengan baik dari bawah maupun dari atas.

Tinggi tanaman mencapai 2 meter lebih, artinya suplai nutrisi tercukupi baik dari bawah maupun dari atas.

Lonjakan harga cabai memang memberi semangat bagi para petani cabai, namun sepatutnya ditanggapi dengan tindakan rasional. Haruslah diingat, harga  yang tinggi sering bersifat sementara, tidak berlangsung lama. Dengan berlomba-lomba menanam cabai pada saat bersamaan, maka yang terjadi malah jatuhnya harga ke titik nadir pada musim panen tiba. Begitulah yang kerap terjadi. Akhirnya, petani juga yang rugi.

Rajin-rajinlah menyemprotkan POC BMW agar tanaman cabai terus memproduksi tunas-tunas baru di bagian atas sehingga tanaman meninggi dan produksi buah meningkat.

Rajin-rajinlah menyemprotkan POC BMW agar tanaman cabai terus memproduksi tunas-tunas baru di bagian atas sehingga tanaman meninggi dan produksi buah meningkat.

Saat harga tinggi, petani yang sudah memiliki kebun cabai cukup wajar bila memacu produksi cabainya dengan perawatan yang baik dan intensif, supaya mendapatkan hasil panen yang besar dengan harga jual yang tinggi. Tetapi bukan berarti harus jor-joran membeli obat-obatan yang banyak, dengan tanpa memperhitungkan efek dan manfaatnya serta analisis usahanya.

Penampakan pangkal tanaman cabai pak Yunus, tiap pohon rata-rata memiliki 3-5 cabang utama, menunjukkan beliau tidak mewiwil/merempel tunas samping pada saat tanaman masih muda.

Penampakan pangkal tanaman cabai pak Yunus, tiap pohon rata-rata memiliki 3-5 batang utama, menunjukkan beliau tidak mewiwil/merempel tunas samping pada saat tanaman masih muda. Hasilnya tetap prima.

Memiliki kebun cabai yang subur dan berproduksi tinggi, tidak mesti berbiaya mahal, namun dengan perlakuan yang tepat, dan itu semua membutuhkan “ilmu pengetahuan” dan pengalaman di bidangnya. Oleh karena itu, marilah terus mencoba dengan didukung pengetahuan yang mumpuni. Terus galilah ilmu, dan insya alloh keberhasilan akan diraih… amiin!

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>