Menanam Sosin pun Bisa Jadi Jutawan

November 5, 2013 Teknik Budidaya  Satu komentar

sosin super montok dengan pupuk bmw 04

Kalau ingin berpenghasilan rutin secara cepat dari bertani, menanamlah sayuran daun semisal sosin. Lakukan secara konsisten dan tak usah berpindah menanam jenis tanaman lain. Menanam sosin relatif singkat: 17 hari di persemaian, 20-25 hari di lahan tanam. Jadi totalnya sekitar  37-42 hari sampai panen dari mulai tabur biji. Di kota kami, harga jual normal di tingkat petani sekitar rp 1000-1500 per kg, kadang lebih dari itu kalau lagi mujur. Dengan kisaran harga jual tersebut, punya lahan 1000 m2 saja Sahabat bisa mengantongi laba sekitar 2 jutaan. Lumayan kan, bisa nyaingi gaji bulanan pns. Kalau lahannya lebih luas lagi,  ya jelas bisa melampaui :)

Berikut ini penampakan dari budidaya sosin kita di pekarangan rumah yang diekspose pada artikel sebelumnya:

  1. 5 Langkah Mudah Menanam Sosin Organik di Pekarangan Rumah
  2. Tips Bertani Untuk Pemula: Menanamlah Apa Saja, Yang Penting Harus BAGUS!

Gambar berikut ini dijepret menjelang panen.

Mantap kan tanamannya? Padahal pupuknya hanya mengandalkan pupuk kandang saja yang disiram POC BMW satu kali pada awal tanam. Tanpa pupuk kimia, tanpa penyemprotan, tanpa pemupukan susulan.

Pada saat dipanen, tanaman sosin begitu montok dan lebar-lebar. Kalau saja saya menanam 1 ha dengan kondisi pertumbuhan seperti ini, insya allah didapat 30-40 juta sekali panen, hanya dalam 40 hari.

Tips agar tanaman sosin subur makmur:

  1. Tanahnya harus dicangkul lembut, syukur-syukur jenis tanahnya agak berpasir. Sekali lagi, harus lembut. Jika belum, cangkul ulang!
  2. Kasih pupuk organik, jangan kasih kimia: Kompos dedaunan, pupuk kandang yang dikomposkan, atau pupuk kandang yang sudah diperam dulu pakai POC BMW selama 2 minggu :)
  3. Air, air, air. Sosin sangat menyukai air. Jadi jangan malas untuk menyiram. Lakukan penyiraman 2-3 kali sehari pada cuaca kering. Kalau cuaca hujan, hindari penyiraman dan pastikan lahan tidak tergenang air hujan.
  4. Sinar matahari. Harus full, jangan sampai tanaman ternaungi sehingga fotosintesis tidak terhambat.

Tips agar hidup sukses dari bertani sosin dan berpenghasilan besar:

  1. Jangan tergoda menanam jenis tanaman lain selain sosin. Cukup sosin saja, bertahun-tahun, sampai Anda menjadi ahlinya di bidang sosin, menjadi juragan sosin.  
  2. Hasil panennya dijual sendiri,  jangan dijual ke tengkulak, nyuruh orang keliling perumahan penduduk, buka lapak di depan rumah. Dengan trik ini, pendapatan bisa melejit 3x lipat!
  3. Berdoa dan keluarkan zakatnya :)  

sosin super montok dengan pupuk bmw 04

 

***

tags:

Bookmark this on Google Bookmarks
Bookmark this on Delicious
Share on LinkedIn
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Satu komentar untuk Menanam Sosin pun Bisa Jadi Jutawan

  • Anonymous says:

    bedanya sosin sama sawi apa ya mas/pak, maap sebelumnya belum pernah denger sosin

Comment

CAPTCHA
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>