Menanam Pakcoy Organik di Rumah Kita – (Tasikmalaya, 2014)

Halo, sahabat Tani Organik semua, semoga hari ini menyenangkan dan ceria. Jangan kalah sama saya yang kali ini sangat bersemangat menulis artikel buat dibaca sahabat sekalian di tanah air, dengan harapan dapat bermanfaat untuk kehidupan di masa depan :)

Topik kita kali ini yang ringan-ringan saja, yaitu “menanam pakcoy di halaman rumah, pakai polybag”. Menanam pakcoy di polybag di halaman rumah dapat menjadi hiburan yang menyegarkan selain juga menjadi sumber devisa rumah tangga. Mengapa sumber devisa? Ya, karena para ibu tidak usah lagi mengemis subsidi kepada para suami demi membeli sayur pakcoy ke tukang sayur keliling… hehehe.

Menanam pakcoy di polybag  itu mudah sebetulnya, tinggal ada kemauan. Biayanya pun nggak mahal-mahal amat. Cukup beli benihnya eceran (bisa cari di internet), terus beli polybag atau wadah bekas, dan kompos. Komposnya bisa bikin sendiri dari limbah dapur atau mengimpor kotoran ternak dari kandang ayam tetangga :)

Pakcoy, atau biasa disapa sawi sendok atau bok choy merupakan jenis sayuran daun kerabat dari sawi-sawian yang sudah terkenal dalam dunia kuliner Indonesia. Mirip sosin (caisim), tapi bentuknya pendek dan gendut di bagian pangkalnya. Daunnya hijau muda dan tidak selebar daun sosin. Kalau sosin biasanya ada rasa pahitnya, tapi kalau pakcoy tidak. Harganya pun agak mahalan pakcoy. Pakcoy sangat menggugah selera saat dimasak dengan mie goreng, mie rebus, mie ayam, bakso, dan olahan masakan favorit kita semua lainnya.

Pakcoy banyak mengandung vitamin dan mineral. Kadar vitamin K, A, C, E, dan folat-nya tergolong dalam kategori “excellent”. Mineral pada pakcoy yang tergolong dalam kategori excellent adalah mangan dan kalsium. Pakcoy juga excellent dalam hal asam amino triptofan dan serat pangan (dietaryfiber). Zat-zat gizi yang termasuk dalam kategori very good pada pakcoy adalah kalium, tembaga, fosfor, besi, magnesium, vitamin B6, vitamin B2, dan protein.

Baiklah, sekarang mari langsung tancap pada pelajaran bagaimana itu menanam pakcoy di polybag di halaman rumah.

1. Menyiapkan Benih Pakcoy

Pertama-tama yang harus kita siapkan yaitu benih. Benih pakcoy berbentuk butiran kecil yang sangat kecil, berwarna cokat kemerahan atau kehitaman. Pada praktek menanam pakcoy di polybag kali ini, kami menggunakan benih seperti pada gambar di bawah ini.

2. Menyemai Benih Pakcoy

Menanam pakcoy di polybag sebaiknya benihnya disemai dulu, biar pertumbuhan tanamannya nanti pesat. Cukup taburkan benih pakcoy ke hamparan tanah + kompos (dalam kondisi lembab).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikan sekilas info yang bisa saya sampaikan kali ini tentang “Menanam pakcoy di polybag di halaman rumah”, semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga Melebatkan Cabai Secara Organik Di Pekarangan Rumah (Ibu Hesti, Jombang, 2015)

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




The following two tabs change content below.

taniorganik

Latest posts by taniorganik (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *