Manfaat Bahan-bahan Organik untuk Tanah

4 May, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Manfaat Bahan-bahan Organik untuk Tanah

Inilah beberapa manfaat penambahan bahan organik ke tanah:

  1. Memasok nutrisi pada tanah, sehingga cadangan nutrisi tersedia
  2. Membenahi dan melonggarkan struktur tanah
  3. Penyimpanan air dalam tanah
  4. Membantu meningkatan drainase udara dalam tanah
  5. Meningkatkan aktivitas dan jumlah mikro-organisme tanah
  6. Meningkatkan produktivitas cacing tanah

 

Secara sederhana, kita dapat meningkatkan kandungan organik tanah dengan menutupi permukaan tanah dengan serasah atau sisa-sisa tanaman (pemulsaan), menambahkan bahan-bahan organik buatan seperti pupuk kompos, atau dengan menggali atau membajak tanah.Dan, untuk mempertahankan tanah yang sehat dan kaya humus dalam waktu lama, penambahan bahan organik pada tanah minimal setahun sekali perlu dilakukan.

Bahan-bahan organik akan berubah setelah kita menambahkannya ke tanah karena mikro-organisme tanah akan berperan memecahnya menjadi senyawa-senyawa kecil. Senyawa-senyawa ini kemudian menjadi makanan yang sehat bagi tumbuhan kita. Sebagai aturan umum, usahakakan untuk mempertahankan 5 sampai 6 persen bahan organik di dalam tanah. Jangan berlebihan!  Menambahkan terlalu banyak bahan organik segar, seperti batang tanaman, serbuk gergaji, dan sisa tanaman lain dan pupuk non-kompos, dapat terlalu merangsang mikro-organisme tanah yang kemudian mengonsumsi begitu banyak nitrogen dan nutrisi tanaman lain yang mengakibatkan kesuburan tanah justru menurun.

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>