Konsultasi Pertanian Organik

25 December, 2012 Konsultasi  46 komentar

Konsultasi Pertanian Organik

Seperti kita maklumi, budidaya tanaman terutama tanaman hortikultura sangatlah kompleks permasalahannya. Bukan hanya masalah unsur hara atau pupuk, tenaga kerja, cuaca/iklim, tanah, air dan lingkungan, namun juga faktor hama dan penyakit tanaman yang aduhai sangat beragam jenis dan sifatnya, yang seringkali meluluhlantakkan tanaman budidaya dan menghapus harapan petani dalam “sekejap mata”.

Oleh karena itu, dengan keprihatinan yang mendalam, kami dari Padepokan Tani Organik “Bumi Makmur Walatra” dari kota Tasikmalaya, Jawa Barat, ingin berbagi sedikit ilmu yang kami miliki seputar bertani organik dengan cuma-cuma, tidak ada pungutan liar ataupun tarif bayar per jam… hehehe :). Bagi Anda yang memiliki permasalahan pada tanaman budidaya Anda atau ingin belajar bertani organik, silakan sampaikan pertanyaan Anda kepada kami. Mudah-mudahan kami bisa membantu memberikan arahan atau solusi.

Seksi ini diasuh langsung oleh Bp. Rahmat sendiri selaku pimpinan dari Padepokan Tani Organik “Bumi Makmur Walatra”. Bp. Rahmat adalah praktisi pertanian organik dan hidroponik dan juga sebagai penulis buku-buku agrobisnis.

Sampaikan pertanyaan Anda melalui:

  • WhatsApp: 0896-6673-9495 
  • BBM: 53551D73 
  • Email: orderbmw2@gmail.com
  • Telepon/SMS : 0821-1547-5387 (Telkomsel)

(HANYA PADA HARI & JAM KERJA: 08.00 s/d. 17.00 WIB)

 

**************************************************************

KIRIMKAN FOTO TANAMAN BUDIDAYA ANDA !!

**************************************************************

Sangat dianjurkan sekali Anda mengirimkan beberapa FOTO TANAMAN BUDIDAYA ANDA yang sakit tersebut kepada kami, melalui email kami  orderbmw2@gmail.com. Dengan demikian kami dapat mendiagnosa atau menganalisa masalah tanaman Anda itu secara lebih “presisi”.

Sebaiknya gunakan kamera beresolusi tinggi atau sedang ]

1. FOTO TAMPAK DEKAT, terutama pada daun dan buah yang bermasalah, apakah terserang hama atau penyakit. Contoh:

0000014 - Foto Tampak Dekat Tanaman Yang Terserang Hama [TaniOrganikCom]

Foto Tampak Dekat Tanaman Yang Terserang Hama 1

0000015 - Foto Tampak Dekat Tanaman Yang Terserang Hama 2 [TaniOrganikCom]

Foto Tampak Dekat Tanaman Cabai Yang Terserang Hama 2

2. FOTO KESELURUHAN LAHAN, diambil dari sudut yang mewakili dan nampak jelas, sehingga dapat menggambarkan prosentase tanaman yang sakit dan yang sehat. Contoh:

0000016 - Foto Lahan Budidaya Keseluruhan [TaniOrganikCom]

Foto Lahan Budidaya Tanaman Anda Keseluruhan

3. BEBERAPA FOTO SETELAH TERAPI/PENANGANAN. Bagian ini khusus jika Anda sudah melakukan penanganan alias terapi menggunakan teknik/metode yang telah kami sarankan. Tanaman dipotret dari berbagai sudut, baik TAMPAK DEKAT maupun LAHAN KESELURUHAN, sehingga bisa menggambarkan perubahan setelah terapi dilakukan. Contoh:

0000017 - Foto Tampak Dekat Setelah Terapi [TaniOrganikCom]

Foto Tampak Dekat Setelah Terapi

Foto lainnya:

0000013 - Foto Keseluruhan Setelah Terapi [TaniOrganikCom]

Foto Keseluruhan Setelah Terapi

Pengiriman gambar dianjurkan tidak berhenti sampai di sini, melainkan berkelanjutan (idealnya sebulan sekali) sehingga tanaman Anda dapat terus terpantau meskipun dalam kondisi sudah sembuh atau pertumbuhan oke-oke saja.

Manfaat dari pengiriman foto-foto ini memudahkan kami dalam menganalisa masalah tanaman Anda sehingga kami dapat lebih terarah dalam memberikan saran penanganan, baik itu mengenai penerapan pupuk dan pestisida yang harus diberikan pada tanaman.

Salam organik dan terus melangkah tegap…

TaniOrganik.Com

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

46 komentar untuk Konsultasi Pertanian Organik

  • faridawati Pardede says:

    gmna ya caranya biar cabe yg kita tanam tidak kering?

    • andi kuswandi says:

      Rutin disirami dan jangan lupa diberi POC BMW 3-4 hari sekali.
      Semprotkan NOPATEK + ANTILAT 7-10 hari sekali untuk pencegahan terhadap serangan Hama

  • evi hamzah says:

    Saya baru belajar bertanam hidroponik tapi sepertinya beberapa tanaman saya sudah terkena bermacam penyakit, seperti downy mildew pada melon, patek pada cabai dan embun putih pada tomat produk apa yang seharusnya saya gunakan pak? dan posisi saya di tuban jika saya ingin memesan poc bmw dan antilat masing-masing satu berapa ongkir nya?

  • haris says:

    Bos, ane pingin menanam tomat dan cabai dlm polybag. Tgl dibantu cara mengaplikasikan kocor bmw dan poc bmw. Trims

    • taniorganik says:

      Untuk KOCOR BMW : 5 liter air + 3sdm pupuk KOCOR BMW, aduk sampai merata kemudian siramkan/kocorkan ke pangkal tanaman dengan dosis 1/2 gelas minum (100ml) per pohon. pemupukan pertama dimulai 7 hr setelah tanam, pemupukan selanjutnya dilakukan rutin 10/14 hr sekali.
      Penyemprotan pupuk buah & perangsang : dosis aplikasi : ari 5 lt + POC BMW 1 tutup, interval penyemprotan 10-14 hr sekali (tergantung suburnya tanaman).

  • Sofandi Arifin says:

    AssWW… Saya baru belajar bertani dan berkebun. Laman bapak sangat bermanfat sekali, terutama kami yang masih awam dengan dunia pertanian/perkebunan. Saat ini saya hanya download/copy artikel yang ada. Mohon kirim info manfaat dari produk bapak ke email tersebut diatas krn saya akan pesan Pupuk organiknya. Terimakasih atas semua bantuannya. Wassalam…

  • muslimin latif says:

    assalamu alaikum wr wb…..
    di daerah saya tepatnya di dusun kanari kabupaten pinrang
    hasil pertanianya tidak bisa mencapai 80% cuma bisa dpat 50%-60%…padahal dari cara pemupukankanya sudah di lakukan berdasarkan anjuran dari bpak penyuluh..mohon solusinya,,,,,

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>