• rafraf
  • Kesaksian
  • Komentar Dinonaktifkan pada Kiat Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot

Kiat Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot – Halo sahabat Tani Organik semua, terimakasih atas kunjugannya ke¬†web kami, semoga artikel-artikelnya bermanfaat ūüôā . Artikel baru kali ini, kami akan menceritakan tentang kiat menanam bunga amarilis dalam pot. Bunga amarilis sering juga disebut bunga bakung yang memiliki keindahan bunga yang menakjubkan. Tumbuhan ini memiliki umbi yang dapat kita tanam. Tanaman bunga amarilis sangat mudah untuk ditanam diberbagai tempat dan dapat hidup di iklim tropis. Bunga amarilis dapat berbunga setahun sekali pada awal musim penghujan. Selain bisa dinikmati keindahannya, siapa sangka bunga amarilis menyimpat khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita seperti obat untuk keseleo, sakit pinggang, sakit gigi, melancarkan buang air kecil, penyakit borok. Nah, sudah selayaknya menanam bunga amarilis ini menjadi opsi tanaman bunga dihalaman rumah sahabat. Penanamannya bisa dilahan pekarangan atau lebih praktis dalam pot. Untuk teknik menanam bunga amarilis dalam pot akan kita bahas dibawah ini.

Kiat Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot
                                  Kiat Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot

1. Menyiapkan Wadah/Pot Untuk Menanam Bunga Amarilis

Tahap pertama untuk menanam bunga amarilis yakni siapkan wadah atau pot sebagai media tempat menanam bunga amarilis. Ukuran pot untuk menanam bunga amarilis sebaiknya tidak begitu besar. Tanaman bunga amarilis suka dengan pot yang sempit. Sesuaikan ukuran pot sekitar 2,5 cm lebih besar dari umbi bunga amarilis.

2. Menyiapkan Media Tanam Tempat Menanam Bunga Amarilis

Untuk tahapan menanam bunga amarilis berikutnya siapkan juga media tanamnya yaitu tanah yang dicampur dengan pupuk kandang yang sudah matang atau kompos. Kompos atau pupuk kandang dapat meningkatkan nutrisi pada media tanam. Media yang kaya akan nutrisi akan mempercepat pertumbuhan awal tanaman.

3. Mengistirahatkan Media Tanam

Syarat penting dalam tahapan menanam bunga amarilis ini yaitu, media yang sudah disediakan harus diistirahatkan terlebih dahulu kira-kira 5-6 harian. Ini bertujuan untuk membunuh bibit-bibit hama dan penyakit pada media tanam.

4. Penyiapan Bibit Bunga Amarilis

Bibit bunga amarilis biasanya ditumbuhkan dari umbinya, penanamannya bisa langsung di pot. Atau jika ingin memilih bibit yang sudah tumbuh bisa didapat di toko bibit atau kios bunga terdekat. Untuk kiat menanam bunga amarilis faktor bibit sangat menunjang untuk pertumbuhannya kedepan. Jika ingin membeli pastikan bibit sehat dan tidak terserang hama apalagi penyakit.

5. Mulai Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot

Tahap selanjutnya adalah langkah menanam bunga amarilis. Untuk menanam bibit bunga amarilis dari umbi ataupun umbi yang suda tumbuh, tahap pertamanya media campuran dimasukan terlebih dahulu pada pot sampai rata, kemudian buat lubang secukupnya umbi pada tengah pot dan letakkan dengan posisi tegak lurus. Padatkan sedikit media agar bibit tidak mudah roboh.

6. Melakukan Penyiraman

Jika proses menanam bunga amarilis sudah selesai, kemudian berikan penyiraman pertama. Penyiraman dilakukan ke seluruh tanaman dan media tanamnya hingga meresap dan cukup basah. Gunakan alat embrat kecil atau semprotan untuk hasil penyiraman yang maksimal.

7. Pemupukan Susulan 

Tidak selesai disitu, tanaman bunga khususnya bunga amarilis perlu dirawat salah satunya memberikan pemupukan secara rutin. Dengan pemupukan rutin tanaman bunga pun akan tumbuh dengan subur. Pemupukan yang bisa sahabat berikan yaitu dengan POC BMW + KOCOR BMW dengan dosis, 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW + air 1 liter, dikocorkan pada media tanaman 1 gelas pot. Lakukan pemupukan ini secara rutin 1 bulan sekali.

8. Mempercepat Munculnya Bunga

Sering kita melihat tanaman bunga yang tumbuh namun tidak kunjung berbunga. Hal ini nutrisi untuk pembungaan kurang. Maka perlu kita mengaplikasikan hormon perangsang bunga yang dapat membantu tanaman memproduksi bunga lebih cepat. Hormon perangsang bunga yang dapat sahabat berikan adalah POC BMW dengan cara disemprot pada tanaman bunga amarilis, dosisnya 2 tutup POC BMW + air 10 liter. Lakukan pemberian hormon perangsang bunga ini dengan interval 2 minggu sekali.

9. Perawatan Lain Dalam Menanam Bunga Amarilis

Selain pemberian pupuk susulan, perawatan dari luar pun perlu dilakukan agar pertumbuhannya bisa terkontrol dan terjaga dari serangan hama dan penyakit. Adapun perawatan yang harus dilakukan antara lain rajin menyiram 1-2 minggu sekali asalkan medianya jangan sampai kering dan buang sampah daun tua yang gugur pada media pot secara berkala.

Bila ada gangguan hama yang menyerang, atasi dengan rajin menyemprotkan insektisida hayati ANTILAT 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Kemudian untuk menterapi tanaman bunga yang terkena penyakit bisa dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Sekian ulasan diatas mengenai Kiat Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot, sahabat pun kini bisa langsung memulai menanam bunga amarilisnya, dengan panduan budidaya yang sudah kami berikan. Selamat menanam..

Jangan lupa, lihat artikel budidaya lainnya :