Kiat Memulihkan Keriting Daun Pada Tanaman Cabe

Print Friendly

Kiat Memulihkan Keriting Daun Pada Tanaman Cabe – Assalamu’alaikum sahabat Tani Organik, selamat berjumpa kembali dengan artikel-artikel kami. Mohon maaf beberapa hari kemarin kami sempat vakum mengupdate artikel-artikel web dikarenakan sibuk pindahan kantor ke kantor baru kami di Permata Cikurubuk, Tasikmalaya. Alhamdulillah suasananya lebih nyaman dan lebih luas. Semoga menjadi penyemangat bagi kami untuk terus menegakkan dan memsyarakatkan pertanian organik di tanah air. SEMANGAT!!

Artikel kali ini kami beri judul “Kiat Memulihkan Keriting Daun Pada Tanaman Cabe”. Sesuai dengan tema yang diangkat, di sini kita akan membahas tips atau kiat-kiat mengatasi serangan keriting daun pada tanaman cabai dan bagaimana cara memulihkannya sehingga tanaman cabai kita kembali tumbuh normal dan tentu saja berproduksi kembali.

Serangan keriting daun memang merupakan salah satu kendala utama pada budidaya cabai, baik itu cabai merah, cabai keriting, maupun cabai rawit. Tanaman cabai yang terserang keriting daun jelas produksi buahnya akan terhambat, karena bunga-bunga pada rontok dan kalaupun berbuah kualitas buahnya sangat buruk; bentuk buah cacat, kerdil, keras/getas, buah tidak lurus (membusur), keriput. Mungkin sejalan dengan bentuk daunnya yang keriput tidak sempurna.

Kita ambil contoh kasus pada tanaman cabai merah pak Ujang di Tasikmalaya, Jabar. Lokasi tanaman di pegunungan yang berbatasan dengan kab. Garut, ketinggian lahan sekitar 800 dpl, memang cukup dingin. Dari poluasi sekitar 20 ribu pohon, hampir separuh populasi cabai terserang keriting daun kategori parah. Kita saksikan penampakannya pada gambar di bawah ini.

Kiat Memulihkan Keriting Daun Pada Tanaman Cabe
Serangan keriting daun membuat tanaman tumbuh kerdil dan tidak produktif berbuah

Memulihkan keriting daun pada tanaman cabe memerlukan waktu dan kesabaran, penanganannya harus ulet, kontinyu, tidak bisa sekali proses, terlebih bila level serangan sudah kategori tinggi seperti di atas. Serangan keriting daun pada cabe pak Ujang telah membuat tanaman cabe tumbuh kerdil dan sulit berbuah. Jangankan buah, bunga-bunga pun nyaris tak nampak. Ada bunga yang nampak namun tak lama kemudian rontok. Padahal usia tanaman menginjak hampir 2 bulan yang seharusnya lagi pesat-pesatnya berbunga dan berbuah. Dengan kondisi yang memprihatinkan ini, pak Ujang hampir frustasi dan hampir menelantarkan kebun cabainya yang luasnya sekitar 2 Ha itu.

Ada 3 tips yang kami sarankan kepada pak Ujang untuk mengendalikan dan sekaligus memulihkan keriting daun pada tanaman cabenya, yakni:

  1. Hancurkan dulu hama penyebab keriting daun
  2. Segera beri asupan pupuk daun pada tanaman cabe
  3. Jaga kelembaban tanah, jangan sampai lahan kekeringan

Itulah jurus sederhana yang bisa sahabat coba. Masing-masing kiat/tips tersebut bekerja saling mendukung dalam rangka memulihkan keriting daun pada tanaman cabe. Mengapa demikian? Mari kita kupas… 

MENGHANCURKAN HAMA PENYEBAB DAUN KERITING

Jurus pertama kita adalah menghancurkan atau “membasmi” hama penyebab daun keriting itu sendiri. Siapa mereka? Banyak, namun secara umum adalah dari jenis kutu-kutuan seperti kutu daun/aphid, trips, tungau. Ketiga jenis kutu ini adalah biang keladi utama penyebab daun cabe menjadi keriput, mengelinting atau keriting. Masing-masing tipe hama menunjukkan gejala yang berbeda-beda pada daun cabe. Mereka menyerang dengan menghisap cairan sari makanan pada daun dan tangkai muda pohon cabai, sehingga terjadilah daun mengeriput.

Menumpas hama penyebab daun keriting ini adalah menggunakan insektisida. Ada banyak produk insektisida di pasaran, namun demi kemanan dan kesehatan kami sarankan sahabat mengambil insektisida versi alami/organik. Pada kasus pengendalian hama keriting tanaman cabe di sini, pak Ujang menggunakan ANTILAT. Dosis yang dipakai memang 2x lipat dari anjuran kami, namun hasilnya alhamdulillah menggembirakan. Antilat insya alloh aman (bagi manusia dan tanaman) meski dosisnya ganda karena memang alami.

Kita lihat pada gambar berikutnya di bawah ini, tanaman cabai pak Ujang kini mulai menunjukkan pemulihan. Daun-daun yang keriting dan getas tidak lagi nampak, tergantikan dengan daun-daun yang hijau segar dan normal. Dengan pengaplikasian Antilat, hama-hama penyebab keriting daun seperti kutu aphid, thrips dan tungau dengan sendirinya menyingkir. Kalaupun ada, mereka tidak lagi bernafsu untuk menghisap nutrisi tanaman karena sistem pencernaannya terganggu.

Kiat Memulihkan Keriting Daun Pada Tanaman Cabe
Tanaman cabe sudah menunjukkan pemulihan dari serangan kutu penyebab keriting daun.

BERIKAN ASUPAN PUPUK DAUN

Pupuk daun jangan dianggap sepele dalam usaha memulihkan keriting daun pada tanaman cabe. Saat diaplikasikan dengan cara spraying (penyemprotan), pupuk daun dapat secara instan mensuplai zat gizi ke jaringan tanaman melalui pori-pori atau mulut daun. Dengan demikian, nutrisi yang hilang dicuri oleh si kutu dapat tergantikan dengan cepat. Proses suplai makanan melalui daun memang jauh lebih cepat reaksinya ketimbang melalui akar tanaman. Jadi, gejala keriput atau gejala mengelinting pada daun dapat lebih bisa ditekan meskipun pencurian nutrisi oleh hama kutu terus berlangsung dengan ganasnya.

Satu manfaat lain yang sangat penting dari pemberian pupuk daun pada tanaman cabe yang terserang keriting daun adalah sifatnya yang bisa memicu pertumbuhan tunas dan daun baru. Jelas ini sangat membantu dalam rangka memulihkan keriting daun pada tanaman cabe, karena dengan sendirinya daun-daun tua dan rusak atau daun keriting bisa tergantikan sehingga menjaga pertumbuhan tanaman tetap eksis.

Kiat Memulihkan Keriting Daun Pada Tanaman Cabe
Suplai nutrisi melalui pupuk daun membantu sekali dalam memulihkan keriting daun pada tanaman cabe.

Dengan pengaplikasian pupuk daun yang terus menerus, lihatlah bagaimana tanaman cabai pak Ujang menjadi tumbuh lebih segar, lebih pesat pertumbuhannya, sehingga memberikan harapan baru untuk terus berkembang dan berproduksi kembali. Daun-daun tidak nampak keriting lagi, malah sebaliknya menjadi lebar dan tebal, lentur pula.

Pak Ujang, cukup menggunakan pupuk organik cair POC BMW sebagai pupuk daun dalam merangsang tunas-tunas dan daun barunya, dan juga memacu pesatnya bunga dan buah. Pengaplikasiannya adalah dengan cara disemprotkan yang digabungkan bersama dengan ANTILAT.

Kiat Memulihkan Keriting Daun Pada Tanaman Cabe
Memulihkan keriting daun pada tanaman cabe, cukup dengan menggabungkan pengaplikasian ANTILAT dan POC BMW. Kutu daun lenyap dan tanaman pun berbuah kembali.

MENJAGA LAHAN JANGAN SAMPAI KEKERINGAN

Kiat yang terakhir dalam rangka memulihkan keriting daun pada tanaman cabe adalah dengan menjaga kelembaban lahan. Dalam hal ini, kita usahakan lahan jangan sampai mengalami kekeringan parah, melainkan dalam kelembaban yang cukup, dan tetap tidak berlebihan. Tanaman cabai yang kekeringan maka secara tidak langsung daya tahannya terhadap serangan hama menjadi lemah, dikarenakan transportasi makanan dari akar sebagai sumber energi tanaman menjadi terhambat. Manakala nutrisi penting ini dihisap oleh hama maka akan semakin membuat tanaman menderita, karena suplai nutrisi dari akar terlalu sedikit dan lambat untuk menggantikan nutrisi yang hilang tadi. Oleh karena itu, untuk membantu stamina tanaman tetap prima saat terjadi serangan hama, pastikan media tanamnya selalu terjaga kelembapannya.

Itulah sahabat tiga kiat sederhana dari kami dalam memulihkan keriting daun pada tanaman cabe. Semoga membantu dan bisa dipraktekkan oleh sahabat petani di tanah air. Hal yang jangan dilupakan adalah berdoa, berusaha, bersabar dan tetap optimis! :)

 

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

taniorganik

Latest posts by taniorganik (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH