Ini Dia Tips Agar Tanaman Cabai Berbuah Lebat

Print Friendly

Ini Dia Tips Agar Tanaman Cabai Berbuah Lebat – Saya sering bilang ke kawan-kawan kalau budidaya cabai itu ada daya tariknya tersendiri, beda dengan membudidaya tanaman lain. Seperti ada “magnetnya” :) Buktinya, banyak petani yang saya perhatikan, mereka lagi dan lagi menanam cabai dalam waktu lama, belasan atau bahkan puluhan tahun tanpa kenal bosan dan capek, padahal saya perhatikan juga mereka jauh lebih sering ruginya ketimbang untungya.. tapi kenapa nanam lagi nanam lagi?? Bahkan ketika saya anjurkan untuk menanam tanaman jenis lain biar tak rugi terus, beberapa petani malah tertawa dan sepertinya nggak minat banget… hehehe

Saya akui, memang ada kepuasan tersendiri dengan menanam cabai. Saat tanaman cabai mulai berbuah ranum, tumbuh subur dan buahnya lebat, saya sering betah dibuatnya. Saya sering berlama-lama di kebun, merawat dan memandangi tanaman cabai saya. Saat sinar matahari pagi menyoroti buah-buah cabai, buah-buah cabai itu menggerilap bergelantungan… berkilauan bagaikan berlian. Benar-benar membuat betah. Dari pagi sampai sore berkutat di kebun, serasa hanya satu jam saja. Pada situasi demikian, biasanya saya sudah tidak memikirkan berapa harga jual cabe atau berapa hasil panen nanti, yang penting tanaman subur, sehat dan berbuah lebat… :)

Berikut ini kami tampilkan foto kiriman dari mitra organik kami di Banyuwangi, bapak Agus. Penerapan POC BMW dengan cara penyemprotan membuat tanaman cabainya berbuah sangat lebat.

cabe lebat banyuwangi 01 - taniorganikcom
Gambar 1. Dengan Rangsangan POC BMW, tanaman cabai merah ini berbuah sangat lebat 

Bagaimana sih, agar tanaman cabai bisa berbuah lebat? apa rahasianya?

Rahasianya, hanya ada pada Tuhan semata, hehe. Namun, ada beberapa tips yang bisa kita usahakan untuk mendorong tanaman cabai berbuah lebih rajin dan lebih lebat. Silakan catat dan terapkan sendiri di lahan Sahabat organik semua di tanah air. Ini adalah hasil pengalaman dan praktek saya sendiri di lapangan, dan memang secara teori cukup singkron dengan apa yang ditemukan oleh pakar-pakar di laboratorium modern.

TIPS 1 – TURUNKAN NITROGEN (N). Saat tanaman mulai belajar berbunga, maka pemberian pupuk yang mengandung NITROGEN harus mulai dikurangi, namun itu pun harus secara bertahap, jangan ujug-ujug. Nitrogen hanya membuat tanaman kita rajin berdaun saja, malas berbuah. Pada tanaman cabai, biasanya saya mulai menurunkan kadar Nitrogen pada usia tanaman 5 atau 6 minggu setelah tanam, karena pada usia ini tanaman sudah mulai berbunga.

Gambar 2. Bapak Agus tengah berpose dengan tanaman cabainya yang berbuah lebat
Gambar 2. Bapak Agus tengah berpose dengan tanaman cabainya yang berbuah lebat

TIPS 2 – TINGKATKAN FOSFOR (P). Jika Nitrogen perlu dikurangi, pada fase pembentukan bunga dan buah ini kita perlu menggenjot asupan fosfor (P). Fosfor penting untuk pembentukan buah cabai, karena ia berperan membawa air ke sel-sel sehingga buah dapat berkembang. Fosfor juga penting untuk fotosintesis, respirasi dan sintesa protein. Kekurangan fosfor sering terjadi karena pola pemupukan yang kita lakukan tidak benar, baik pada saat olah lahan (pupuk dasar) dan terutama sekali pada saat pemupukan susulan (pengocoran) rutin. Tanaman cabai yang kekurangan fosfor biasanya memiliki daun yang kecil-kecil, seperti mengkerut, kaku, dan berwarna hijau gelap tak sedap. Daun yang lebih tua biasanya yang terpengaruh pertama kali. Sedangkan pada tomat, jagung dan tanaman palawija lain, daun biasanya menjadi keunguan.


Gambar 3. POC BMW membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi cabai

Penerapan POC BMW pada lahan cabai Bapak Agus memang tidak dari awal tanam, tetapi 40 hari setelah tanam. Meskipun penampakan tanaman tidak terlalu tinggi dibanding kebanyakan mitra-mitra kami yang lain, namun produksi buahnya tinggi. Menurut penuturan Bapak Agus sendiri, buah cabai nampak lebat, pajang dan berisi. POC BMW, kaya akan hormon/ZPT yang dirancang untuk mendorong produksi bunga dan buah, dan juga beragam mikroba penyubur tanah yang menambah optimalnya penyerapan makanan/unsur hara oleh tanaman.


Gambar 4. Pupuk Organik Cair BMW, kaya akan hormon dan mikroorganisme penyurbur yang mendorong optimalnya produksi bunga dan buah cabai

TIPS 3 – TINGKATKAN POTASSIUM/KALIUM (K). Selain Fosfor, unsur lainnya yang dominan dalam pembentukan buah cabai adalah Potassium, atau dikenal juga Kalium (K). Tanaman cabai cukup rakus melahap Kalium terutama pada saat buah cabai sedang membesar.

Gejala defisiensi atau kekurangan hara K dimulai pada daun yang lebih tua dan melaju ke daun muda. Daun seperti terbakar di bagian tepinya disertai mengelinting. Kurangnya kalium dapat menyebabkan kematangan yang tidak merata pada buah cabai.  Pertumbuhan tanaman juga terhambat dan produksi buah kurang.

TIPS 4 – BERI RANGSANGAN HORMON/ZPT

Ada ratusan hormon atau zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk tumbuhan, baik yang dihasilkan alami oleh tumbuhan sendiri maupun yang dihasilkan oleh organisme non-tumbuhan, atau yang dibuat secara sintetis oleh manusia. Beberapa dari hormon ini ada yang berperan mendorong produksi bunga dan buah, misalnya saja giberelin.

TIPS 6 – BERI MIKROBA PENYUBUR.

Di alam, terdapat berbagai jenis mikroorganisme penyubur tanah, seperti Azotobacter sp., Rhizobium, Penicillium, Bacillus, dll. Mahluk-mahluk super kecil ini menyuburkan tanah dengan cara mengaktifkan potensi-potensi mineral tanah yang tersembunyi dan tidak berfungsi. Mereka bekerja dengan caranya sendiri dan hebatnya bisa mengembalikan kondisi tanah dalam waktu yang relatif singkat.

 

***

FA TABAAROKALLOHU AHSANUL KHOLIQIIN

 

 

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

The following two tabs change content below.

taniorganik

Latest posts by taniorganik (see all)

4 Responses to Ini Dia Tips Agar Tanaman Cabai Berbuah Lebat

  1. joko wiranto 30 November, 2015 at 14:39

    bahan bahannya susah

    Reply
  2. Agung Prasetyo 9 June, 2015 at 15:12

    Di mana Stokist POC BMW Banyuwangi ?

    Reply
  3. tio 29 October, 2014 at 05:36

    jumlah tds pada pupuk organik cair yang digunakan pada tanaman cabe rawit itu berapaa?

    Reply
  4. Rachmad Samad 23 May, 2014 at 13:12

    Sudah Terbukti…
    Hasil Panen cabe Rawit saya alhamdulillah…sangat memuaskan…
    prkembangan cabex Mirip Lari Estafet….
    panenx 3x seminggu..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH