Hama Keriting Daun Teratasi dengan ANTILAT (Bpk Imran Nasution, Labuhanbatu, 2016)

24 March, 2016 KesaksianHama & PenyakitTerapi Organik  Komentar

Hama Keriting Daun Teratasi dengan ANTILAT (Bpk Imran Nasution, Labuhanbatu, 2016)

Hama Keriting Daun Teratasi dengan ANTILAT (Bpk Imran Nasution, Labuhanbatu, 2016) – Halo sahabat Tani Organik setanah air, Terimakasih atas kunjungan sahabat pada artikel kami, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam upaya meningkatkan produksifitas panen pertanian kita. Musim hujan saat ini membuat petani kita resah khususnya dikomoditas pertanian cabai yang memang sangat diperlukan perawatan super intensif, pasalnya hama dan penyakit siap menyerang tanaman cabai. Seperti pertanian cabai mitra kami saat ini, Bapak Imran Nasution dari Labuhanbatu, Sumatera Utara yang tanaman cabainya terkena hama keriting daun membuat beliau pun kebingungan. Semakin hari hama semakin menyebar ke tanaman cabai keriting lainnya, dan tidak pikir panjang Pak Imran pun menterapinya dengan ANTILAT. Perkembangannya kini menunjukkan hal yang positif, hama keriting mulai berkurang dan Alhamdulillah yang terkena mulai sembuh 🙂 . Dari kesaksian beliau kepada kami, beliau juga menerangkan cara terapi ANTILAT pada hama keriting daun tanaman cabainya.

Pak Imran mengaplikasikan Produk BMW khususnya ANTILAT untuk menanggulangi keriting daun hanya dengan cara dan dosis sesuai anjuran dilabel. Cara pengaplikasian ANTILAT yaitu dengan disemprotkan ke semua tanaman cabai keriting dengan interval 3-4 hari sekali. Dosisnya 3 tutup ANTILAT + 14 ltr air. Beberapa kali terapi ANTILAT, keriting daun pada tanaman cabai sedikit demi sedikit bisa teratasi.

Selain pengaplikasian ANTILAT untuk penanggulangan hama keriting daun, Pak Imran juga mengaplikasikan produk BMW yang lainnya yaitu POC BMW sebagai pupuk buah, NOPATEK sebagai pencegahan penyakit dan KOCOR BMW sebagai nutrisi dari bawah/akar, dosis sesuai anjuran. Hama keriting daun yang mulai sembuh, pertumbuhan tanaman pun subur seperti tampak pada gambar. Efek positif dari pengaplikasian produk BMW pada cabai Pak Imran :

  • Buah lebih lebat
  • Buah tampak mulus
  • Hama yang menyerang terkendali
  • Tanaman cabai lebih subur dan lebih tinggi dibanding semula

Tanaman cabai pak Imran juga menjadi lebih lebat buahnya setelah aplikasi pupuk BMW

Beberapa penyebab keriting daun pada tananam cabai meliputi :

A. Hama Thrips

Kriting daun cabai bisa disebabkan dari Hama Thrips. Secara umum gejala keriting daun yang menimpa tanaman cabai kita diakibatkan dari hama thrips. Hama thrips menyerang tanaman cabai dengan cara menghisap cairan tanaman pada daun muda dan bunga, sehingga daun menjadi kuning dan akhirnya mengering. Gejalanya serangan thrips bisa dilihat pada daun cabai menggulung ke atas. Rata-rata dari serangan thrips diikuti dengan gejala rontoknya pembungaan tanaman cabai. Permukaan daun bagian atas biasanya terdapat lapisan mengkilap seperti perak. Hama ini bisa dilihat dengan mata telanjang berbentuk kecil memanjang seperti semut hitam dengan warna ada yang hitam dan hijau. Hama ini bergerak cepat dan mudah meloncat.

B. Hama Tungau

Selain hama thrips, kriting daun juga bisa disebabkan dari hama tungau. Sama halnya dengan hama thrips, tungau juga menghisap cairan daun namun daun yang diserang biasanya pada daun ketiga sampai kebawah. Gejalanya dapat terlihat daun cabai yang terserang akan melengkung kebawah dengan rapih. Apabila daun dibuka hama bisa terlihat dengan bentuknya lembut seperti tepung dan bergerak perlahan, warna tungau biasanya hijau muda.

C. Virus

Serangan virus juga dapat menyebabkan kriting daun pada cabai. Virus yang menyerang tanaman cabai, biasanya disebarkan dari hama kutu kebul. Virus yang menyerang tanaman cabai bisa memiliki gejala yang bermacam-macam sesuai jenis virusnya itu sendiri, salah satunya yang mengakibatkan daun cabai menjadi keriting. Keriting daun yang diakibatkan oleh virus bisa dibedakan dengan keriting daun yang disebabkan dari hama thrips atau tungau. Keriting daun yang diakibatkan dari virus tampak sebagian besar daun cabai menggulung, berbeda dengan keriting daun yang disebabkan oleh hama, daun cabai menggulung hanya bagian ujungnya saja. Kadang-kadang juga diikuti oleh kerdilnya tanaman dan daun berubah warnanya.

Tips Perawatan Tanaman Cabai :

  • Saluran drainase yang terus terkontrol, jangan sampai kelebihan air menggenangi area penanaman cabai.
  • Cabut Tanaman cabai yang terlihat terserang oleh hama dan penyakit.
  • Mengatur jarak penanaman, jangan terlalu rapat yang nantinya tanaman kurang tersinari matahari secara menyeluruh.
  • Rajin membersihkan gulma atau rumput-rumput yang tumbuh disekitaran penanaman cabai.
  • Jika hama dan penyakit sudah menjalar, segera aplikasikan ANTILAT + NOPATEK.

Terlihat Pak Imran begitu asyiknya memanen cabai keritingnya. Produk BMW membuktikan hasil mantap tanaman cabai yang terkena keriting daun, sekarang mulai sembuh dan tanaman tetap subur dan berbuah lebat 🙂 . Selamat ya Pak 🙂

Kesaksian pak Imran tentang produk BMW lewat chat messenger.

Itulah kesaksian dari mitra kami Pak Imran Nasution dari Labuhanbatu, Sumatera Utara tentang keriting daun tanaman cabainya bisa teratasi hanya dengan diterapi ANTILAT saja. Menurut saya ulasan diatas bisa menjadi referensi bagi masalah semua petani cabai lainnya. Semoga produktifitas pertanian kita terus meningkat dengan hasil panen yang melimpah dan berkualitas baik. Salam Tani Organik..

Jangan lupa, lihat juga referensi lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>