Cara Sederhana Mengatasi Penyakit Borok, Jamur Upas, dan Kanker Bercak pada Pohon Durian – Tasikmalaya 2014

23 September, 2014 Hama & Penyakit  Komentar

Cara Sederhana Mengatasi Penyakit Borok, Jamur Upas, dan Kanker Bercak pada Pohon Durian – Tasikmalaya 2014

Kali ini, kita akan berpetualang ke perkebuanan durian Bpk H. Aen di Tasikmalaya. Lokasi perkebunannya di perbukitan terjal nun jauh di pinggiran Tasik. Misi utama kami adalah: menanggulangi penyakit borok, jamur upas dan kanker bercak pada pohon durian.

Bpk H. Aen ini merupakan salah satu pekebun besar yang memasok hasil perkebunannya ke pasar modern/supermarket. Petualangan tim Padepokan Tani Organik kali ini dikomandani oleh Kang Yudi..

Gambar 1. Rehat sejenak. Diperlukan nyali untuk menjangkau lokasi perkebunan. Jalanan berliku dan medan yang berat 🙂

Gambar 2. Potret perkebunan durian Bpk. H. Aen, seluas 3 Ha

Gambar 3. Kang Yudi (kiri) dari Padepokan Tani Organik Bumi Makmur Walatra tengah bercengkrama dengan pemilik kebun.

Pemilik kebun menyampaikan keluhannya, bahwa produksi duriannya terus merosot karena serangan jamur dan kanker batang yang mewabah, menyebabkan pohon durian borok-borok, mengeluarkan lendir, penampakan tanaman tidak sehat. Alhasil, pertumbuhan tanaman terhambat dan bunga-bunga pun gagal menjadi buah karena berguguran.

Gambar 4. Pekerja lapangan tengah menunjukkan dampak serangan penyakit pada tim kami.

Gambar 6. Borok yang ditimbulkan. Bagian-bagian dari pohon berlubang, hitam, dan selalu mengeluarkan lendir/gel berwarna hitam kemerahan.

Gambar 7. Borok ini sangat mengganggu pertumbuhan tanaman. Nutrisi/makanan yang diserap akar menjadi hilang. Tanaman pun sakit.

Sekarang, saatnya untuk beraksi. Senjatanya adalah NOPATEK, tapi kami gabung pengaplikasiannya dengan ANTILAT dan POC BMW. Tujuannya agar dalam satu kali aksi, kita bisa mengatasi serangan jamur, kanker, dan ulat yang juga menyerang pohon duren ini. Di samping itu, kita juga menggabungkan POC BMW untuk merangsang pembungaan.

Gambar 8. Om Yudi tengah memberikan petunjuk bagaimana mengaplikasikan ANTILAT, NOPATEK dan POC BMW. Cukup masing-masing 3 tutup untuk 1 tangki air (15 liter). Tidak ada pestisida kimia yang kami tambahkan sedikit pun. Pure organic… 🙂

Gambar 9. Ketiga produk diaplikasikan bersama-sama guna memperoleh hasil yang maksimal.

Adapun peran dari POC BMW adalah untuk memberikan nutrisi langsung pada tanaman sehingga luka borok cepat “sembuh” dengan tergantinya sel-sel yang rusak, sekaligus juga merangsang munculnya bunga-bunga/bakal buah durian.

Gambar 10. Operasi “Jalak Harupat” dimulai 🙂

Gambar 11. Bukan sedang debus..

PERHATIKAN BAGIAN BATANG YANG SAKIT INI…

Gambar 12. Kondisi awal sebelum terapi: pohon mengeluarkan lendir yang banyak.

 SATU MINGGU KEMUDIAN…

Gambar 13. Kondisi setelah terapi (1 minggu kemudian): Bagian pohon yang borok dan mengeluarkan lendir berangsur pulih. Lendir tidak lagi keluar. Proses pengeringan berjalan… 🙂

Gambar 14. Hasilnya sangat menggembirakan… sebuah harapan untuk majunya perkebunan durian INDONESIA 🙂

Gambar 15. Penampakan lebih dekat.

Gambar 16. Di pohon lainnya, cairan lendir menjadi menggumpal dan menunjukkan berhenti 🙂

Gambar 17. Yang ini juga, pemulihan berjalan…

Gambar 18. Yang borok ini pun, seminggu kemudian akhirnya kering juga… (lihat gambar selanjutnya di bawah)

Gambar 19. Borok yang basah berlendir benar-benar jadi kering. Operasi “Jalak Harupat”, sukses !! 🙂

Mengatasi penyakit borok, jamur upas dan kanker bercak pada tanaman durian ternyata cukup simpel. Bahkan untuk penyakit serupa pada tanaman buah lain pun, seperti pada nangka, pepaya, rambutan, sawo, jeruk dll. insya alloh dapat diatasi menggunakan cara yang sama. Tanaman kayu yang terserang borok-borok seperti pada albasia atau lainnya juga bisa diterapi. Pemirsa bisa mencobanya, silakan mengontak kami. Wassalamu’alaikum…
*****

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>