Cara Mudah Mengatasi Virus CVPD Pada Tanaman Jeruk (Bpk Komandan Lanud Halim PK, Jakarta, 2016)

23 February, 2016 Kesaksian  4 komentar

Cara Mudah Mengatasi Virus CVPD Pada Tanaman Jeruk (Bpk Komandan Lanud Halim PK, Jakarta, 2016) – Halo sahabat Tani Organik dimanapun berada, Tetap semangat dan jangan lengah untuk merawat perkebunannya, karena ancaman serangan pengganggu tanaman bisa datang kapan saja. Seperti yang akan saya ulas dalam artikel kali ini mengenai virus CVPD (citrus vein phloem degeneration) pada tanaman jeruk yang berakibat perkebunan jeruk mati secara besar-besaran.

Pengertian

Virus CVPD merupakan penyakit yang diakibatkan virus yang kerap menyulitkan petani jeruk, pasalnya dari serangan virus CVPD ini mudah menular ke tanaman yang lain dan jika terkena perlahan-lahan tanaman akan mati. Penyakit CVPD ini disebabkan oleh perkembang biakan bakteri Candidatus Liberibacter asiaticus dalam pembuluh floem pada kulit batang tanaman jeruk. Pembuluh floem berfungsi untuk mengangkut bahan makanan yang diproduksi tanaman pada daun ke seluruh bagian tanaman. CVPD ini akan merusak pembuluh floem yang berakibat bahan makanan tertumpuk pada daun sehingga bagian lain mengalami kekurangan makanan, dan pelan-pelan tanaman jeruk akan mati. Penularan dari virus CVPD ini memang sangat rentan, dari serangan kutu loncat dapat membawa virus ke tanaman yang lain sehingga virus bisa hinggap ditanaman yang sehat kemudian tertular.

Cara Mudah Mengatasi Virus CVPD Pada Tanaman Jeruk (Bpk Komandan Lanud Halim PK, Jakarta, 2016)

Daun terlihat kuning akibat terserang virus CVPD

Gejala-Gejala dari Penyakit CVPD

A. Gejala Luar

Terlihat nampak kuncup yang berkembang lambat pada tanaman muda, pertumbuhan mencuat ke atas dengan daun-daun kecil dan belang-belang kuning. Tanaman bisa menghasilkan buah namun kualitasnya rendah.

Gejala yang sering tampak pada tanaman jeruk dewasa yaitu nampaknya cabang yang daun-daunnya kuning dan kontras sebagian dari cabang lain yang daun-daunnya masih sehat. Sering disebut dengan gejala greening sektoral. Daun pada cabang-cabang yang terinfeksi menjorok ke atas seperti sikat. Gejala lain adalah daun berukuran lebih sempit, lancip dengan warna kuning di antara tulang daun. Gejala-gejala ini mirip dengan gejala defisien Zn. Apabila gejala tersebut disebabkan oleh defisiensi Zn dalam tanah, seluruh tanaman didalam kebun yang sama biasanya akan menunjukkan gejala. Penyebaran gejala yang tidak merata merupakan indikator yang sangat penting bagi adanya penyakit CVPD. Selama musim hujan, gejala defisiensi Zn biasanya tidak begitu tampak.

Buah jeruk yang dihasilkan dari cabang-cabang terinfeksi biasanya tidak dapat berkembang normal dan ukurannya kecil, terutama pada bagian yang tidak terkena cahaya matahari. Pada pangkal buah biasanya muncul warna orange yang berlawanan dengan buah-buah sehat. Buah-buah yang terserang rasanya masam dan bijinya kempes, berwarna hitam dan tidak berkembang.

B. Gejala Dalam

Pada gejala dalam jaringan floem yang bergejala luas khas tampak lebih tebal, karena adanya pengempisan pembuluh tapis dalam floem tersebut, yaitu berupa jalur-jalur putih. Jika diberi pewarna KI (Kalum Iodida) akumulasinya akan terlihat.

Seperti yang akan saya contohkan dibawah ini, kasus yang menimpa tanaman jeruk di Lanud Halim PK. Pak Komandan Lanud Halim PK merupakan mitra kami dan sudah lama mengaplikasikan dari produk BMW pada pertaniannya, hasilnya selama ini sangat bagus. Perkebunan jeruk dengan sistem greenhouse yang beliau kelola, kini terdapat serangan virus CVPD dan hama belalang. Virus CVPD yang merupakan ancaman serius, sekarang perkembangannya menunjukan perubahan yang positif setelah aplikasikan ANTILAT + NOPATEK.

Cara Mudah Mengatasi Virus CVPD Pada Tanaman Jeruk (Bpk Komandan Lanud Halim PK, Jakarta, 2016)

Petani pengelola perkebunan di lanud halim sedang menyemprotkan ANTILAT + NOPATEK

Alhamdulillah sungguh menggembirakan, terapi mudah ANTILAT + NOPATEK yang beliau serukan ke petani yang mengelola kebunnya, perkembangannya sangat positif, perlahan-lahan virus CVPD bisa teratasi pada tanaman jeruk. Cara aplikasi yang beliau pakai dicampurkan ANTILAT + NOPATEK namun dosisnya sesuai yang tertera pada label yakni 4 tutup botol ANTILAT + 4 tutup botol NOPATEK + 15 liter air, semprotkan pada tanaman dengan interval 4 hari sekali.

Cara Mudah Mengatasi Virus CVPD Pada Tanaman Jeruk (Bpk Komandan Lanud Halim PK, Jakarta, 2016)

Belalang teratasi setelah pengaplikasian ANTILAT+NOPATEK

Tidak hanya itu, belalang yang kerap memakan daun tanaman jeruk pun tampak tak berdaya, bisa teratasi setelah pengaplikasian ANTILAT + NOPATEK. Aroma, rasa dan bau dari ANTILAT yang khas, akan membuat hama tidak betah hinggap pada tanaman.

Penyakit CVPD ini bisa dicegah dengan beberapa faktor, seperti bibit jeruk harus benar-benar sehat bebas dari hama maupun penyakit, lakukan sanitasi pada tanaman jeruk, membuang tanaman yang terdapat gejala seperti diatas dan menggantinya dengan bibit baru, perawatan yang optimal. Apabila serangan sudah mewabah bisa semprotkan ANTILAT + NOPATEK seperti perkebunan di lanud halim terapkan.

Demikian penjelasan dari artikel kami mengenai Cara Mudah Mengatasi Virus CVPD Pada Tanaman Jeruk (Bpk Komandan Lanud Halim PK, Jakarta, 2016), Semoga petani kita tidak lagi bingung ketika tanaman jeruknya terkena virus CVPD, kasus diatas bisa dijadikan referensi untuk menterapi tanaman jeruknya kembali normal. Sukses dan salam Tani Organik..

Baca juga artikel kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

4 komentar untuk Cara Mudah Mengatasi Virus CVPD Pada Tanaman Jeruk (Bpk Komandan Lanud Halim PK, Jakarta, 2016)

  • efriman says:

    antilat,poc bmw,berapa botol biar bisa dikirim ke padang pak?

  • Iman says:

    Maap pak saya mau nanya gimana caranya saya mau beli
    Prodak ANTILAT + NOPATEK mohon penjelasanya pak

  • andi kuswandi says:

    Pak/Bu MayaMedia : Pengiriman dari Kota Tasikmalaya

  • MayaMedia says:

    Pengriman dari mana min?

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>