Cara Mudah Mengatasi Hama Ulat pada Paprika Secara Organik – (Kang Acep, Lembang, 2015)

Print Friendly

Cara Mudah Mengatasi Hama Ulat pada Paprika Secara Organik – (Kang Acep, Lembang, 2015)

Ulat, salah satu hama yang paling bikin merinding petani paprika dan petani cabai pada umumnya. Bukan soal fisiknya yang menggelikan, namun dampak serangannya pada tanaman budidaya yang dahsyat. Kerugian akibat serangan ulat bukan main-main, bisa ‘meludeskan’ separuh produksi tanaman bahkan lebih. Saat gejala serangan mulai terlihat, petani bisa ketar-ketir karena pengendalian hama ulat ini – terutama ulat buah – sangat sulit. Penanganan dengan dosis tinggi kimia tetap saja tidak membuahkan hasil, yang ada malah pengeluaran yang semakin membengkak dan ancaman kesehatan yang semakin nyata.

Serangan ulat buah pada budidaya paprika sulit ditangani karena memang si hama ini sering bercokol dan beranak pinak di dalam buah paprika itu sendiri. Terang saja, disemprot dengan racun sehebat apa pun hasilnya bisa nihil karena si ulat ‘bersemedi’ di goanya dengan aman sentosa :)

Gambar-gambar kali ini adalah kiriman dari kang Acep di Lembang, Bandung. Kang Acep merupakan salah satu pembudidaya paprika hidroponik yang memiliki beberapa rumah plastik/green house yang ditanami ribuan paprika. Bersama pembudidaya-pembudidaya lainnya di kawasan Lembang, kang Acep bergabung dalam asosiasi petani paprika, yang mungkin paling besar di Jawa Barat, atau mungkin di Indonesia?   

Kang Acep bersama rekan-rekan pembudidaya paprika di sekitarnya termasuk mitra kami yang telah mengaplikasikan produk-produk Bumi Makmur Walatra, yaitu POC BMW, Antilat dan Nopatek. Pada 27 Feb 2015, kang Acep mengirimkan kesaksian bahwa dengan dua kali penyemprotan ANTILAT, hama ulat yang menyerang tanaman paprikanya dapat teratasi dan bisa panen dengan mulus.


Kang Acep, cukup mengandalkan insektisida organik ANTILAT untuk mengatasi hama ulat pada tanaman budidaya paprikanya.

Kita juga dapat melihat bahwa pertumbuhan tanaman paprika kang Acep sangat meyakinkan, dengan pertumbuhan yang subur, sehat, dan berbuah lebat :)


Tidak perlu dikombinasi dengan pestisida kimia, cukup berhemat saja di masa reses ini :)

Sudah 2x semprot dengan ANTILAT, alhamdulillah serangan ulat teratasi. Buah paprika menjadi mulus-mulus dan panen pun diraih…

Jenis-jenis Hama Ulat pada Paprika

Untuk menambah wawasan, berikut ini beberapa jenis hama ulat yang biasa menyerang tanaman paprika.

  • Tobacco hornworm atau juga caterpillar. Ulat jenis ini tubuhnya hijau dan memiliki tanduk anal merah. Ulat ini menyantap buah dan juga daun tanaman paprika. Sahabat akan mudah mengenalinya karena mereka meninggalkan bekas luka besar pada buah paprika itu sendiri. Fase belatung dari ulat ini memakan akar tanaman sehingga mencegah tanaman menyerap nutrisi yang dibutuhkan dari tanah/media. Efeknya, tentu saja tanaman menjadi kerdil dan bahkan tidak menghasilkan buah.
  • Ulat grayak atau beet armyworm, adalah ulat jenis lain yang dapat merusak tanaman paprika Anda. Ukurannya sekitar sepertiga dari ulat caterpillar. Mereka bertubuh hijau, atau hitam saat fase larva. Serangannya melahap tunas dan daun muda, sehingga menghambat dan mencegah pembentukan buah paprika yang berkualitas baik.
  • Corn earworm,  termasuk hama ulat yang benar-benar ganas. Seperti halnya caterpillar, mereka juga meninggalkan lubang-lubang di buah paprika. Fase belatung atau maggot ulat ini memakan bagian dalam buah.

Gejala serangan ulat pada paprika

Caterpillar

Armyworm

Earworm

Agar tanaman budidaya terhindar dari serangan ulat, seyogyanya sahabat jangan sampai menunggu serangan itu datang, namun jauh-jauh hari melakukan pencegahan dengan melakukan tata kelola budidaya yang baik dan mengaplikasikan produk insektisida yang berkualitas, aman dan terpercaya. Salah satu yang bisa sahabat coba adalah ANTILAT, dimana merupakan insekisida berbahan alami yang aman bagi manusia namun sangat diandalkan untuk menghalau serangan ulat.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT. BILA SAHABAT TERTARIK UNTUK MENCOBA PRODUK ANTILAT GUNA MENGATASI HAMA ULAT PADA PAPRIKA, CABAI, TOMAT, ATAU TANAMAN BUDIDAYA LAINNYA, SILAKAN MENGHUBUNGI KAMI:

Tlp/SMS: 0821-1547-5387 

WhatsApp: 0896-6673-9495 

BBM: 53551D73 

(Bpk Andi / Marketing)

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

taniorganik

Latest posts by taniorganik (see all)

One Response to Cara Mudah Mengatasi Hama Ulat pada Paprika Secara Organik – (Kang Acep, Lembang, 2015)

  1. Gustap Turangga 20 April, 2015 at 03:30

    Ass, slm kenal, tanamannya pada bagus2, saya merasa tertarik. kebetulan saya punya keluhan mengatasi sarangan hama ulat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH