Cara Mudah Menanam Kentang di Pekarangan

28 April, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Mudah Menanam Kentang di Pekarangan

Kentang merupakan tanaman dengan hasil panen terbesar ke-tiga di dunia, dan  juga merupakan bahan makanan pokok dari beberapa kelompok etnis masyarakat. Saat ini menanam kentang dengan mudah dan sederhana bukan masalah lagi kita tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.

LANGKAH-LANGKAH YANG DIPERLUKAN

1. Siapkan Benih
– Tidak seperti beberapa tanaman lainnya, kentang dapat ditanam dengan dua cara yang berbeda.
Menggunakan benih kentang secara langsung. Seperti yang kita ketahui, kita dapat memperoleh benih kentang melalui belanja online  atau mendatangi beberapa pekebun lokal, atau dari pasar swalayan.
– Menggunakan Buah kentangnya.Beberapa varietas kentang akan tumbuh dengan ukuran yang kecil, ambil bagian kentangnya yang muncul di permukaan tanah setidaknya terdapat 300 benih kentang. Potong buahnya dan letakkan di piring yang berisi air, Setelah menunggu selama satu hari, kita akan lihat benihnya akan terpisah dan mengendap di dasar.

1

2. Siapkan TanahnyaKita dapat menanam kentang di sebidang tanah, atau kita dapat meletakkanya didalam pot, tumpukan ban-ban bekas dan semuanya bekerja dengan baik. Hal yang terpenting ialah memastikan tanah kita bebas dari tanaman rumput liar jika itu memungkinkan. Sebagai tambahan, Kita dapat menempatkan beberapa sekop pupuk kompos untuk meningkatkan nutrisi tanah yang memang diperlukan untuk penanaman kentang.

3. Tanam Kentangnya
Saatnya kita menanam sebelum musim dingin datang di daerah kita. Semakin dingin cuacanya itu akan membunuh hama buah yang bermanfaat, dan kentang akan membutuhkan lebih banyak sinar matahari sebagaimana durasi hari lebih panjang dari biasanya Sebagai contoh, Di pesisir Virginia, kentang ditanam di hari St. Patrick, ditanam dalam bulan maret dan akan panen sekitar bulan juli

3

4. Letakkan Benih Kentangnya
Letakkan sekitar 3 cm dari permukaan tanah, dan kemudian buat menyerupai gundukan kecil diatas mereka. Kentang akan lebih bagus jika penanamnya diberi jarak yang presisi, agar seandainya kentang tersebut tumbuh normal, maka mereka tidak saling tumpang tindih akarnya antara satu sama lain. Dengan berjalannya hari, batang akan tumbuh tambahkan ke gundukan kecil tadi, jika kentang sedang tumbuh dan disinari matahari secara langsung dan berangsur-angsur kentang akan berubah menjadi hijau dan sedikit beracun.

4

5. Rawat Kentang Secara Teratur
Memelihara kentang seiring ia tumbuh akan menjamin kualitas produknya saat panen.
– Siram kentang secara teratur ialah penting untuk menjaga pertumbuhannya tetap baik. Sekali seminggu jika musim panas, atau sebanyak mungkin juga tidak masalah seandainya memang itu dibutuhkan.
– Bersihkan segala macam tanaman rumput liar disekitar tanaman kentang kita
– Jika kita memperhatikan terdapat bercak berwarna kuning di salah satu daun kentang kita maka itu berarti ada hama tanaman. Jika kita tidak mau menggunakan pestisida, tanyakan masalah ini ke pekebun lokal setempat mengenai tips tentang bagaimana caranya mengatasi hama tanaman tersebut secara alami.

6. Panen Kentang Anda
Ketika musim dingin sudah mendekat ini tandanya kita harus segera memanen dan memakannya. Kita dapat memanen kentang secara bertahap kentang “muda” atau “awal”  seharusnya sudah bisa dipanen setelah 7 sampai 8 minggu setelah penanaman( ketika bunga kentang yang pertama muncul). Kemudian kita mengamati sekaligus menunggu dan membiarkan kentang lainnya tumbuh ke ukuran yang sempurna. Kita akan tahu kapan panen ketika dedaunan rambat disekitar kentang mulai kekuningan dan berubah menjadi layu.

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>