Cara Mudah Menanam Bawang Putih

29 April, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Mudah Menanam Bawang Putih

Menanam bawang putih anda sendiri ialah mudah untuk dikerjakan karena bawang putih dapat tumbuh dihampir semua musim. Ia punya masa tanam yang panjang, tapi diakhirnya anda akan memperoleh bawang putih yang segar untuk disimpan di musim dingin atau dibagikan ke teman. Bawang putih dapat ditumbuhkan langsung di tanah atau di dalam pot, dan siap untuk dipanen pertengahan hingga akhir musim panas. Perhatikan tahapan berikut untuk mempelajari bagaimana menanam bawang putih.

LANGKAH PERTAMA: PERSIAPAN UNTUK MENANAM

1. Cari Benihnya
Anda juga dapat mencoba menanam benih bawang putih yang anda beli di toko grosir, tapi anda akan mempunyai peluang berhasil yang lebih tinggi jika anda beli sebutir bawang putih atau benihnya di tukang kebun yang mempunyai banyak varietas tanaman yang berbeda dan terkenal baik di daerah anda. Belanja online untuk pencarian lebih luas dan pilih jenis bawang putih yang ingin anda tanam. Beberapa sulit tumbuh di musim dingin,beberapa kuat, dan seterusnya.

1

2. Siap untuk Ditanam
Jika anda tinggal di area utara yang punya iklim yang membeku, disarankan anda menanam bawang putih di musim gugur. Akan membuat bawang putih lebih besar dan lebih kaya akan rasa dibanding ditanam saat musim semi. Bagaimanapun juga, jika anda tinggal di area selatan yang tidak punya iklim dingin, tanam bawang putih anda saat musim semi.

3. Siapkan Lokasinya
Pilih titik yang banyak terpaan sinar mataharinya dan tanahnya gembur. Bajak tanahnya hingga kedalaman 12 cm dengan alat penggaruk kebun atau cangkul. Perkaya tanahnya dengan kompos untuk menambah nutrisi tanahnya yang akan membantu bawang putihnya tumbuh kuat dan sehat.

4. Tanam Benihnya
Bagikan benihnya kepada benih yang tersendiri, menjaga kulit arinya utuh. Tanam benihnya 12 cm terpisah dan sekitar 6 cm dalamnya. Pastikan tanah tepinya di rapikan dan diruncingkan ke atas jika tidak bawang putih akan tumbuh ke arah yang salah. Taburi tanah untuk menutupinya dan padatkan dengan hati-hati.

4

LANGKAH KEDUA: LAKUKAN PERAWATAN PADA TANAMAN

1. Lakukan Pemulsaan dengan Tepat
Jika anda menanam bawang putih saat musim gugur, tutupi area 18 cm dengan jerami untuk melindungi bawang putih selama musim dingin. Saat musim semi, jerami-jerami itu dapat dihilangkan.

21

2. Potong Tunas Bunga yang Baru
Anda dapat melihatnya muncul ditanah diawal-awal musim semi. Potong semua tunas bunga yang anda lihat, jika anda membiarkannya tumbuh dia akan mengambil sebagian energi yang diperlukan untuk membentuk umbi-umbiannya bawang putih sehingga akan berakhir dengan umbi bawang putih yang kecil.

22

3. Pastikan Kebutuhan Air Tercukupi
Sirami bawang putih setiap 3 sampai 5 hari selama proses pertumbuhannya. Ketika anda lihat tanahnya mulai kering dan berdebu, itu berarti saatnya menyiramnya.

4. Gunakan Pupuk Jika Diperlukan
Jika tunas bawang putih terlihat kekuningan atau timpang saat pertumbuhan, anda dapat menambahkan pupuk untuk membantu mereka tumbuh merembes. Jaga bagian dasar bawang putih bebas dari rumput liar jadi bawang putih tidak harus tumbuh bersaing dengan tanaman lainnya untuk mendapatkan nutrisi dan air

LANGKAH KETIGA: SAAT DAN PASCA PANEN

1. Panen Bagian Atasnya Menguning dan Terlihat Akan Mati
Di akhir proses pertumbuhan, bulan juli atau agustus, bagian atasnya akan terlihat kuning dan mulai untuk gugur dan mati. Ini berarti saatnya memanen bawang putih.

31

2. Ambil Umbinya dari Tanah Tanpa Merusak Tanamannya
Gunakan sekop untuk menggali disekitar umbinya tanpa merusaknya. Bersihkan sisa tanah-tanahnya. Anda dapat membiarkan batang bawang putih tersambung dengan umbinya.

32

3. Diamkan Umbinya Selama 2 Minggu
Sebelum anda menggunakan bawang putihnya, diperlukan untuk membiarkannya sebentar. Selama waktu ini kulitnya akan kering dan umbinya akan terlihat utuh. Simpan hasil panennya di lingkungan yang dingin.

4. Gunakan Bawang Putih Ketika Kulitnya Kering dan Keras
Benihnya yang sudah jadi umbi akan terasa utuh ketika disentuh, dan mudah untuk memisahkannya.

5. Simpan Umbi yang Bagus untuk Ditanam Kembali
Ambil beberapa umbi yang besar untuk menanamnya kembali apakah di musim gugur atau-kah sebelum musim dingin atau diawal musim semi. Tentukan umbi yang benar-benar bagus untuk memastikan musim panen berikutnya menghasilkan umbi yang besar dan kaya akan rasa.

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>