Cara Menanam Pisang Di Lahan Perkebunan

Print Friendly

Cara Menanam Pisang Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik yang selalu semangat berkebun, semoga semangat kita dalam berkebun berbuah manis, hasil panen yang melimpah dan berkualitas. Untuk pecinta tanaman buah kali ini saya akan membagi cara untuk menanam pisang di lahan perkebunan. Buah pisang merupakan buah favorit yang sangat diganrungi oleh masyarakat kita. Buahnya yang sudah masak dapat dimakan langsung dan juga dapat diproses dalam berbagai jenis olahan seperti kue puding, es pisang ijo, sampai makanan pinggir jalan semacam gorengan. Rasanya jangan diragukan lagi, manis kenyal membuat banyak disukai banyak kalangan. Banyak varietas dari buah pisang ini dan keunggulannya pun berbeda-beda pula. Sesuai keberadaannya, pisang dipasaran memang sangat dibutuhkan dan terus meningkat. Hal ini bisa menjadi opsi bagi sahabat Tani Organik yang ingin memulai berkebun pisang. Berikut saya ulas untuk langkah-langkah menanamnya supaya tanaman tumbuh baik secara optimal.

Cara Menanam Pisang Di Lahan Perkebunan
                       Cara Menanam Pisang Di Lahan Perkebunan

1. Pembibitan

Pembibitan bisa kita lakukan dari cara vegetatif, yaitu dari tunas atau anak pisang. Yang perlu diperhatikan, bibit pisang harus dihasilkan dari induk yang berkualitas baik. Bibit juga bisa sahabat dapat di toko bibit setempat, biasanya sudah siap tanam. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi bibitnya seperti pilih bibit pisang yang  sehat bebas dari hama dan penyakit, memiliki ukuran panjang 1-1,5 meter dengan diameter sekitar 15-20 cm, anak dewasa akan mempercepat pembuahan, bentuk daun yang lancip seperti pedang dan berhelai daun sempit.

2. Lokasi Penanaman

Sebelum pengolahan dimulai lokasi lahan perlu kita lihat dari beberapa aspek seperti iklim, kontur tanah dan yang lainnya. Tanaman pisang dapat tumbuh baik pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi, khusus untuk pisang ambon, pisang tanduk, dan pisang nangka bisa tumbuh baik pada ketinggian 1000 dpl. Beriklim tropis dengan kelembaban udara yang cukup tinggi serta cuaca yang cukup panas. Area tanam juga harus bersih dari gulma, tanah yang gembur, dan area tersinari langsung oleh matahari tidak ternaungi oleh benda atau tumbuhan lain.

3. Membuat Lubang Tanam

Langkah selanjutnya, kita tinggal membuat lubang penanaman. Lubang tanam dibuat dengan menggunakan alat seperti cangkul untuk mempermudah proses penggalian. Ukuran lubang tanam berkisar 50x50x50 cm untuk jenis tanah berat dan 30x30x30 atau 40x40x40 cm untuk jenis tanah gembur dengan jarak tanam antara 3,3 x 3,3 meter. Tanah bekas penggalian bisa kita campurkan dengan kompos/pupuk kandang yang telah terfermentasi untuk nantinya digunakan sebagai media penutupan lubang penanaman.

4. Istirahatkan Lahan

Setelah proses penggalian lubang tanam selesai, dianjurkan untuk mengistirahatkan terlebih dahulu kira-kira 2-3 harian, biarkan tersinari matahari penuh. Pengistirahatan lubang tanam bertujuan untuk mengatasi bakteri jahat pembawa penyakit tanaman bisa mati.

5. Proses penanaman

Tahap selanjutnya adalah penanaman. Bibit pisang baiknya ditanam pada saat menjelang musim hujan. Cara tanamnya kita tinggal meletakkan pangkal bibit pada lubang tanam. Posisikan bibit secara tegak lurus jangan sampai miring. Kemudian segera tutup dengan media campuran tanah+kompos/pupuk kandang yang telah kita siapkan. Padatkan sedikit media penutupnya agar tanaman tidak mudah roboh.

6. Penyiraman

Lakukan penyiraman setelah tanaman selesai kita tanam. Penyiraman bisa menggunakan embrat untuk hasil yang optimal. Siram ke seluruh tanaman dan media tanam hingga benar-benar meresap.

7. Pemupukan Susulan

Sama seperti tumbuhan lain, tanaman pisang memerlukan nutrisi secara berkala. Asupan nutrisi sangat berperan penting bagi pertumbuhan tanaman lebih dan merangsang pembuahan lebih cepat. Beberapa pemupukan susulan yang bisa sahabat lakukan pada tanaman pisang sahabat, bisa dengan cara kombinasi kimia atau cara full organik. Silahkan sahabat bisa memilih salah satunya.

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 3 sdm KOCOR BMW+ 1 tutup POC BMW + 5 liter air.

Pengaplikasian ini 1 gelas per pohon, untuk tanaman dewasa 1 gayung per pohon. Sahabat bisa lakukan pemupukan ini rutin 1 bulan sekali.

8. Perawatan

Perawatan lain yang perlu kita lakukan adalah rajin melakukan penjarangan seperti memotong anakan/tunas secara berkala, penyiangan gulma disekitar tanaman, perempelan dilakukan jika terdapat daun pisang yang mengering, menjaga kelembaban tanah yaitu dengan rajin menyiram secukupnya.

9. Hama dan Penyakit Tanaman Pisang

Tidak hanya itu, kita harus menjaga tanaman dari serangan hama seperti ulat daun (Erienota thrax.), uret kumbang (Cosmopolites sordidus), nematoda (Rotulenchus similis, Radopholus similis). Jika tanaman sudah terserang hama tersebut bisa kita semprotkan Insektisida hayati ANTILAT 4-5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Beberapa penyakit yang kerap menyerang tanaman pisang diantaranya penyakit darah, panama, bintik daun, layu, daun pucuk. Penanganannya bisa kita semprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Demikian ulasan diatas mengenai Cara Menanam Pisang Di Lahan Perkebunan, Keberadaan buah pisang di negeri ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita sehingga produktifitasnya harus tetap ada. Pundi-pundi keuntungan akan bisa kita raih asal ada kemauan. Semoga artikelnya bermanfaat dan bisa diaplikasikan di kebun sahabat semua. Salam Tani Organik..

Jangan lupa, lihat artikel kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH