Cara Menanam Mangga Kiojay Di Lahan Perkebunan

9 May, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Menanam Mangga Kiojay Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik dimanapun berada, Semoga tetap sehat ya, agar bisa terus beraktifitas seperti biasa. Karena sehat merupakan modal utama untuk bisa beraktifitas mengelola sumber daya alam kita. Kesehatan harus dijaga dengan pola makan tidur dan makan teratur serta sering mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita salah satunya untuk menjaga antibodi kita. Pembahasan kali ini bisa menjadi referensi bagi sahabat Tani Organik untuk ditanam di pekarangan atau di lahan perkebunan yaitu cara menanam mangga kiojay di lahan perkebunan. Mangga kiojay merupakan varietas mangga unggul yang berasal dari negara Thailand. Walaupun varietas ini tergolong baru, namun hasil buahnya sangat istimewa ukurannya yang jumbo rata-rata ukurannya 2 kg perkilonya. Selain ukurannya yang jumbo, rasa buahnya manis dan tebal dagingnya. Harganya dipasaran pun sangat tinggi, perkilonya rata-rata 25.000 sampai 30.000an. Sehingga perbuanya harganya bisa sampai 35.000 sampai 40.000. Sahabat tidak perlu membelinya buah mahal ini, namun jika mempunyai tanamannya bisa langsung petik saja. Dapat juga dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan berlipat. Untuk cara menanamnya saya akan bahas dibawah ini. Silahkan bisa disimak..

Cara Menanam Mangga Kiojay Di Lahan Perkebunan

                   Cara Menanam Mangga Kiojay Di Lahan Perkebunan

1. Memilih Bibit Mangga Kiojay yang Berkualitas

Seperti mangga yang lain pembibitan mangga kiojay bisa dihasilkan dari cara vegetatif dan generatif. Dengan cara vegetatif bisa menghasilkan buah yang lebih cepat dibanding dari biji. Namun jika sahabat ingin yang praktis langsung bisa kita tanam tanpa harus menunggu lama membibitkannya, bibit yang siap tanam bisa sahabat dapatkan dari toko atau kios bibit setempat. Perlu diberlakukan pemilihan bibit untuk mendapatkan yang benar-benar baik dan bagus, seperti tanaman dipastikan sehat dan bebas hama dan penyakit, berdaun hijau segar sehat tidak layu dan kering, berbatang kokoh tidak kurus dan percabangan yang ridang.

2. Memilih Lokasi Penanaman

Varietas mangga kiojay ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia, optimalnya dibudidayakan di dataran rendah dengan cuaca panas. Area yang paling dikehendaki tanaman mangga kiojay yaitu bersih dari rumput pengganggu area bakal tanam, tanah cukup gembur dan subur kaya bahan organik, dan area perlu tersinari matahari secara langsung tidak ternaungi pohon besar atau benda lain disekitarnya.

3. Penggalian Lubang Tanam

Jika persiapan diatas sudah didapatkan, baru kita menginjak pada penggalian lubang tanam. Menggali lubang tanam bisa kita gunakan alat seperti cangkul untuk mempercepat dan mempermudah penggalian. Buahlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50cm. Tanah bekas digunakan untuk media penutupan penanaman nantinya, namun sebelumnya campur terlebih dahulu dengan kompos/pupuk kandang yang sudah terfermentasi+sekam supaya media kaya akan nutrisi.

4. Mengistirahatkan Lubang Tanam

Sebelum bibit dilakukan penanaman, alangkah baiknya lubang tanam kita istirahatkan terlebih dahulu. Bibit diistirahatkan dan dibiarkan tersinari matahari secara full selama 2-3 harian. Fungsinya untuk mengatasi bakteri jahat pada lubang tanah bisa mati.

5. Proses Penanaman Bibit

Apabila lubang tanam telah selesai diistirahatkan saatnya proses penanaman bibit. Ambil bibit mangga kiojay dan letakan pangkal bibit pada lubang tanam, jika bibit masih pada media polybag tinggal kita menyobek plastik polybagnya terlebih dahulu, lalu letakan pangkal tanam bersama balutan akar pada lubang tanam. Bibit harus posisi tegak lurus jangan sampai posisinya miring.

6. Penutupan Lubang Tanam

Menginjak pada tahap berikutnya, setelah posisi bibit tegak lurus segera tutup lubang tanam dengan media campuran tanah + kompos + sekam yang telah kita siapkan. Media yang kaya akan nutrisi akan membuat tanaman menjadi mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga tumbuh dengan cepat. Media penutup lubang dipadatkan sedikit agar bibit mangga kiojay yang baru ditanam tidak mudah roboh.

7. Penyiraman

Setelah penanaman selesai, barulah kita melakukan penyiraman pertama. Siram seluruh tanaman dan media tanamnya sampai air meresap. Penyiraman bisa menggunakan embrat untuk hasil yang merata.

8. Pemasangan Ajir

Tanaman baru biasanya mudah roboh oleh gangguan lingkungan seperti cuaca buruk. Oleh karena itu pemasangan ajir sangat diperlukan untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh lagi. Ajir bisa kita buat dari bambu berukuran panjang 1,5 meter.

9. Pemupukan Rutin

Perlakuan pemupukan secara berkala merupakan faktor penting bagi kelangsungan tumbuh tanaman mangga kiojay. Asupan nutrisi mikro dan makro yang diserap tanaman membuat tanaman tumbuh baik dan sehat. Oleh karena itu pemupukan perlu kita aplikasikan secara rutin. Untuk komposisi pemupukan, sahabat bisa pilih salah satu komposisi dibawah ini.

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

10. Memacu Pembuahan

Dalam pertumbuhnannya, mangga kiojay perlu diaplikasikan juga Hormon perangsang buah. Hormon perangsang buah akan memacu tanaman untuk mempercepat tumbuhnya buah. Hormon perangsang buah yang direkomendasikan adalah POC BMW yang sudah baik hasilnya. Tanaman tidak hanya cepat berbuah, buah yang dihasilkan lebih baik dari biasanya. Cara pengaplikasian POC BMW yaitu dengan disemprotkan pada seluruh tanaman mangga kiojay dengan interval 1 bulan sekali, dosis 3 tutup POC BMW+ 15 liter air.

11. Melakukan Perawatan Lain

Selain itu perawatan lain pun perlu kita berikan, seperti rajin melakukan penyiraman rutin 1-2 kali sehari di pagi dan sore hari namun tergantung kelembaban tanahnya juga, rajin melakukan penyiangan gulma disekitaran area tanaman, dan rajin melakukan pemangkasan.

12. Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

Berikut beberapa hama yang sering menyerang tanaman mangga diantaranya wereng mangga, penggerek pucuk, ulat philotroctis sp, penggerek buah, bubuk buah mangga, bisul daun, lalat buah, kepik mangga, tungau, thrips, codot. Untuk mengatasinya bisa dengan mengaplikasikan Insektisida hayati ANTILAT 4-5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Tanaman mangga juga sering terjangkit beberapa penyakit seperti penyakit gleosporium, penyakit diplodia, cendawan jelaga, bercak karat merah, kudis buah, penyakit antraknose, penyakit blendok. Untuk mengatasinya bisa diterapi dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Demikianlah pembahasan diatas mengenai Cara Menanam Mangga Kiojay Di Lahan Perkebunan, semoga pembahasannya bermanfaat dan memudahkan sahabat untuk memulai menanam mangga kiojay ini. Insyaalloh selain bisa dinikmati buahnya sendiri juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Selamat menanam…

Jangan lupa, baca juga artikel kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>