Cara Menanam Mangga Arumanis Di Lahan Perkebunan

Print Friendly

Cara Menanam Mangga Arumanis Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik setanah air, Bersyukurlah kita bisa lahir di tanah pertiwi yang amat asri nan subur ini, sehingga tumbuhan yang kita budidayakan mudah tumbuh di negara kita. Namun agar tanaman lebih cepat tumbuh dengan hasil yang optimal, tentu teknik menanamnya pun perlu kita pahami. Seperti yang akan saya ulas pada artikel kali ini yaitu tentang cara menanam mangga arumanis di lahan perkebunan. Mangga arumanis yang terkenal dengan rasa manisnya ini merupakan varietas unggul asli Indonesia. Walaupun mangga arumanis ini tergolong lokal namun kualitasnya sebanding dengan buah impor. Nama mangga arumanis berasal dari kata harum dan manis. Memang tidak sembarangan nama arumanis ini, karena sesuai dengan buahnya yang harum dan dagingnya yang manis. Tidak heran jika masyarakat gemar mengonsumsi buah yang satu ini. Untuk yang berminat membudidayakannya, saya akan memberikan teknik menanamnya, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

Cara Menanam Mangga Arumanis Di Lahan Perkebunan
               Cara Menanam Mangga Arumanis Di Lahan Perkebunan

1. Pemilihan Bibit Mangga Arumanis Berkualitas

Bibit mangga bisa kita dapatkan dengan membibitkannya, bisa dengan cara generatif ataupun vegetatif. Jika sahabat ingin membibitkannya sendiri, perlu pastikan induk pohon mangga harus berkualitas juga. Namun apabila tidak ingin repot membibitkannya, bibit siap tanam bisa sahabat dapatkan di toko bibit setempat. Perlu diperhatikan dalam memilih bibit, karena kondisi bibit berpengaruh besar untuk pertumbuhan mangga arumanis kedepannya. Bibit yang dipilih harus sehat bebas dari hama dan penyakit, berdaun hijau segar tidak kering dan layu, berbatang kokoh tidak kurus, memiliki cabang yang rindang.

2. Menentukan Lokasi Penanaman

Tanaman mangga dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian antara 0-300 m dpl. Meskipun demikian, tanaman ini juga masih dapat tumbuh sampai dengan ketinggian 1.300 m dpl. Area yang diharapkan  penanaman perlu kita bersihkan terlebih dahulu dari rumput dan sampah disekitaran penanaman, tanah gembur kaya dengan unsur hara, lokasi harus tersinari matahari secara langsung tidak ada yang menaunginya.

3. Membuat Lubang Tanam

Tahap selanjutnya kita tinggal membuat lubang tempat penanaman di lahan yang telah kita sediakan. Untuk membuat lubang tanam kita bisa gunakan alat seperti cangkul dengan ukuran lubang tanam 50x50x50cm. Disamping itu, siapkan juga campuran tanah + kompos + sekam untuk penutup lubang penanaman bibit.

4. Mengistirahatkan Lubang Tanam

Tahap penggalian lubang telah selesai, sebaiknya lahan diistirahatkan beberapa hari. Lubang tanam perlu diistirahtakan dulu sekitar 2-3 harian dan biarkan tersinari matahari penuh untuk membunuh bakteri yang ada pada lubang tanam.

5. Proses Penanaman

Tahap selanjutnya pada proses penanaman bibit mangga arumanis. Bibit yang sudah siap tinggal pindah tanamkan ke area penanaman. Letakkan perakaran bibit pada lubang tanam, jika bibit didapat dari toko bibit biasanya sudah tertanam dalam polybag. Kita tinggal menyobek plastik polybag dan langsung letakkan pada lubang tanam. Posisikan bibit tegak lurus jangan sampai miring.

6. Menutup Lubang Tanam

Ketika posisi bibit dalam lubang tanam sudah benar, segera kita tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam yang sudah kita siapkan sebelumnya. Media yang kaya akan nutrisi akan merangsang tanaman mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tutup sampai merata, padatkan sedikit supaya bibit tidak mudah roboh.

7. Melakukan Penyiraman

Setelah bibit tertanam pada lahan penanaman, saatnya kita lakukan penyiraman pertama. Siram seluruh tanaman dan media tanamnya sampai air meresap. Untuk hasil penyiraman yang optimal gunakan alat bantu embrat atau gembor.

8. Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir sangat dianjurkan untuk tanaman yang baru pindah tanam, pasalnya tanaman baru kerap terganggu dari faktor lingkungan. Ajir berguna untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh lagi. Ajir bisa kita buat dari bambu berukuran panjang 1,5 meter.

9. Pemupukan Rutin

Pemupukan secara rutin memang wajib kita berikan. Tanaman membutuhkan suplay nutrisi secara teratur karena tanaman butuh asupan nutrisi bagi pertumbuhan optimalnya. Ada 2 resep untuk membuat pemupukan rutin, berikut boleh dipilih salah satunya :

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

Pemupukan rutin dilakukan 1 bulan sekali.

10. Merangsang Munculnya Bunga/Buah

Tanaman mangga perlu dibarengi dengan memberinya hormon perangsang buah sebagai pemacu tumbuhnya buah secara cepat dengan hasil yang lebih baik. Insyaalloh hormon perangsang buah akan bereaksi kurang dari 3 tahun tanaman mangga sudah lebat-lebat buahnya. Hormon perangsang yang sering saya berikan yaitu POC BMW. Cara aplikasinya cukup dengan menyemprotkan POC BMW pada seluruh tanaman mangga arumanis dengan interval 1 bulan sekali, dosis 3 tutup POC BMW+ 15 liter air.

11. Perawatan Lainnya

Perawatan lain yang sangat mendukung dalam pertumbuhan tanaman mangga yaitu rajin membersihkan area lahan tanam dari rumput-rumput yang tumbuh dan juga sampah, rajin menyiram 1-2 kali sehari pagi dan sore namun tergantung cuaca dan kelembaban tanah.

12. Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

Beberapa hama yang sering mengganggu tanaman mangga diantaranya wereng mangga, penggerek pucuk, ulat philotroctis sp, penggerek buah, bubuk buah mangga, bisul daun, lalat buah, kepik mangga, tungau, thrips, codot. Namun hama-hama tersebut bisa diatasi dengan mengaplikasikan Insektisida hayati ANTILAT 4-5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Dari gangguan hama, ada beberapa penyakit tanaman yang kerap menyerang tanaman mangga seperti penyakit gleosporium, penyakit diplodia, cendawan jelaga, bercak karat merah, kudis buah, penyakit antraknose, penyakit blendok. Untuk penanggulangannya bisa kita semprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Itulah beberapa langkah menanam pada topik artikel Cara Menanam Mangga Arumanis Di Lahan Perkebunan, semoga dapat bermanfaat dan dapat dipraktekan sendiri di lahan kebun sahabat semua. Selamat menanam dan Salam Tani Organik.. :)

Jangan lupa, artikel kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH