Cara Menanam Kelengkeng Puangray Di Lahan Perkebunan

27 May, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Menanam Kelengkeng Puangray Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik semua, tetap jaga kesehatan ya agar terus bisa beraktifitas seperti biasanya. Kesehatan bisa dijaga salah satunya dengan makan buah-buahan. Dari itu setiap hari usahakan kita mengonsumsi buah-buahan ya 🙂 . Oke untuk pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang cara menanam kelengkeng puangray di lahan perkebunan. Kelengkeng puangray (Dimocarpus longan) merupakan varietas unggul yang disukai para petani kelengkeng. Pasalnya kelebihan dari kelengkeng puangray ini hasil panen yang melimpah dibanding dengan jenis kelengkeng lainnya. Kelengkeng puangray memiliki sifat rasa manis namun dagingnya tidak berair, lebih tebal dengan , buah kelengkeng puangray sangat lebat hingga petani bisa menghasilkan untung lebih. Sesuai kelebihannya, kelengkeng puangray ini memiliki harga tinggi dipasaran namun dengan kelebihannya masyarakat tidak keberatan untuk membeli kelengkeng puangray ini. Kelebihan lainnya dari kelengkeng puangray ini adalah jika sebelumnya bibit dihasilkan dari pascasambung, tanaman kelengkeng puangray dapat menghasilkan buah berkisar 1 tahunan. Nah untuk sahabat Tani Organik yang tergiur ingin menanam kelengkeng puangray, silahkan teknik budidayanya dipahami terlebih dahulu yang akan saya ulas dibawah ini..

Cara Menanam Kelengkeng Puangray Di Lahan Perkebunan

                 Cara Menanam Kelengkeng Puangray Di Lahan Perkebunan

1. Memilih Bibit Kelengkeng Puangray Unggul Berkualitas

Langkah pertama dalam rangka penanaman kelengkeng puangray yang pasti bibitnya harus kita dapatkan terlebih dahulu. Sahabat bisa membibitkannya sendiri bisa menggunakan cara vegetatif atau dengan generatif (dari biji). Atau sahabat bisa membeli bibit siap tanam di kios bibit di daerah sekitar. Namun untuk mendapatkan tanaman yang tumbuh subur dan sehat, pemilihan bibit perlu dilakukan sejak dini. Pilih bibit yang bersetifikat unggul, pastikan sehat dan bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau segar tidak kering dan tidak layu, memiliki batang kokoh tidak kurus, percabangan yang baik.

2. Memilih Lokasi Penanaman Kelengkeng Puangray

Tanaman kelengkeng puangray bisa tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian sekitar 300-900 mdpl. Kemudian, area lahan tanam perlu kita lihat dan persiapkan terlebih dahulu, seperti pembersihan rumput yang tumbuh pada lokasi penanaman, tanah banyak mengandung unsur organik, lahan usahakan mendapatkan sinar matahari sepanjang hari tanpa ada yang menaunginya.

3. Menggali Lubang Penanaman

Selesai menyiapkan lokasi penanaman, saatnya penggalian lubang tanam. Lubang dibuat dengan ukuran 50x50x50xcm dengan menggunakan cangkul untuk mempermudah proses penggalian. Disamping itu, kita manfaat tanah atas bekas galian dengan dicampurkan dengan kompos/pupuk kandang yang terfermentasi + sekam untuk media penutup lubang tanam.

4. Mendiamkan Lubang Tanam

Sebelum proses menanam bibit kelengkeng puangray dilakukan, terlebih dahulu lubang tanam kita istirahatkan selama 2-3 harian dengan tujuan untuk mendapatkan tempat penanaman yang sehat tidak ada sumber hama penyakit pada lubang tanam.

5. Proses Penanaman Bibit Kelengkeng Puangray

Jika tahap pengistirahatan sudah selesai, saatnya bibit bisa segera kita pindahkan ke lubang penanaman. Ambil bibit, kemudian taruh pangkal bibit pada lubang tanam. Jika tanaman masih masih dalam polybag, sobek terlebih dahulu plastik polybagnya dan jangan sampai perakarannya rusak. Tinggal letakkan perakarannya pada lubang tanam. Posisi bibit kelengkeng puangray harus tegak lurus jangan sampai miring.

6. Menutup Lubang Tanam

Kemudian posisi bibit yang sudah tegak lurus, segera tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam yang telah dipersiapkan tadi. Supaya bibit tidak mudah roboh, media penutup kita padatkan sedikit bisa dengan menginjak-injak namun jangan terlalu keras dan terlalu padat, karena akan menghambat perkembangan akar.

7. Penyiraman

Apabila tahap penanaman telah selesai, berikan penyiraman pertama. Siram pada keseluruhan tanaman serta media tanamnya hingga benar-benar meresap, namun jangan sampai berlebihan. Untuk hasil yang optimal kita bisa gunakan embrat dalam penyiramannya.

8. Memasang Ajir

Pemasangan ajir sangat dianjurkan untuk membantu pertumbuhan awal. Ajir berguna untuk menopang tanaman baru agar tanaman baru tidak mudah roboh dan lebih kokoh. Ajir bisa terbuat dari bambu dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran bibitnya.

9. Pemupukan Rutin

Tanaman kelengkeng puangray membutuhkan suplay nutrisi secara berkala dalam kelangsungan tumbuhnya. Nutrisi akan menjadikan tanaman tumbuh secara cepat, sehat, dan tanaman pun akan kebal dari serangan penyakit. Beberapa komposisi pemupukan yang akan saya berikan, bisa dengan cara organik atau kombinasi kimia.

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

Pemupukan ini rutin dilakukan dengan interval 1 bulan sekali.

10. Mempercepat Munculnya Bunga/Buah

Tanaman kelengkeng puangray pascasambung dapat berbuah sekitar 1 tahunan bahkan kurang dari 1 tahun. Untuk merangsang tumbuhnya buah, kualitas buah lebih baik dan lebih lebat perlu diaplikasikan hormon perangsang buah. Hormon perangsang yang dapat kita aplikasikan yaitu POC BMWPOC BMW akan memacu tanaman kelengkeng puangray untuk segera berbuah dengan kualitas baik. Cara pengaplikasian POC BMW dengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air, intervalnya 1 bulan sekali.

11. Perawatan

Selain pemupukan, perawatan lain juga sangat penting bagi pertumbuhan tanaman kelengkeng puangray yaitu penyiraman 1-2 kali sehari namun tergantung dengan kelembaban tanahnya, rajin membersihkan rumput-rumput yang tumbuh disekitaran tanaman, melakukan pemangkasan.

12. Hama dan Penyakit Kelengkeng Puangray

Berikut beberap hama yang sering mengganggu tanaman kelengkeng yaitu trusuk, penggerek batang, penghisap buah. Dalam mengatasinya bisa dengan menyemprotkan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Adapun penyakit yang dapat mengancam kelangsungan hidup kelengkeng yaitu bercak gloesporium, bercak dan pestalotia, bercak daun fusarium, akar putih, akar hitam, penyakit busuk akar, kanker batang dan akar. Pengendaliannya dengan fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan. Khusus untuk penyakit busuk akar dan kanker akar cara aplikasi NOPATEK yaitu 1 tutup NOPATEK + 2 liter air, kemudian siramkan 1 gelas perpohon dan cukup pada tanaman yang terserang saja.

Sekian pembahasan kita mengenai Cara Menanam Kelengkeng Puangray Di Lahan Perkebunan, Dalam menanam tanaman kelengkeng puangray memang lah tidak susah karena tidak ada teknik khusus dalam perawatannya, namun tetap untuk menghasilkan tanaman tumbuh optimal perlu langkah-langkah diatas diberlakukan Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>