Cara Menanam Jeruk Dekopon Di Lahan Perkebunan

Print Friendly

Cara Menanam Jeruk Dekopon Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik semuanya, Beragam varietas buah terus dikembangkan tidak lain hanya untuk meningkatkan kualitas dan nilai agrobisnis yang tinggi. Sehingga kini banyak varietas dari 1 jenis buah-buahan dan tentu memiliki keunggulan masing-masing. Seperti dari jenis jeruk yang akan saya ulas kali ini yaitu tentang cara menanam jeruk dekopon di lahan perkebunan. Jeruk dekopon merupakan jeruk hasil persilangan dari jeruk kiyomi dan ponka asal jepang. Belakangan ini, pasar buah di Indonesia dimeriahkan oleh varietas jeruk dekopon. Jeruk dekopon ini sangat unik dan memiliki bobot yang besar. Soal rasa jeruk dekopon lebih manis dari varietas lokal dan tekstur buah lunak, berserat halus tanpa biji. Tidak tanggung-tanggu harga dipasaran buah jeruk dekopon ini mencapai 50-70 ribu perkilo menjadi daya tarik tersendiri. Varian jeruk dekopon ini memiliki potensi yang menjanjikan untuk kita budidayakan di tanah air. Agrobisnis jeruk dekopon ini menjadi peluang yang menjanjikan untuk sahabat budidayakan. Apakah sahabat berminat? Silahkan terlebih dahulu simak poin-poin teknik budidayanya.

Cara Menanam Jeruk Dekopon Di Lahan Perkebunan
                 Cara Menanam Jeruk Dekopon Di Lahan Perkebunan

1. Memilih Bibit Jeruk Dekopon yang Berkualitas

Dalam budidaya tanaman hal yang pertama kita siapkan adalah bibit tanamannya. Jeruk dekopon biasanya ditumbuhkan dari hasil cangkok dan okulasi. Apabila ingin praktis, bibit jeruk dekopon yang siap tanam bisa sahabat beli di toko bibit setempat. Tips untuk memilih bibit yaitu pastikan bibit bersertifikat unggul, sehat bebas dari hama dan penyakit, berdaun hijau segar tidak layu dan kuning, berbatang kokoh tidak kurus dan bercabang rindang.

2. Lokasi Penanaman

Jeruk dekopon ini cocok ditumbuhkan di negara kita daerah dataran tinggi. Untuk tempat penanaman tanaman jeruk dekopon haruslah bersih dari rumput-rumput yang tumbuh dilokasi bakal tanam, memiliki tanah yang subur banyak mengandung bahan organik, lokasi yang tidak terlalu sempit, lokasi harus tersinari matahari secara penuh tidak ada yang menaunginya.

3. Menggali Lubang Tanam

Tahap selanjutnya kita membuat lubang tanam pada lahan yang sudah ditentukan. Lubang tanam yang diperlukan berukuran 50x50x50cm. Pembuatan lubang tanam bisa menggunakan alat seperti cangkul untuk memudahkan dalam proses penggalian. Selain itu, siapkan juga campuran tanah + kompos/pupuk kandang yang sudah terfermentasi + sekam sebagai media penutup lubang tanam.

4. Mendiamkan Lubang Tanam

Selesai membuat lubang tanam, diharapkan bibit jangan langsung kita tanam. Lubang tanam perlu didiamkan terlebih dahulu dan tersinari oleh sinar matahari kurang lebih 2-3 harian. Mendiamkan lubang tanam ini bertujuan untuk mematikan sumber hama dan penyakit yang terdapat dalam lubang tanam.

5. Proses Penanaman

Apabila lubang tanam telah selesai diistirahatkan, selanjutnya langsung ke proses penanaman bibit jeruk dekopon. Letakan pangkal bibit jeruk dekopon kedalam lubang tanam. Apabila jeruk dekopon didapat dari toko bibit biasanya bibit sudah tertanam dalam media polybag, sobek plastik polybagnya jangan sampai medianya rusak karena akan mengganggu perkembangan akarnya. Posisi bibit harus tegak lurus jangan sampai miring.

6. Menutup Lubang Tanam

Posisi bibit jeruk dekopon yang sudah diletakkan pada lubang tanam segera tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam yang telah disiapkan sebelumnya. Nutrisi yang cukup membuat tanaman baru dapat beradaptasi lebih cepat. Penutupan lubang dilakukan sampai benar-benar rata, padatkan sedikit agar bibit tidak mudah roboh.

7. Melakukan Penyiraman

Lanjut pada penyiraman pertama bibit jeruk dekopon yang sudah tertanam. Penyiraman dilakukan pada seluruh bagian tanaman dan media tanamnya, sampai benar-benar meresap namun jangan sampai terlalu becek. Penyiraman bisa dengan bantuan alat seperti embrat untuk hasil yang maksimal.

8. Memasang Ajir

Tanaman baru perlu kita perkuat dengan pemasangan ajir. Pemasangan ajir akan menopang tanaman jeruk dekopon menjadi lebih kokoh. Bambu yang di belah menjadi beberapa bagian bisa kita jadikan ajir, dengan ukuran kita sesuaikan dengan ukuran bibit jeruk dekoponnya.

9. Pemupukan Susulan

Tahap yang paling penting adalah memberi asupan nutrisi secara rutin. Asupan nutrisi secara rutin bisa membuat tanaman tumbuh dengan melesat, subur dan sehat. Selain itu tanaman jeruk dekopon tidak rentan terkena penyakit. Sahabat bisa memilih komposisi pemupukan ini boleh full organik atau kombinasi kimia :

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

Pengaplikasiannya rutin dilakukan berkisar 1 bulan sekali.

10. Merangsang Tumbuhnya Buah

Selain kita memberikan nutrisi dari akar, kita juga perlu memberikan nutrisi yang langsung dari atas seperti pada daun dan batang agar tanaman lebih subur dan berkembang secara signifikan. Nutrisi yang disemprotkan juga dapat mempercepat pembuahan lebih cepat. Sahabat bisa semprotkan hormon perangsang buah, batang dan daun untuk memberikan nutrisi dari atas seperti POC BMWPOC BMW dapat memacu pembuahan lebih cepat, hasil buah lebih padat, lebih manis dan lebat. Aplikasi POC BMW yaitu dengan disemprotkan pada seluruh tanaman dengan dosis dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air. Pengaplikasian cukup 1 bulan sekali.

11. Pemeliharan Lain

Hal lain yang menunjang tanaman tumbuh optimal adalah tetap memelihara area tanam agar selalu bersih tidak ditumbuhi dengan rumput pengganggu disekitaran tanam. Kemudian jangan lupa rajin menyiram 1-2 kali sehari di 2 minggu pertama. selebihnya cukup 1 kali saja namun sesuai kondisi kelembabannya, melakukan pemangkasan pada ranting-ranting yang tidak perlu.

12. Hama dan Penyakit Tanaman Jeruk

Hama merupakan faktor yang dapat menghambat kelancaran pertumbuhan jeruk dekopon. Hama-hama berikut seperti kutu loncat (diaphorina citri), kutu daun (toxoptera citridus aurantii), ulat peliang daun (phyllocnistis citrella), tungau (eriophyes sheldoni tetranychus sp), penggerek buah (citripestis sagittiferella). Pengendalian dari hama-hama ini bisa kita semprotkan Insektisida hayati ANTILAT 4-5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Penyakit tanaman jeruk pun kerap merepotkan petani seperti CVPD, Tristeza, Woody gall (Vein Enation), Blendok, Embun tepung. Untuk cara terapinya bisa dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Pembahasan diatas mengenai Cara Menanam Jeruk Dekopon Di Lahan Perkebunan dicukupkan sekian. Semoga niat sahabat untuk budidaya jeruk dekopon ini dilancarkan dengan teknik budidaya diatas. Selamat menanam…

Jangan lupa, lihat juga teknik budidaya lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH