Cara Menanam Durian Pelangi Di Lahan Perkebunan

30 March, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Menanam Durian Pelangi Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik dimanapun berada, berjumpa kembali pada artikel kami yang memuat tentang teknik-teknik menanam tanaman yang baik. Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Dalam kesempatan kali ini saya akan menerangkan tentang cara menanam durian pelangi di lahan perkebunan. Dengan kemajuan teknologi saat ini sektor pangan pun memiliki kemajuan untuk menciptakan varietas baru dari tanaman, salah satunya pada tanaman durian. Durian kini telah melahirkan banyak varietas-varietas unggul sesuai dengan kelebihannya masing-masing. Salah satu varietas unggul durian yang akan kami ulas yaitu durian pelangi. Durian pelangi merupakan hasil perkawinan dari durian kuning (fotogensis), durian merah (graveolens) dan durian putih (zibethinus). Hasilnya pun sangat menakjubkan warna dagingnya perpaduan warna orange, merah dan putih. Rasanya pun sangat lezat dan kaya akan betacaroten dan antioksidan. Tidak heran harga buahnya dipasaran selangit, paling murah 1 buah durian pelangi seharga Rp 250.000. Namun untuk menikmatinya sahabat tidak perlu mengeluarkan kocek ratusan ribu, bahkan sahabat bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan apabila sahabat memanfaatkan lahan kosong atau perkebunannya untuk menanam durian pelangi. Teknik menanam yang baik dan benar, kami akan bahas langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Menanam Durian Pelangi Di Lahan Perkebunan

Cara Menanam Durian Pelangi Di Lahan Perkebunan

1. Memilih Bibit Durian Pelangi yang Berkualitas

Hal pertama yang perlu kita siapkan adalah bibit durian pelanginya. Untuk mendapatkannya kita dapat membibikannya sendiri bisa dengan cara vegetatif (okulasi, sambungan) atau generatif (biji). Sahabat bisa memilih salah satunya, namun untuk mendapatkan tanaman sama dengan induknya pilih cara vegetatif. Jika tidak mau repot membibitkannya, sahabat bisa membelinya di toko bibit buah-buahan setempat. Memilih bibit juga perlu diperhatikan, Pilih bibit dari hasil yang kita inginkan generatif/vegetatif sesuai yang sahabat inginkan. Perhatikan juga bibit harus sehat bebas dari hama penyakit, memiliki daun hijau segar tidak layu dan kuning, rindang, berbatang kokoh tidak kurus dan kering.

2. Memilih Lokasi Penanaman

Durian pelangi tergolong mudah tumbuh, bisa kita tanam baik di dataran rendah maupun tinggi. Area yang dihendaki untuk penanaman durian pelangi ini tetap harus dipilih, yakni bersih dari rumput pengganggu yang tumbuh pada area tanam, lahan tidak terlalu sempit, tanah cukup gembur dan kaya akan unsur hara, lokasi tanam tidak teduh ternaungi, perlu mendapat sinar matahari secara pull.

3. Membuat Lubang Tanam

Setelah lahan siap, baru kita buat lubang tanam pada lokasi yang telah kita siapkan diatas. Untuk mempermudah penggalian gunakan alat seperti cangkul, ukuran lubang tanam berkisar 50x50x50cm. Tanah bekas galian bisa kita campurkan kompos/pupuk kandang yang telah difermentasi + sekam untuk media penutup lubang nanti.

4. Mengistirahatkan Lahan

Setelah penggalian selesai, jangan langsung dilakukan proses penanaman. Lubang tanam perlu diistirahatkan selama 2-3 hari dan biarkan tersinari matahai agar bakteri jahat pada tanah mati.

5. Mulai Menanam

Langkah berikutnya, adalah proses penanam bibit durian pelangi. Bagian perakaran diletakan pada lubang tanam, namun untuk bibit yang didapat dari toko bibit biasanya bibit sudah tertanam dalam media polybag, sobek terlebih dahulu plastik polybag dan jangan sampai perakarannya putus, kemudian letakan bibit pada lubang tanam. Dalam proses penanaman bibit yang diletakan harus tegak lurus jangan sampai miring.

6. Menutup Lubang Tanam

Jika posisi bibit sudah benar, segera tutup dengan media campuran tanah + kompos + sekam yang sudah kita persiapkan sebelumnya, tutup sampai rata. Penutup lubang tanam dipadatkan sedikit agar tanaman tidak mudah roboh.

7. Penyiraman

Langkah penutupan lubang tanam telah selesai, saatnya lakukan penyiraman pertama. Siramlah seluruh tanaman dan media tanam sampai meresap secukupnya dan jangan terlalu becek. Gunakan alat seperti embrat untuk hasil yang merata.

8. Memasang Ajir

Pemasangan ajir memang sangat dianjurkan pada tanaman baru. Ajir berfungsi sebagai penyokong agar tanaman tidak rentan berubah posisi dan roboh oleh gangguan dari lingkungan. Ajir bisa kita buat sendiri dari bambu dengan ukuran panjangnya 1,5 meteran.

9. Pemupukan Rutin

Pemberian nutrisi secara berkala sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman menjadi baik. Asupan nutrisi makro dan mikro yang diserap tanaman durian pelangi, membuat pertumbuhan cepat dan sehat, kebal dari serangan penyakit. Komposisi dalam pemupukan yang kami berikan, bisa dengan cara organik atau kombinasi kimia.

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

Dalam aplikasinya pemupukan ini secara rutin dilakukan 1 bulan sekali.

10. Merangsang Munculnya Bunga/Buah

Sama halnya dengan varietas durian lain, secara umum durian pelangi bisa kita nikmati buahnya sekitar 3-5 tahun setelah tanam. Masa pertumbuhannya kita perlu memberinya hormon perangsang buah. Hormon perangsang buah dapat mempercepat dan memacu tanaman membentuk pembuahan. Gunakan hormon perangsang buah yang sudah teruji kualitasnya seperti POC BMW. Selain tanaman cepat berbuah, hasil buah durian pun lebih padat dan baik. Cara pengaplikasian POC BMW, tinggal kita semprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air. Jika tanaman durian dewasa, aplikasinya bisa dengan mengerik (asal luka) bagian batang utama ukuran 30cm melingkar dengan dosis 1 tutup POC BMW + 1 liter air, kemudian kuaskan POC BMW pada batang yang telah dikerik. Lakukan dengan interval 1 bulan sekali.

11. Perawatan

Selain asupan nutrisi, perawatan lainnya pun sangat menunjang untuk pertumbuhan tanaman buah durian pelangi dan perlu kita dilakukan seperti, rajin menyiramnya 1-2 kali sehari namun tergantung kelembaban pada tanahnya juga, membersihkan gulma yang tumbuh disekitaran tanaman durian.

12. Hama & Penyakit Pada Durian

Serangan hama yang sering mengganggu pertumbuhan tanaman durian seperti penggerek buah, lebah mini, dan ulat penggerek bunga. Hama-hama diatas bisa kita tanggulangi dengan menyemprotkan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Selain hama, tanaman durian pun sering terkena beberapa penyakit seperti phytopthora parasitica & pythium complectens, kanker bercak, jamur upas. Untuk mengatasinya bisa kita terapi dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Demikian langkah-langkah mengenai Cara Menanam Durian Pelangi Di Lahan Perkebunan diatas, semoga dapat membantu sahabat Tani Organik yang akan mengeluti tanaman durian terutama durian pelangi ini. Insyaalloh teknik diatas bisa menghasilkan apa yang kita harapkan. Selamat menanam..

Jangan lupa, lihat referensi kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>