Cara Menanam Cherry Di Lahan Perkebunan

Print Friendly

Cara Menanam Cherry Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik yang budiman, sumber daya alam kita yang sangat mumpuni untuk berbagai macam budidaya tanaman membuat keuntungan terbesar kita dari sektor agrobisnis. Dari itu kita jangan pesimis atau ragu-ragu dalam menggeluti usaha dibidang pertanian. Untuk tema artikel kali ini saya akan membahas tentang cara menanam cherry di lahan perkebunan. Mungkin kita sudah tahu dengan buah cherry ini, bentuk buah cherry yang cantik ini sering digunakan sebagai penghias menu seperti kue dan juice. Tak hanya menjadi penghias makanan dan minuman, buah cherry dapat dikonsumsi langsung seperti buah lain pada umumnya. Rasanya manis, ada juga yang masam bahkan ada juga yang pahit. Jangan salah mengonsumsi cherry ini sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, kandungan yang sangat banyak akan memberi efek baik bagi kesehatan seperti sumber antioksidan yang kuat, anti peradangan, efek melawan kanker dan penuaan, menenangkan syaraf. Dari kelebihan manfaat cherry tersebut, silahkan sahabat Tani Organik tinggal menanamnya. Namun sebelumnya kita lihat cara menanamnya untuk hasil budidaya yang maksimal.

Cara Menanam Cherry Di Lahan Perkebunan
Cara Menanam Cherry Di Lahan Perkebunan

1. Memilih Bibit Cherry yang Berkualitas

Untuk pembibitan cherry bisa kita perbanyak dengan biji yang sudah tua, kemudian biji disemai. Bisa juga dari cangkok dan okulasi, dengan cara ini tanaman akan sama dengan induknya dan cepat tumbuh. Jika sahabat tidak ingin repot membibitkannya sahabat bisa membelinya di toko bibit setempat. Dalam membeli bibit jangan asal saja, namun perlu diperhatikan apakah bibitnya berkualitas baik, sehat bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau segar tidak layu dan kuning, batang yang kokoh tidak kecil dan kering, rindang.

2. Memilih Lokasi Penanaman

Tanaman cherry rata-rata tumbuh baik di lokasi dataran tinggi misal pegunungan-pegunungan, namun sekarang banyak varietas cherry yang bisa ditanam didataran rendah seperti varietas beach cherry. Untuk lokasi yang diharapkan dalam penanaman, perlu dilihat dari beberapa faktor yakni bersih dari gulma-gulma yang tumbuh di area bakal tanam, area tidak terlalu sempit, tanah cukup gembur dan kaya dengan unsur hara, lokasi tanam jangan ternaungi, harus mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

3. Membuat Lubang Tanam

Setelah bibit dan lokasi sudah siap, saatnya membuat lubang penanaman. Lakukan penggalian dengan ukuran 50x50x50cm, gunakan cangkul untuk mempermudah proses penggalian. Tanah bekas galian bisa kita manfaatkan untuk media penutup lubang penanaman, namun sebelumnya kita campurkan terlebih dahulu kompos/pupuk kandang yang terfermentasi + sekam supaya media kaya akan nutrisi baik bagi tanaman baru.

4. Mengistirahatkan Lahan

Kita istirahatkan dahulu lubang tanam yang baru kita buat selama 2-3 harian, biarkan tersinari matahari full. Tujuan dari pengistirahatan ini supaya bakteri pembawa penyakit tanaman bisa teratasi.

5. Mulai Menanam

Selesai mengistirahatkan lahan, penanaman pun bisa kita lakukan. Kita tinggal letakan pangkal bibitnya pada lubang tanam, jika bibit masih terdapat pada polybag, tinggal sobek plastik polybag terlebih dahulu, namun jangan sampai balutan perakarannya putus. Bibit harus kita posisikan tegak lurus jangan sampai miring.

6. Menutup Lubang Tanam

Posisi bibit yang tegak lurus, segera kita tutup dengan media campuran tanah + kompos + sekam yang telah kita persiapkan sebelumnya, tutup sampai merata. Supaya tanaman tidak mudah roboh, penutup lubang tanam dipadatkan sedikit bisa diinjak-injak, namun jangan terlalu padat yang akan menghambat perkembangan akar tanaman cherry.

7. Penyiraman

Setelah penanaman sudah selesai, tahap berikutnya kita tinggal lakukan penyiraman pertama. Siramlah secara menyeluruh pada tanaman dan media tanamnya hingga meresap, lakukan secukupnya. Gunakan alat seperti embrat untuk hasil penyiraman yang maksimal.

8. Memasang Ajir

Gangguan sering sekali melanda tanaman baru kita roboh atau patah, bisa diakibatkan dari cuaca buruk atau gangguan lingkungan lainnya. Pemasangan ajir memang sangat dianjurkan untuk memperkokoh tanaman baru agar tidak mudah roboh. Ajir bisa kita buat dari bambu ukuran panjangnya kisaran 1,5 meteran.

9. Pemupukan Rutin

Tanaman cherry akan tumbuh baik ketika suplay tanaman tercukupi secara berkala. Nutrisi makro dan mikro yang diserap tanaman cherry akan membuat pertumbuhan menjadi cepat dan sehat, disamping itu juga tanaman akan kebal terhadap serangan penyakit. Berikut komposisi pemupukan rutin yang akan kami berikan, bisa dengan cara organik atau kombinasi kimia. Silahkan sahabat bisa memilih salah satunya.

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

Interval pemupukan ini perlu dilakukan 1 bulan sekali.

10. Merangsang Munculnya Bunga/Buah

Perawatan yang baik dari hasil okulasi, tanaman akan berbuah sekitar 1,5 tahunan. Dianjurkan sekali pertumbuhan cherry diberikan hormon perangsang buah. Hormon perangsang buah akan memacu tanaman membentuk pembuahan lebih cepat, berguna juga untuk melebatkan buah. Rekomendasi hormon perangsang buah yang dapat kita gunakan yaitu POC BMW. Tak hanya tanaman cepat berbuah, namun hasil buahnya pun lebih padat dan berkualitas. Aplikasi POC BMW dengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air, intervalnya 1 bulan sekali.

11. Pemeliharaan

Pertumbuhan optimal tidak tergantung pada asupan nutrisi saja, namun perawatan dari luar pun perlu kita lakukan, seperti rajin menyiram 1-2 kali sehari pada tanaman baru namun tergantung pada sikon media tanamnya, rajin membersihkan area tanam dari tumbuhnya rumput-rumput pengganggu, dan melakukan pemangkasan. Jika tanaman diserang beberapa hama bisa kita tanggulangi dengan mengaplikasikan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan. Selain hama, tanaman bisa terjangkit penyakit tanaman, maka kita perlu terapi dengan mengaplikasikan fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan.

Berikut pemaparan diatas mengenai Cara Menanam Cherry Di Lahan Perkebunan, buah yang cantik dan kaya guna seperti buah cherry ini sangat cocok untuk kita budidayakan. Langkah-langkah menanam diatas, bisa sahabat praktekan sendiri, Insyaalloh langkah yang benar tanaman pun akan tumbuh sesuai apa yang kita harapkan. Selamat mencoba..

Jangan lupa, lihat referensi artikel kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH