Cara Menanam Buah Naga Di Lahan Perkebunan

Print Friendly

Cara Menanam Buah Naga Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik setanah air, salah satu faktor keberhasilan dalam berkebun adalah memahami teknik penanaman sampai perawatan dan juga mengetahui tanaman yang cocok dibudidayakan di lokasi sahabat. Dari itu sebelum kelapangan alangkah baiknya sahabat memahami teknik dan latar belakang tanaman itu sendiri. Seperti yang akan saya ulas kali ini yaitu tentang cara menanam buah naga di lahan perkebunan. Tanaman buah naga tergolong tanaman dari jenis kaktus. Buah naga yang sangat istimewa dan kaya manfaat ini berasal dari wilayah Mexico.

Awalnya dibudidayakan untuk tanaman penghias pekarangan rumah, namun buahnya yang manis menjadi banyak dibudidayakan hingga mewabah ke penjuru dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia tanaman ini terkenal masih baru yaitu sekitar tahun 2000an, sebab itu buah yang memiliki rasa manis istimewa ini cukup tergolong mahal dipasaran. Khasiatnya pun tidak main-main untuk kesehatan tubuh seperti mencegah sakit jantung, untuk kesehatan gigi dan tulang, menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol jahat, menjaga dari potensi kanker dan sejenisnya. Sangat disyukuri buah naga ini sangat cocok dibudidayakan di iklim Indonesia. Harga yang cukup tinggi bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Dari itu saya akan memberikan langkah-langkah menanamnya agar tanaman bisa tumbuh secara optimal. Silahkan disimak..

Cara Menanam Buah Naga Di Lahan Perkebunan
                         Cara Menanam Buah Naga Di Lahan Perkebunan

1. Memilih Bibit Buah Naga

Terlebih dahulu kita perlu membibitkannya terlebih dahulu bisa dengan metode generatif(biji) atau vegetatif(stek). Namun para petani biasanya membibitkan dengan cara vegetatif karena lebih mudah dan cepat berbuah. Jika sahabat ingin yang praktis, sahabat tinggal membeli bibit buah naga yang siap tanam di toko bibit setempat. Pemilihan bibit harus dilakukan yaitu pastikan bibit sehat tidak terserang hama dan penyakit, memiliki batang yang kokoh, berwarna hijau tua serta ujungnya utuh dan lancip.

2. Lokasi Penanaman

Tumbuhan buah naga akan tumbuh optimal pada daerah dengan ketinggian 0-350 m dpl dengan curah hujan 720mm per tahun. Suhu yang ideal yaitu berkisar 26-36ºC. Area penanaman yang diharapkan budidaya buah naga yaitu bersih dari rumput yang tumbuh disekitaran tanaman, tanah yang subur kaya dengan nutrisi, dan tersinari matahari langsung.

3. Membuat Tiang Panjat

Pertama yang perlu disiapkan adalah membuat tiang panjat. Memasang tiang panjat sebagai rambatan buah naga nantinya, dengan tinggi 1,5 – 2 meter, dapat mengguanakan beton maupun kayu yang keras dan bagian atasnya dibuatkan penopang berupa batang kayu atau besi dibentuk lingkaran seperti setir mobil, bisa juga dengan bekas ban motor. Tiang panjat di buat berbaris dengan tiang yang lainnya dengan jarak tiang 2,5 meter persatu baris sedangkan jarak antar baris kisaran 3 meteran.

4. Membuat Lubang Tanam

Setelah tiang panjat dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam di sekitaran tiang panjat. Untuk 1 tiang panjat dibuat 4 lubang tanam disekeliling tiang panjat untuk nanti ditanami 4 bibit buah naga. Buat lubang tanam dengan ukuran 60×60 cm untuk kedalamannya 25 cm. Tanah bekas galian dicampurkan dengan dolomit + kompos/pupuk kandang yang sudah terfermentasi + sekam untuk penutupan lubang tanam.

5. Mengistirahatkan Lubang Tanam

Jika selesai membuat lubang tanam, jangan langsung proses penanaman. Lubang tanam harus diistirahatkan terlebih dahulu dan biarkan tersinari matahari kurang lebih 2-3 harian. Hal ini bertujuan bakteri jahat yang terdapat dalam lubang tanam bisa mati.

6. Mulai Menanam

Lubang tanam yang telah diistirahatkan, baru ke tahap ke proses penanaman bibit buah naga. Letakan pangkal bibit kedalam lubang tanam. Jika bibit didapat dari toko bibit biasanya bibit sudah tertanam dalam media polybag, sobek plastik polybagnya jangan sampai medianya terputus-putus karena akan mengganggu perkembangan akarnya.

7. Menutup Lubang Tanam

Pangkal bibit yang sudah diletakkan di lubang tanam segera tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam yang telah disiapkan sebelumnya. Media penutup yang kaya dengan nutrisi membuat tanaman buah naga mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tutup lubang sampai rata, padatkan sedikit agar bibit tidak mudah roboh. Jika ke 4 tanaman sudah ditanam, Ikat batang bibit tanaman tersebut sampai menempel tiang panjat.

8. Melakukan Penyiraman

Apabila penutupan lubang tanam telah selesai, kita bisa langsung melakukan penyiraman pertama. Penyiraman dilakukan pada tanaman dan juga media tanamnya, sampai benar-benar meresap namun jangan sampai terlalu becek. Penyiraman bisa dengan bantuan alat seperti embrat untuk hasil yang maksimal.

9. Pemupukan Rutin

Tanaman buah naga sangat membutuhkan nutrisi untuk tumbuhnya. Tanaman baru akan mudah beradaptasi jika sumber nutrisi dalam tanah terus ada. Tak hanya itu, tanaman akan tumbuh secara cepat dan sehat. Sahabat bisa gunakan komposisi pemupukan rutin yang saya berikan, bisa memilih salah satunya :

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW

Lakukan pemupukan ini rutin dalam interval 1 bulan sekali.

10. Memacu Pembuahan

Tanaman buah naga dapat berbuah pada usia tanaman 1-2 tahunan. Maka dalam pertumbuhannya perlu kita aplikasikan hormon perangsang buah untuk memacu pembuahan secara cepat. Tak hanya cepat buah, buah naga yang dihasilkan juga kualitasnya baik. Hormon perangsang yang kami sarankan yaitu POC BMW. Cara aplikasi POC BMW, kita bisa semprotkan ke tanaman 1 bulan sekali, dosis 3 tutup POC BMW + 15 liter air.

11. Perawatan Lain

Tidak hanya pemupukan perawatan lain pun perlu kita lakukan seperti rajin menyiram 3 kali sehari pada musim kering atau sesuaikan dengan kondisi tanah, membersihkan rumput-rumput yang tumbuh disekitar tanaman, lakukan pemangkasan untuk membentuk batang pokok, pemangkasan membentuk cabang produksi dan pemangkasan peremajaan.

12. Hama dan Penyakit Tanaman Buah Naga

Berikut hama yang sering mengganggu tanaman buah naga yaitu tungau, kutu kebul, kutu sisik, kutu batok, bekicot, semut, burung. Pengendalian dari hama-hama diatas bisa dengan menyemprotkan  Insektisida hayati ANTILAT 4-5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Selain hama, penyakit tanaman pun kerap menyerang buah naga seperti busuk pangkal batang, busuk bakteri, fusarium. Penanggulangannya dengan fungisida hayati NOPATEK dengan dosis 1 tutup NOPATEK + 2 liter air diaduk dan dikocorkan 1 gelas per pohon pada tanaman yang terserang penyakit.

Sekian penjelasan diatas mengenai Cara Menanam Buah Naga Di Lahan Perkebunan, semoga dapat menjadi referensi bagi sahabat Tani Organik semua untuk panduan budidaya buah naga. Terus perbanyak penanamannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih melimpah. Selamat menanam..

Jangan lupa, lihat juga artikel kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH