Cara Menanam Bisbul Di Lahan Perkebunan

18 February, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Menanam Bisbul Di Lahan Perkebunan – Halo sahabat Tani Organik yang hobi berkebun, semoga selalu subur dengan tanamannya ya 🙂 . Kesempatan kali ini saya akan megulas tentang tentang cara menanam bisbul di lahan pertanian. Tanaman buah bisbul untuk sebagian orang memang terdengar awam, namun kali ini saya akan memperkenalkan lebih rinci dari manfaat sampai cara menanamnya. Buah bisbul merupakan saudara dari buah kesemek, sering disebut juga buah mentega. Awalnya bisbul tumbuh liar di hutan-hutan Filipina, namun sekarang merambah ke berbagai negara termasuk indonesia dan bisa dibudidayakan di pekarangan.

Buah bisbul memiliki bentuk bulat gepeng ukuran berkisar 5-12 x 8-10 cm berbulu halus seperti beludru, rasanya sangat manis dan beraroma harum. Buah yang sudah matang bisa di konsumsi langsung, atau dicampur dengan buah lain dijadikan rujak. Selain rasanya manis dan beraroma harum, ternyata buah bisbul ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata, dan mencegah sembelit. Jika sahabat Tani Organik berminat untuk menanam tanaman bisbul ini, bisa di baca terlebih dahulu cara menanam yang baik dan benar supaya tanaman tumbuh dengan optimal. Mari kita simak tatacaranya dibawah.

Cara Menanam Bisbul Di Lahan Perkebunan

Cara Menanam Bisbul Di Lahan Perkebunan

1.Memilih Bibit Bisbul yang Berkualitas

Pertama-tama kita siapkan dulu bibit bisbul yang akan kita tanam. Bibit bisa dihasilkan dari biji, namun dengan cara ini pertumbuhannya pasti lambat untuk sampai berbuah dibutuhkan waktu 7-10 tahun. Agar cepat berbuah bibit bisa dihasilkan dari okulasi atau dari cangkok. Jika tidak ingin ribet sahabat Tani Organik dapat membelinya di toko bibit buah-buahan. Bibit yang dipilih harus lah baik kualitasnya seperti memilih bibit yang sehat segar bebas dari hama penyakit tanaman, berdaun hijau segar tidak kuning dan layu, batang yang kokoh tidak kecil dan kering, mempunyai dahan rindang.

2.Memilih Lokasi Penanaman

Tanaman bisbul menghendaki lokasi didataran rendah sampai 800m dpl bersuhu panas berkisar 30-35c. Tidak hanya itu media tanam harus menghendaki kriteria seperti bersih dari rumput-rumput liar, area tidak sempit, tanah cukup gembur dan kaya dengan unsur hara, lokasi tanam jangan ternaungi, harus mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

3.Membuat lubang tanam

Langkah yang ketiga kita membuat lubang penanaman bibit bisbul. Penggalian lubang dilakukan dengan menggunakan cangkul dengan ukuran 50x50x50cm. Disamping itu siapkan tanah+kompos+sekam diaduk sampai tercampur untuk menutup lubang tanam setelah bibit diletakan dilubang tanam, supaya media tanam kaya akan nutrisi bagi tanaman bisbul.

4.Mengistirahatkan Lahan

Lubang tanam didiamkan selama 1 minggu, tujuan menghilangkan gas-gas beracun yang ada pada lubang tanam. Tak hanya itu campuran tanah+kompos+sekam yang sudah disiapkan diistirahatkan juga dengan menjemurnya dibawah sinar matahari agar campuran media terhindar dari bakteri pembawa penyakit pada tanaman bisbul.

5.Mulai Menanam

Tiba saatnya kita tanam bibit bisbul yang telah kita siapkan. Jika bibit didapatkan dari toko bibit, biasanya telah tertanam dalam polybag. Sobeklah media plastik polybag dengan hati-hati jangan sampai perakaran putus, dan letakan pada lubang tanam yang telah disediakan. Posisi bibit harus tegak lurus jangan sampai posisi miring.

6.Menutup Lubang Tanam

Selanjutnya bibit yang sudah diletakan dilubang tanam, segera tutup dengan campuran tanah+kompos+sekam yang sudah kita siapkan tadi. Agar bibit kokoh, media penutup kita padatkan sedikit bisa dengan menginjak-injak jangan terlalu keras dan terlalu padat, sebab akan menghambat akar tanaman untuk berkembang.

7.Penyiraman

Apabila penanaman telah selesai, kita lakukan penyiraman pertama pada tanaman bisbul. Siram seluruh tanaman bisbul serta media tanamnya hingga benar-benar meresap, namun jangan terlalu banyak hingga becek. Penyiraman bisa dengan menggunakan embrat untuk hasil yang merata.

8.Memasang Ajir

Memasang ajir memang dianjurkan, ajir berguna untuk menopang bibit yang baru ditanam agar terhindar dari posisi tanaman menjadi miring atau roboh yang bisa diakibatkan dari terpaan angin yang kencang atau gangguan hewan. Biasanya ajir terbuat dari bambu dengan ukuran 1,5 meter.

9.Pemupukan Rutin

Pemupukan secara rutin merupakan kunci utama untuk menghasilkan tanaman tumbuh optimal. Asupan nutrisi yang tercukupi menjadikan tanaman tumbuh subur. Tak hanya tumbuh dengan subur, menjadikan tanaman menjadi kebal dari serangan penyakit. Beberapa cara pemupukan rutin yang akan saya berikan, ada 2 versi bisa dengan cara organik atau kombinasi kimia.

  • Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  • Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW

Pemupukan rutin bisa dilakukan 1 bulan sekali.

10.Merangsang Tumbuhnya Bunga/Buah

Secara umum tanaman bisbul dari hasil okulasi bisa kita petik buahnya ketika berumur 3 tahunan. Untuk mempercepat munculnya buah bisbul dan kualitas buah yang baik, aplikasikan juga hormon perangsang buah. Hormon perangsang buah, batang dan daun kita rekomendasikan memakai POC BMW. POC BMW dapat memacu pertumbuhan bunga/buah pada tanaman bisbul menjadi lebih cepat. Pengaplikasian POC BMW dengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air, intervalnya 7-10 hari sekali.

11.Perawatan

Selain memberi pemupukan secara rutin, perawatan lainnya perlu dilakukan diantaranya penyiraman 1-2 kali sehari tetapi tergantung dengan kelembaban media tanamnya, jika ada rumput-rumput yang tumbuh disekitaran tanaman harus dibersihkan, untuk memendekan tanaman bisa dilakukan pemangkasan. Apabila terdapat hama penyakit penanggulangannya bisa dengan aplikasikan dengan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan. Begitupun dengan penyakit tanaman, bisa dengan mengaplikasikan fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan.

Itulah ulasan mengenai Cara Menanam Bisbul Di Lahan Perkebunan, Dari ulasan tatacara menanam buah bisbul semoga dapat bermanfaat bagi referensi sahabat Tani Organik yang ingin menanam tanaman buah bisbul. Sukses selalu..

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>