Cara Efektif Mengatasi Virus Kuning/Gemini pada Cabe Rawit (Bpk Supriyono, Kebumen, 2015)

10 September, 2015 KesaksianTeknik Budidaya  Komentar

Cara Efektif Mengatasi Virus Kuning/Gemini pada Cabe Rawit (Bpk Supriyono, Kebumen, 2015) – Halo, sahabat taniorganik, artikel kali ini kita akan membahas tentang virus/gemini pada tanaman cabe yang merugikan petani-petani di muka bumi ini. Banyak para petani yang mengeluh akibat serangan virus kuning/gemini ini. Bagaimana tidak dampak dari virus kuning/gemini ini menyebabkan kerugian penurunan pendapatan produksi cabe petani. Perlu segera adanya solusi untuk mengatasi virus kuning/gemini ini agar para petani tidak merugi dalam pendapatan produksi cabe.

Virus kuning/gemini pada tanaman cabe memang penyakit tanaman cabe yang sangat sulit diatasi, namun untuk mengatasi virus kuning/gemini ini perlu kesabaran dalam penanganan yang intensif. Penyakit virus kuning/gemini termasuk ganas, cepat menyebar dan sangat sulit dikendalikan, antara lain karena mudah ditularkan oleh serangga vektor kutu kebul (Bemicia tabaci). Oleh karena itu apabila tidak dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi virus kuning/gemini ini, dikhawatirkan menjadi ancaman serius terhadap penurunan produksi cabe.

Gejala Virus Kuning/Gemini

Tanaman yang terserang virus kuning memiliki ciri daun menggulung, mengecil dan berwarna kuning, produksi buah menurun bahkan tidak berbuah, bila serangan sejak tanaman belum berbunga. Serangan virus pada tanaman cabe menunjukkan gejala bercak kuning di atas permukaan daun, dan perlahan bercak itu meluas hingga seluruh permukaan daun menguning. Bentuk daun menjadi kecil dari ukuran normal, melengkung dan kaku. Pada serangan berat, hamparan cabe bisa berubah menjadi kuning, lalu daun akan rontok. Jika sahabat taniorganik menemukan gejala seperti diatas pada tanaman cabenya, dapat segera aplikasikan cara untuk mengatasi virus kuning/gemini ini yang akan dijelaskan berikut.

Penularan dan Penyebab

Virus kuning/gemini ditularkan oleh kutu kebul Bemisia tabaci atau Bemisia argentifolia. Kutu kebul dewasa yang mengandung virus dapat menularkan virus selama hidupnya pada waktu dia makan pada tanaman sehat. Satu kutu kebul cukup untuk menularkan virus kuning/gemini. Efisiensi penularan meningkat dengan bertambahnya jumlah serangga per tanaman. Sifat kutu kebul yang mampu makan pada banyak jenis tanaman (polifagus) menyebabkan virus ini menyebar dan menular lebih luas berbagai jenis tanaman. Selain itu, virus kuning/gemini memiliki tanaman inang yang luas dari berbagai tanaman seperti: ageratum, kacang buncis, kedelai, tomat, tembakau, dll. Perlu adanya tindakan yang cepat dalam pencegahan atau mengatasi virus kuning/gemini ini supaya penularan virus tidak cepat merambat.

Beberapa cara pengendalian virus kuning/gemini

Kultur teknik pengendalian virus kuning/gemini dan vektornya meliputi :

a. Perlakuan persemaian.

Perlakuan persemaian untuk tanaman cabe dapat mengatasi virus kuning/gemini berkembang pada pertumbuhan tanaman cabe.

  • Penggunaan benih sehat dan bukan berasal dari daerah terserang. Hal ini merupakan tips mengatasi virus kuning/gemini agar tidak tumbuh pada tanaman cabe.
  • Menanam varietas yang agak tahan terhadap penyakit (karena tidak ada yang tahan) misalnya cabe Kopay Sumbar dan cabe keriting Bukit Tinggi. Varietas yang kuat akan penyakit menjadi solusi mengatasi virus kuning/gemini agar nantinya tidak menjamur.
  • Perendaman benih (dengan air bersuhu 50 C, selama 1 jam) juga membantu solusi mengatasi virus kuning/gemini tumbuh pada cabe.
  • Menutup/mengerodongi persemaian sejak benih disebar untuk pencegahan masuknya vektor virus dengan menggunakan kasa/kelambu halus yang tembus sinar matahari.

b.  Penyiraman tanaman cabe pada umur 1 MST (sebelum pindah tanam) dengan PGPR 20 cc / l air, dan dilanjutkan pada umur 20 HST dan 40 HST dengan konsentrasi 20 cc / l air dengan volume penyiraman 100 ml/tanaman, bersamaan pemupukan susulan. penyiraman juga sebagai bentuk langkah mengatasi virus kuning/gemini berkembang.

c. Penggunaan mulsa plastik.

  • Menekan gulma inang virus : penggunaan mulsa dapat menekan gulma inang virus berkembang dapat mengatasi virus kuning/gemini tumbuh pada pertumbuhan tanaman cabe.
  • Menekan populasi vektornya : mulsa plastik juga dapat menekan populasi vektor (hama penular) berkembang sehingga bisa mengatasi virus kuning/gemini berkembang juga.
  • Menunda perkembangan virus : perkembangan virus  dapat ditunda dengan penggunaan mulsa plastik untuk mengatasi virus kuning/gemini dalam pertumbuhan tanaman cabe.

d. Sanitasi lahan misalkan pencabutan gulma dan pencabutan tanaman sakit. Hal ini juga cara untuk mengatasi virus kuning/gemini berkembang.

e. Penanaman border (tanaman pembatas) jagung 5-6 baris. Dengan adanya tanaman pembatas seperti jagung dapat mengatasi virus kuning/gemini berkembang pada tanaman cabe.

f. Pemasangan perangkap likat kuning sebanyak 40 lembar/ha secara serentak di pertanaman, digantung/dijepit pada kayu/bambu setinggi 30 cm di atas tajuk daun, hal ini sebagai bentuk mengatasi virus kuning/gemini tumbuh yakni dapat mengurangi populasi vector.

g. Menjaga keberadaan parasit nympha, Encarsia formosa dan predator Monochilus siegmaculatus, dengan tidak menggunakan pestisida kimia sintetik secara tidak selektif, merupakan hal untuk mengatasi virus kuning/gemini tumbuh.

h. Rotasi tanaman dengan tanaman selain cabe dan bukan inang virus, terutama bukan dari famili Solanaceae (contoh : kentang, tembakau), dan famili Cucurbitaceae(contoh: mentimun, melon). Rotasi tanaman dilakukan dalam hamparan, tidak perorangan, serentak setiap satu musim tanam dan seluas mungkin. Dengan rotasi tanaman ini dapat mencegah atau mengatasi virus kuning/gemini tumbuh dan berkembang pada tanaman.

i. Pemberian pupuk kandang/kompos minimal 20 ton/ha dapat membantu mengatasi virus kuning/gemini tumbuh pada tanaman.

Terus bagaimana untuk mengatasi virus kuning/gemini pada tanaman cabe yang telah merambah? berikut ini kami tampilkan contoh tanaman cabe mitra kami yang terkena virus kuning/gemini dan cara efektif mengatasi virus kuning/gemini pada cabe rawitnya (Bpk Supriyono, Kebumen, 2015), mari kita simak.

Artikel yang lalu, kita sudah membahas tentang Melebatkan Cabai Rawit yang Tengah Digerogoti Virus Gemini Mematikan (Bpk Supriyono, Kebumen, 2015). Pak Supriyono ini berasal dari Mirit, Kebumen, merupakan pelanggan setia kami. Tercatat sudah 6 kali musim tanam menggunakan produk-produk Bumi Makmur Walatra. Cabe rawit ini ditanam bulan Desember 2014. Pemupukan awal NPK 5kg + Kocor BMW 6 bungkus, sampai 3 kali. Pemupukan susulan: Urea 3 kali (di pertumbuhan awal) menghabiskan 50kg untuk 6000 pohon.

KONDISI AWAL (UMUR 2,5 BULAN)

Tanaman cabe banyak diserang virus kuning/gemini membuat khawatir pak Supriyono dan harus bagaimana mengatasi virus kuning/gemini tersebut.

Kondisi awal sebelum diterapi POC BMW

Kondisi awal sebelum diterapi POC BMW

KONDISI SAAT INI (UMUR 8 BULAN)

Tanaman cabe alhamdulillah telah pulih dari serangan virus kuning/gemini. Cara mengatasi virus kuning/gemini ini adalah dengan penyemprotan POC BMW dengan dosis tinggi (2x lipat) dari anjuran normal kami. Dilakukan 10 hari sekali (tetapi sesuai kebutuhan). Satu botol untuk 6 tangki 17 liter. Dan alhamdulillah cara mengatasi virus kuning/gemini manjur.

Kondisi sesudah terapi POC BMW, Virus kuning mulai teratasi dan buah cabai lebat

Selain virus nyingkir tak berkutik, tanaman cabe pun menjadi berbuah lebat, seperti kita saksikan di foto. Mohon maaf kualitas fotonya buram karena kiriman dari pemiliknya memang seperti itu :). Mengatasi virus kuning/gemini yang Pak Supriyono lakukan ini cukup menggunakan POC BMW saja.

POC BMW di pertanian cabai pak Supriyono

POC BMW di pertanian cabai pak Supriyono

POC BMW bukan saja berguna untuk pemupukan tanaman tetapi juga dapat mencegah perkembangan penyakit, salah satunya dalam mengatasi virus kuning/gemini pada tanaman cabe.

Saking lebatnya, perlu beberapa orang yang membantu proses pemanenan

Saking lebatnya, perlu beberapa orang yang membantu proses pemanenan

Dengan semangatnya, Pak Supriyono pun mendapatkan ilmu dari pengalamannya bagaimana mengatasi virus kuning/gemini pada tanaman cabe rawitnya.

Kini virus kuning yang ada pada tanaman cabai pak suproyono teratasi

Kini virus kuning yang ada pada tanaman cabai pak suproyono teratasi

Cara mengatasi virus kuning/gemini yang Pak Supriyono lakukan, tidak hanya untuk mengatasi virus kuning/gemini pada tanaman cabe rawit saja tetapi juga bisa diaplikasikan pada varietas dan tanaman lainya.

Berikut foto diatas Pak Supriyono bersama tanaman cabe rawitnya yang tidak lagi terkena virus kuning/gemini.

Ekspresi kegembiraan pak Supriyono berselfie dengan POC BMW di perkebunan cabai rawitnya :)

Ekspresi kegembiraan pak Supriyono berselfie dengan POC BMW di perkebunan cabai rawitnya 🙂

Ekspresi bahagia pak supriyono yang telah sukses mengatasi virus kuning/gemini pada tanaman cabe rawitnya hanya dengan 1 peluru saja yakni POC BMW 🙂

Tak hanya hormon pemacu munculnya buah, ternyata POC BMW juga dapat mengatasi penyakit tanaman. :)

Tak hanya hormon pemacu munculnya buah, ternyata POC BMW juga dapat mengatasi penyakit tanaman. 🙂

Untuk mengatasi virus kuning/gemini ini juga dapat dilakukan pencegahaan dengan membasmi vektornya (hewan pembawa virus/penular). Beberapa diantaranya adalah kutu kebul, trhips, tungau dan kutu daun. Hama jenis kutu-kutuan bisa dikendalikan dengan pestisida hayati seperti ANTILAT.

Itulah tips sederhana dan murah meriah yang dilakukan bapak Supriyono dalam mengatasi virus kuning/gemini pada cabe rawitnya. Silakan rekan-rekan dicoba jika memang tanamannya terserang virus gemini/virus kuning. Semoga berhasil!

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>