Cara Cepat Mengatasi Layu Dan Keriting Daun Pada Tanaman Cabai (Bpk Nugroho Winsubroto, Kebumen, 2016 )

Cara Cepat Mengatasi Layu Dan Keriting Daun Pada Tanaman Cabai (Bpk Nugroho Winsubroto, Kebumen, 2016 ) – Halo sahabat Tani Organik setanah air, teruslah tekuni bertaninya agar hasilnya pun optimal. Khusus untuk komoditas petani cabai perlu super intensif melakukan perawatan dimusim hujan ini cukup rentan terserangnya hama dan penyakit. Seperti kasus tanaman cabai mitra kami Pak Nurgoho yang berada di Kebumen, Jawa Timur. Beliau merupakan petani cabai rawit yang sudah lama beliau tekuni. Saat ini beliau sedang menggarap 2 perkebunan cabai miliknya. Berbagai kendala pada pertumbuhan cabainya sering beliau temui, dan saat ini perkebunan cabai yang satu terserang penyakit layu dan keriting daun. Penyebabnya bisa dari kondisi cuaca dari musim penghujan membuat ketahanan tumbuh menjadi lemas sehingga hama dengan mudah menyerang. Umur tanaman pak Nugroho sekitar 6 mingguan. Kemudian beliau aplikasikan produk BMW, singkat waktu sekitar 1 minggu tanaman cabai pun Alhamdulillah menunjukan perkembangan baik. Daun mulai segar kembali, berikut kita simak kesaksian perlakuannya.

Tanaman cabai layu dan keriting daun sebelum diterapi produk BMW
Tanaman cabai layu dan keriting daun sebelum diterapi produk BMW

Berikut gambar tanaman cabai pak Nugroho yang konsdisi saat ini layu dan keriting daun. Pak Nugroho cukup mengaplikasikan produk BMW dan 1 minggu kemudian mengalami perubahan yang positif. Dosis yang berikan yaitu 3 tutup POC BMW + 3 tutup ANTILAT + 3 tutup NOPATEK + air 16 liter dengan interval 4 hari sekali. Seminggu kemudian layu dan keriting daun mulai segar kembali.

Tanaman cabai layu dan keriting daun sebelum diterapi produk BMW
Tanaman cabai layu dan keriting daun sebelum diterapi produk BMW

Beberapa penyebab tanaman cabai terkena kriting daun :

  • Hama Thrips. menyerang dan menghisap cairan tanaman pada daun muda dan bunga.
  • Hama tungau. sama halnya dengan thrips, hama tungau juga menghisap cairan pada daun. Jika penggulung daun dibuka akan terlihat hama kecil lembut(seperti tepung).
  • Hama kutu kebul. Hama kutu kebul juga bisa membuat kriting pada daun.
  • Virus. hama thrips dan kutu kebul yang menjadi pembawa virus dari yang terjangkit pada tanaman yang sehat.
Percakapan kami dengan Pak Nugroho di Kebumen
Percakapan kami dengan Pak Nugroho di Kebumen

Beberapa percakapan pun antara kami dan pak Nugroho tentang perkembangan tanaman cabainya. Alhamdulillah hasil yang baik membuat kami pun ikut gembira mendengarnya.

Gambar diatas merupakan keadaan tanaman cabai sekarang setelah Pak Nugroho aplikasikan produk BMW. Tanaman cabai saat ini terlihat rindang dengan buah cabai yang lebat. Daunnya pun sehat kembali tidak ada lagi yang layu maupun kriting.

Layu dan kriting daun memang masalah yang sering dihadapi para petani cabai. Untuk pemulihannya banyak yang memerlukan waktu yang lama bahkan bisa tidak terselamatkan. Hasil cepat dalam mengatasi layu dan kriting daun pada cabai milik pak Nugroho diatas bisa menjadi referensi bagi komoditas petani cabai untuk tetap menjaga kualitas dan kualitas tanamannya. Sekian ulasan kita hari ini, semoga hasil kebun kita semakin melimpah dan permasalahan-permasalahan bisa kita atasi dengan mudah. Salam Tani Organik..

Jangan lupa, lihat juga referensi artikel kami lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *