Cara Budidaya Kacang Tanah Di Lahan Pertanian

16 October, 2013 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Budidaya Kacang Tanah Di Lahan Pertanian – Halo sahabat Tani Organik se tanah air, bulan Oktober ini adalah bulan bangkitnya semangat para pemuda Indonesia, berjuang demi kesejahteraan negara indonesia. Semoga dibulan ini dan seterusnya semangat kita terus membara demi terus menyuburkan dan memakmurkan negeri tercinta ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara budidaya kacang tanah di lahan pertanian. Permintaan kacang tanah di Indonesia masih sangat tinggi, ini bisa menjadi peluang baik untuk sahabat Tani Organik yang ingin budidaya kacang tanah. Sebelum sahabat Tani Organik, memulai budidaya kacang tanah, artikel ini bisa menjadi panduan budidaya kacang tanah, dan Insyaalloh hasil panen pun maksimal. Simak penjelasannya dibawah ini..

Tanaman kacang tanah yang sering dibudidayakan di Indonesia ini berasal dari benua Amerika. Pertama kali masuknya ke Indonesia diperkirakan dibawa oleh para pedagang dari spanyol, pada waktu pelayarannya dari Mexico ke Maluku setelah tabun 1597. Pada tahun 1863, kacang tanah ini masuk ke indonesia dari Inggris dan pada tahun 1864 pula kacang tanah masuk dari Mesir.

Cara Budidaya Kacang Tanah Di Lahan Pertanian

Cara Budidaya Kacang Tanah Di Lahan Pertanian

Syarat Tumbuh Budidaya Kacang Tanah

Iklim untuk Budiaya Kacang Tanah

Iklim untuk budidaya kacang tanah baik mempunyai curah hujan antara 800-1.300 mm/tahun. Akibat dari hujan yang terlalu deras, bunga sulit untuk diserbuki oleh serangga, juga tingkat kelembaban akan naik di sekitar budidaya kacang tanah. Suhu udara yang baik berkisar antara 28-320C. Jika suhu udara di bawah 100 0C, berakibat pada terhambatnya pertumbuhan tanaman kacang tanah, bahkan menjadi kerdil. Untuk budidaya kacang tanah juga harus memiliki kelembaban udara berkisar 65-75 %. Dibutuhkan penyinaran matahari penuh, terutama untuk kesuburan daun dan perkembangan kacang tanah.

Media Tanam untuk Budidaya Kacang Tanah

Untuk jenis tanah baik untuk pertumbuhana budidaya kacang tanah adalah tanah gembur atau bertekstur ringan dan subur dengan pH tanah antara 6,0-6,5. Akibat dari kekurangan air dapat menyebabkan tanaman kacang tanah jadi kurus, kerdil, layu dan akhirnya mati. Drainase dan aerasi yang baik, lahan jangan juga terlalu becek dan kering baik untuk pertumbuhan budidaya kacang tanah.

Ketinggian Tempat untuk Budidaya Kacang Tanah

Ketinggian lokasi budidaya kacang tanah juga perlu di perhatikan. Ketinggian untuk penanaman optimum berkisar 50 – 500 m dpl, tetapi budidaya kacang tanah juga masih bisa dilakukan di bawah ketinggian 1.500 m dpl.

Pembenihan Budidaya Kacang Tanah

Untuk mendapatkan benih kacang tanah dari kacang tanah yang dibiarkan sampai tua, kira-kira 100 hari. Biji kacang tanah yang siap dijadikan benih berwarna kehitaman dan tidak memiliki selaput apabila dibuka pada bagian dalam cangkang. Setelah benih dipanen, lalukan penyortiran dahulu lalu jemur selama 4-5 hari. Agar kualitasnya tetap terjaga, sebaiknya benih kacang disimpan selama 3-6 bulan saja. Sebaiknya cangkang kacang tidak dikupas selama masa penyimpanan. Jika benih akan digunakan, baru cangkang dapat di belah. Benih yang paling baik adalah benih yang baru.

Persiapan Lahan Budidaya Kacang Tanah

Sebelum dilakukan penanaman benih, lahan untuk budidaya kacang tanah perlu dipersiapkan dahulu. Pertama-tama, lahan di bersihkan dahulu dari rumput pengganggu atau gulma dan akar-akar tanaman sebelumnya, serta agar memudahkan perakaran tanaman kacang tanah berkembang dan akan menghindarkan dari pertumbuhan inang hama dan penyakit. Kemudian, dibuat bedengan lahan dengan ukuran lebar 80 cm, dan panjang disesuaikan dengan lahan dengan ketebalan pada bedengan 20-30 cm. Apabila tingkat keasaman pada lahan sangat tinggi dapat ditambahkan kabur pertanian dengan dosis + 1 – 2,5 ton/Ha, 1 bulan sebelum penanaman. Lalu bedengan tersebut diberikan pupuk dasar, yang akan dibahas pada poin pemupukan. Setelah itu, lahan siap untuk digunakan.

Penanaman Budidaya Kacang Tanah

Waktu Penanaman Budidaya Kacang Tanah

Untuk waktu penanaman yang paling baik yaitu dilahan tegalan ( kering ) pada awal musim hujan kisaran bulan Oktober sampai Nopember . Dan untuk penanaman dilahan sawah dapat dilakukan pada bulan April hingga Juni ( Palawija I ) atau dibulan Juli hingga September (Palawija II ).

Cara Penanaman Budidaya Kacang Tanah

Cara penanaman dapat dilakukan dengan menggunakan tugal sedalam 3 cm, perlubangnya diisi 2 butir benih dan jarak tanam antara 40 cm x 10 cm. Lalu setelah diisi benih lubang tanam ditutup tanah secara tipis.

Pemupukan Budidaya Kacang Tanah

I. Pemupukan Dasar untuk Budidaya Kacang Tanah (pada saat olah lahan/pembuatan bedengan)

Untuk pemupukan dasar pada budidaya kacang tanah dapat dilakukan, dengan tujuan meningkatkan nutrisi baik pada tanah. Ada 2 cara yang kami berikan untuk pemupukan dasar untuk budidaya kacang tanah. Sahabat Tani Organik bisa menggunakan pemupukan dasar budidaya kacang tanah secara organik ataupun pemupukan dasar budidaya kacang tanah secara kimia. Silahkan pilih cara pemupukan mana yang sahabat Tani Organik minati..

  • Cara Organik Pemupukan Budidaya Kacang Tanah : pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) + dolomit + tepung ikan + tepung tulang/tepung bulu + disemprot nopatek + poc bmw
  • Cara Kimia Pemupukan Budidaya Kacang Tanah : pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) + dolomit +  za + sp36 + kcl + disemprot nopatek + poc bmw
II. Pemupukan Susulan untuk Budidaya Kacang Tanah

Pemupukan susulan pada budidaya kacang tanah juga diperlukan sekali, selain untuk pertumbuhan tanaman kacang tanah sehat juga untuk merangsang pertumbuhan kacang tanah agar buahnya maksimal dan subur. Pemupukan susulan budidaya kacang tanah ada 2 cara. Sahabat Tani Organik dapat aplikasikan salah satunya..

CARA ORGANIK PEMUPUKAN BUDIDAYA KACANG TANAH

  • Pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) 1 karung + dolomit 4 kg + tepung ikan 4 kg + tepung tulang/tepung bulu 4 kg + nopatek 1 btl + poc bmw 1 btl. Semua bahan dimasukkan ke dalam drum 200 ltr, ditambahkan air sampai hampir penuh, diaduk rata. Kemudian drum ditutup rapat, dan diamkan 5 hari. Bahan siap digunakan.
  • Cara penggunaan: ambil 1/2 gayung pupuk dari peraman kemudian tambahkan air 1 ember falkon. Diaduk, lalu kocorkan ke tanaman kacang tanah, dosis 100 ml per lubang tanam.

CARA KIMIA PEMUPUKAN BUDIDAYA KACANG TANAH

  • Pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) 1 karung + dolomit 4 kg +  za 4 kg + sp36 2 kg + kcl 3 kg + nopatek 1 botol + poc bmw 1 btl. Semua bahan dimasukkan ke dalam drum 200 ltr, ditambahkan air sampai hampir penuh, diaduk rata. Kemudian drum ditutup rapat, dan diamkan 5 hari. Bahan siap digunakan.
  • Cara penggunaan: ambil 1/2 gayung pupuk dari peraman kemudian tambahkan air 1 ember falkon. Diaduk, lalu kocorkan ke tanaman kacang tanah, dosis 100 ml per lubang tanam.

Pemeliharaan Budidaya Kacang Tanah

Penyulaman pada Budidaya Kacang Tanah

Penyulaman pada budidaya kacang tanah dapat dilakukan jika tanaman kacang panjang ada yang tidak tumbuh. Buang tanaman yang tidak tumbuh, dan buat lubang tanam baru pada bekas lubang tanam sebelumnya. Penyulaman ini bertujuan agar populasi tetap terjaga.

Penyiangan dan Pembumbunan pada Budidaya Kacang Tanah

Penyiangan juga perlu dilakukan, agar pertumbuhan kacang tanah tidak terganggu oleh gulma. Penyiangan dilakukan 2 kali. Penyiangan yang pertama dapat dilakukan pada saat tanaman kacang tanah berumur 21 hari setelah penanaman. Penyiangan yang kedua dilakukan pada tanaman kacang tanah berumur 40 bari setelah penanaman. Pada penyiangan kedua dilakukan pembumbunan yakni penggemburan tanah lalu ditimbun dekat pangkal batang tanaman kacang tanah. Tujuannya untuk memudahkan bakal buah menembus permukaan tanah sehingga pertumbuhan tanaman kacang tanah menjadi optimal.

Pengairan pada Budidaya Kacang Tanah

Waktu dilakukannya pengairan yang baik yaitu di pagi atau sore hari dengan cara dileb hingga tanah cukup basah. Budidaya kacang tanah tidak menghendaki jika tergenang oleh air. Fase kritis untuk budidaya kacang tanah yaitu fase perkecambahan, rase pertumbuhan dan fase pengisian polong.

Pemupukan Susulan pada Budidaya Kacang Tanah

Pemupukan susulan dapat dilakukan pada 7 – 10 HST dan rutin setiap 7 -10 berikutnya.

Hama dan Penyakit Budidaya Kacang Tanah

Hama yang sering menyerang pada budidaya kacang tanah, yaitu Uret, Ulat Penggulung Daun, Ulat Grayak (Spodoptera litura), Ulat Jengkal (Plusia sp), Kumbang Daun. Hama-hama ini sangat menganggu dalam pertumbuhan budidaya kacang tanah. Dari itu perlu penanggulangan dengan menyemprotkan insektisida hayati ANTILAT 4 hari sekali secara rutin, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Penyakit yang kerap penyerang budidaya kacang tanah yaitu Penyakit layu atau “Omo Wedang”, Penyakit sapu setan,  Penyakit Gapong, Penyakit Sclerotium, Penyakit Karat. Penanggulangannya yaitu dengan menyemprotkan  fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Pengaplikasiannya dapat digabungkan dengan ANTILAT.

Panen Budidaya Kacang Tanah

Budidaya kacang tanah dapat dipanen pada umur 90 hari setelah tanam. Tanda-tanda budidaya kacang tanah yang siap panen diantaranya batang tanaman yang mengeras, daun mulai menguning dan berguguran. Dariitu juga kita dapat mengambil contoh dan memeriksa apakah bijinya sudah terisi penuh atau tidak.

Demikian pembahasan mengenai Cara Budidaya Kacang Tanah Di Lahan Pertanian. Silahkan sahabat Tani Organik bisa mempraktekan sendiri dilahan pertaniannya sesuai langkah-langkah diatas. Insyaalloh hasilnya memuaskan. Salam Tani Organik

Baca juga artikel teknik budidaya lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>