Cara Budidaya Kacang Panjang Di Lahan Pertanian

Print Friendly

Cara Budidaya Kacang Panjang Di Lahan Pertanian – Halo sahabat Tani Organik yang selalu semangat berkebun, semoga budidayanya selalu subur dan hasilnya mantap. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya kacang panjang di lahan pertanian. Cara budidaya kacang panjang sebenarnya cukup mudah, hampir sama dengan cara budidaya sayuran lainnya. Tetapi banyak petani budidaya kacang panjang yang tidak tahu cara dan perawatan budidaya kacang panjang. Akibatnya hasil panen yang tidak optimal bahkan gagal panen karena kurangnya asupan nutrisi dan gangguan hama penyakit. Maka dari itu sebelum memulai budidaya kacang panjang, sahabat Tani Organik perlu tahu langkah-langkah dalam budidaya kacang panjang terlebih dahulu, berikut penjelasannya..

Tanaman kacang panjang (Vigna Sinensis) merupakan tanaman yang digolongkan kedalam famili leguminosa. Golongan Famili leguminosa dapat dimanfaatkan sebagai tanaman sela, yaitu untuk memulihkan kandungan nitrogen tanah. Maka petani banyak yang menanam tanaman kacang panjang ini. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman sela, budidaya kacang panjang juga sangat potensial secara ekonomi.

Untuk budidaya kacang panjang dapat dilakukan di dataran tinggi hingga 800 meter dpl, maupun rendah. Suhu udara antara 15-24oC dengan curah hujan 600-1500 mm per tahun. Sedangkan suhu maksimum untuk budidaya kacang panjang adalah 35oC dan suhu minimum 10oC. Budidaya kacang panjang di Indonesia dapat dilakukan sepanjang musim. Tetapi kebanyakan petani membudidayakan kacang panjang pada awal musim hujan, kecuali untuk tanah sawah, biasanya menanam di musim kemarau. Untuk budiaya kacang panjang harus pada tanah yang gembur, terkena langsung sinar matahari dengan drainase yang bagus.

Cara Budidaya Kacang Panjang Di Lahan Pertanian
Cara Budidaya Kacang Panjang Di Lahan Pertanian

Pembibitan Budidaya Kacang Panjang

Benih kacang panjang yang akan digunakan dalam budidaya kacang panjang adalah benih yang matang dari pohon. Kemudian benih tersebut dijemur sampai kering di bawah sinar matahari, lalu dikupas dan dijemur lagi. Kemudian selanjutnya, biji kacang panjang dapat langsung ditanam tanpa harus disemai terlebih dahulu. Namun, jika tidak membuat pembibitan sendiri, sahabat Tani Organik dapat membelinya di toko pertanian setempat.

Untuk mendapatkan benih kacang panjang yang baik, ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Bntuk biji kacang panjang lebih besar atau sekitar 80% dari biji kacang pada umumnya. Biji seperti ini memiliki daya tumbuh yang tinggi.
  • Biji kacang panjang yang akan dijadikan benih harus murni, artinya tidak tercampur dengan biji-biji lain yang berasal dari varietas tidak jelas.
  • Umur benih harus cukup tua serta bernas.
  • Benih harus sehat (bebas atau tahan dari hama penyakit dan mempunyai daya produksi tinggi)

Persiapan Lahan Budidaya Kacang Panjang

Lahan untuk budidaya kacang panjang harus dikelola dengan baik, hal ini agar tanah subur dan pertumbuhan budidaya kacang panjang yang baik. Tahapan pengelolahan lahannya sebagai berikut:

  • Lakukan pencangkulan atau pembajakan lahan sampai gembur dengan kedalaman 20-30 cm.
  • Buat bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 20-30 cm dan panjang disesuaikan dengan lahan.
  • Buatlah parit atau saluran drainase dengan lebar 30 cm.
  • Jika pH tanah kurang dari 5.5, maka lakukan berikan pupuk dolomit pada lahan. Diamkan 2-3 minggu sebelum tanam.
  • Dilakukan pemupukan dasar 1 -2 minggu sebelum tanam. Pemupukan dasar akan dibahas pada poin pemupukan.

Penanaman Budidaya Kacang Panjang

  • Buat lubang pada bedengan yang telah dibuat dengan jarak untuk merambat adalah 20 x 50 cm, 40 x 60 cm, dan 30 x 40 cm. Jarak tanam untuk tipe tegak adalah 20 x 40 cm serta 30 x 60 cm.
  • Sebelumnya benih direndam pada larutan POC BMW dengan perbandingan 1 mangkok air+1 sdm POC BMW minimal 5 jam kemudian tiriskan
  • Masukkan benih kedalam lubang tanam pada bedengan sebanyak 2 biji untuk setiap lubangnya. Tutup lubang dengan tanah tipis atau dengan abu dapur.
  • Waktu dalam budidaya kacang panjang yang baik adalah pada saat awal musim kemarau atau awal musim hujan.

 

Pemupukan Budidaya Kacang Panjang

I. Pemupukan Dasar untuk Budidaya Kacang Panjang (pada saat olah lahan/pembuatan bedengan)

Pemupukan dasar pada budidaya kacang panjang perlu dilakukan, untuk meningkatkan hara pada tanah. Ada 2 cara untuk pemupukan dasar untuk budidaya kacang panjang yang kita berikan. Sahabat taniorganik dapat menggunakan cara pemupukan dasar budidaya kacang panjang organik ataupun pemupukan dasar budidaya kacang panjang secara kimia. Silahkan memilih salah satunya..

  • Cara Organik : pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) + dolomit + tepung ikan + tepung tulang/tepung bulu + disemprot nopatek + poc bmw
  • Cara Kimia : pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) + dolomit +  za + sp36 + kcl + disemprot nopatek + poc bmw
II. Pemupukan Susulan untuk Budidaya Kacang Panjang

Untuk pemupukan susulan pada budidaya kacang panjang juga diperlukan sekali, selain untuk pertumbuhan tanaman sehat juga untuk merangsang pertumbuhan kacang panjang agar montok dan subur. Pemupukan susulan budidaya kacang panjang ada 2 cara juga versi Bumi Makmur Walatra. Sahabat taniorganik dapat memilih salah satunya..

CARA ORGANIK BUDIDAYA KACANG PANJANG

  • Pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) 1 karung + dolomit 4 kg + tepung ikan 4 kg + tepung tulang/tepung bulu 4 kg + nopatek 1 btl + poc bmw 1 btl. Semua bahan dimasukkan ke dalam drum 200 ltr, ditambahkan air sampai hampir penuh, diaduk rata. Kemudian drum ditutup rapat, dan diamkan 5 hari. Bahan siap digunakan.
  • Cara penggunaan: ambil 1/2 gayung pupuk dari peraman kemudian tambahkan air 1 ember falkon. Diaduk, lalu kocorkan ke tanaman kacang panjang, dosis 100 ml per lubang tanam.

CARA KIMIA BUDIDAYA KACANG PANJANG

  • Pupuk kandang (ayam/kambing/kuda) 1 karung + dolomit 4 kg +  za 4 kg + sp36 2 kg + kcl 3 kg + nopatek 1 botol + poc bmw 1 btl. Semua bahan dimasukkan ke dalam drum 200 ltr, ditambahkan air sampai hampir penuh, diaduk rata. Kemudian drum ditutup rapat, dan diamkan 5 hari. Bahan siap digunakan.
  • Cara penggunaan: ambil 1/2 gayung pupuk dari peraman kemudian tambahkan air 1 ember falkon. Diaduk, lalu kocorkan ke tanaman kacang panjang, dosis 100 ml per lubang tanam.

Perawatan Budidaya Kacang Panjang

Perawatan budidaya kacang panjang, perlu dilakukan dengan intentsif, karena untuk menghasilkan kualitas kacang panjang yang bagus. Perawatan budidaya kacang panjang dapat dilakukan 7 cara yaitu penyulaman, penyiraman, pemasangan ajir, penyiangan, pemangkasan, pemupukan, dan pengendalian hama penyakit.

Penyulaman dalam Budidaya Kacang Panjang

Yang pertama perawatan budidaya kacang panjang yaitu penyulaman. penyulaman merupakan salah satu cara mengantikan tanaman kacang panjang gagal tumbuh atau mati, kemudian digantikan dengan tanaman kacang panjang yang baru. Dilakukan 1 minggu setelah tanam kacang panjang.

Penyiraman Budidaya Kacang Panjang

Penyiraman pada budidaya kacang panjang dapat dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Namun, jika budidaya kacang panjang pada musim hujan sebaiknya penyiraman perlu dikurangi.

Pemasangan Ajir Budidaya Kacang Panjang

Pemasangan ajir untuk budidaya kacang panjang merupakan salah satu alat penyangga pertumbuhan tanaman kacang panjang yang terbuat dari bambu atau kayu lurus sebagai menyokong tanaman kacang panjang itu sendiri. Pemasangan ajir dilakukan 10 hari setelah tanam dengan ukuran ajir 2 meter.

Penyiangan Gulma pada Budidaya Kacang Panjang

Penyiangan gulma dilakukan pada lahan sekitar tanaman kacang panjang, agar pertumbuhan kacang panjang tidak terganggu. Penyiangan dapat dilakukan dengan cara mencabutya langsung atau membersihkannya.

Pemangkasan dalam Budidaya Kacang Panjang

Agar pertumbuhan kacang panjang generatif sangat baik, maka lakukan pemangkasan pada budidaya kacang panjang itu sendiri. Pemangkasan dilakukan 3-4 minggu sebelum tanaman kacang panjang berbunga.

Pemupukan Budidaya Kacang Panjang

Pemupukan susulan pada budidaya kacang panjang dilakukan 1 minggu sekali.

Hama dan Penyakit pada Budidaya Kacang Panjang

Hama yang sering ditemukan pada budidaya kacang panjang diantaranya adalah lalat kacang (Ophiomya phaseoli Tryon), kutu daun (Aphis cracivora Koch), ulat grayak (Spodoptera litura F.), penggerek biji (Callosobruchus maculatus L), ulat bunga ( Maruca testualis). Sedangkan untuk penyakit yang sering menyerang pada budidaya kacang panjang diantaranya penyakit Antraknose ( jamur Colletotricum lindemuthianum ), penyakit mozaik ( virus Cowpea Aphid Borne Virus/CAMV), penyakit sapu ( virus Cowpea Witches-broom Virus/Cowpea Stunt Virus.), layu bakteri ( Pseudomonas solanacearum ). Gangguan hama dan penyakit pada budidaya kacang panjang dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan kacang panjang bahkan bisa gagal panen. Maka perlu pengendalian segera mungkin dilakukan. Untuk hama sahabat Tani Organik bisa semprotkan insektisida hayati ANTILAT 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air pada tanaman kacang panjang. Pengendalian penyakit juga perlu dilakukan dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK pada tanaman kacang panjang 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Aplikasinya dapat di gabungkan antara ANTILAT dan NOPATEK.

Panen dan Pasca Panen Budidaya Kacang Panjang

  • Ukuran polong kacang panjang yang telah maksimal, merupakan ciri polong sudah bisa dipanen. Dari itu juga mudah dipatahkan dan biji-bijinya di dalam polong tidak menonjol.
  • Untuk waktu panen yang paling baik pada pagi/sore hari. Umur tanaman kacang panjang siap panen kisaran 3,5-4 bulan
  • Cara panen pada budidaya kacang panjang tipe merambat yaitu dengan memotong tangkai buah dengan pisau tajam.
  • Sesudah panen dilakukan, polong kacang panjang diletakan di tempat penampungan, kemudian disortasi.
  • Polong kacang panjang kemudidan diikat dengan bobot maksimal 1 kg dan siap dipasarkan.

Demikian pembahasan mengenai cara budidaya kacang panjang di lahan pertanian. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan langsung di lahan pertanian masing-masing. Salam sukses..

Lihat juga artikel budidaya lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH