Cara Budidaya Jeruk Nagami Dalam Pot

Print Friendly

Cara Budidaya Jeruk Nagami Dalam Pot – Halo sahabat Tani Organik dimanapun berada, semoga tuhan selalu memberikan kesehatan dan berkah untuk usaha kita semua, tanaman yang subur dan hasil panen yang melimpah Amin. Oke untuk tema artikel yang kita akan bahas kali ini adalah tentang cara budidaya jeruk nagami dalam pot. Jeruk nagami sudah kita bahas sebelumnya pada tema Cara Menanam Jeruk Nagami Di Lahan Perkebunan, namun yang membedakan kali ini pembahasannya yaitu menanam dalam media pot/tabulampot. Kebetulan tanaman jeruk nagami ini memang sangat cocok untuk kita jadikan tabulampot. Buah jeruk nagami ini berbentuk cantik, kecil mungil namun bisa dikonsumsi dengan kulitnya. Kenyataannya kulit buah jeruk nagami ini memiliki rasa lebih manis dari daging buahnya. Tanaman jeruk nagami menjadi multiguna, disamping kita nikmati buahnya, juga menjadi tanaman hias di halaman rumah. Sahabat mau mencoba menanamnya? Kita simak dulu langkah-langkah penanamannya dibawah ini..

Cara Budidaya Jeruk Nagami Dalam Pot
                             Cara Budidaya Jeruk Nagami Dalam Pot

1. Pemilihan Bibit Jeruk Nagami

Kebanyakan jeruk nagami ini dibibitkan dari cara okulasi. Sahabat bisa membibitkan sendiri atau jika tidak ingin repot, sahabat bisa membelinya di toko bibit setempat. Pertumbuhan jeruk nagami yang baik difaktori oleh kondisi bibit saat kita tanam, jadi pilihlah bibit yang benar-benar kualitasnya baik seperti sehat dan tidak terserang oleh hama maupun penyakit, berdaun hijau sehat tidak kuning atau layu, berbatang kokoh tidak kurus, percabangan yang rimbun.

2. Menyiapkan Media Tanam

Tahap selanjutnya adalah persiapan media tanamnya. Siapkan wadah/pot ukuran besar dengan lubang pembuangan air dibawahnya berdiameter 60cm atau lebih dan bisa juga dari wadah bekas drum. Kemudian siapkan tanah yang dicampur dengan kompos/pupuk kandang yang sudah difermentasi dengan perbandingan 1:1. Terlebih dahulu, media campuran tanah+kompos/pupuk kandang yang telah disiapkan kita istirahatkan selama 3-5 hari agar media tanam bersih dari bibit hama dan penyakit yang akan menyerang pada tanaman jeruk nagami.

3. Penanaman Bibit Jeruk Nagami

Setelah semuanya siap, kita lanjut pada proses penanaman bibit jeruk nagami dalam pot. Namun sebelumnya plastik polybag pada bibit kita buka terlebih dahulu dengan hati-hati jangan sampai perakaran rusak. Kemudian letakkan bibit jeruk nagami pada pot dengan posisi tegak lurus keatas, jangan sampai miring.

4. Memasukan Campuran Tanah + Kompos Dalam Pot

Kemudian bibit yang telah berada dalam pot segera masukan campuran tanah + kompos yang sudah dipersiapkan tadi. Media diratakan dan padatkan dengan tangan, namun jangan terlalu padat karena akan mengganggu perakaran tanaman. Media tabulampot untuk jeruk nagami ini perlu mencukupi nutrisi bagi pertumbuhan tanaman agar tetap tumbuh optimal, maka kompos/pupuk kandang yang diberikan sebagai penunjang nutrisi tambahan pada tanah.

5. Berikan Penyiraman

Selesai proses penanaman, bisa kita langsung siram. Penyiraman dilakukan pada seluruh tanaman dan media tanam pada pot secukupnya, jangan terlalu banyak cukup air meresap dan lembab. Gunakan embrat untuk proses penyiraman yang maksimal.

6. Pemasangan Ajir

Penanaman dalam pot juga sangat memerlukan pemasangan pada adaptasinya pertumbuhannya. Pemasangan ajir berguna menyokong tanaman agar tanaman lebih kokoh. Membuat ajir sangat gampang bisa kita buat dari bambu yang dibelah menjadi beberapa bagian dengan tinggi disesuaikan dengan bibit.

7. Pemupukan Susulan

Pertumbuhan tanaman yang subur disebabkan dari asupan nutrisi yang tercukupi. Nutrisi dalam media pot ini tidak cukup untuk melengkapi pertumbuhan tanaman. Dari itu pemberian pemupukan yang rutin sangat  Untuk memberikan nutrisi bagi tabulampot, yang sering saya lakukan ialah paduan 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW + air 1 liter, dikocorkan pada media tanaman 1 gelas pertanaman. Lakukan pemupukan ini secara rutin 1 bulan sekali.

8. Memacu Pembuahan

Seiring dengan pertumbuhannnya, kita juga perlu mengaplikasikan pemacu produktifitas buah lebih cepat. Aplikasi hormon perangsang buah dapat mempercepat dan melebatkan buah. Aplikasi hormon perangsang buah juga dapat menghasilkan kualitas buah lebih baik, lebih manis dan lebih padat. Hormon perangsang buah yang dapat diaplikasikan adalah POC BMW. Cara aplikasinya tinggal kita semprotkan pada tanaman jeruk nagami dosisnya 2 tutup POC BMW + air 10 liter. Lakukan pemberian hormon perangsang ini dengan interval 2 minggu sekali.

9. Pemeliharaan Lain

Beberapa pemeliharaan berikut juga tidak kalah penting bagi optimalnya pertumbuhan tanaman jeruk nagami seperti penyiraman rutin dilakukan 1-2 kali sehari pagi atau sore hari, membersihkan rumput yang tumbuh pada sekitaran pot, bersihkan daun yang jatuh pada pot yang berakibat mengundang berbagai serangan hama dan penyakit.

10. Hama dan Penyakit Tanaman Jeruk

Jeruk dalam pot juga bisa terserang hama seperti kutu loncat (diaphorina citri), kutu daun (toxoptera citridus aurantii), ulat peliang daun (phyllocnistis citrella), tungau (eriophyes sheldoni tetranychus sp), penggerek buah (citripestis sagittiferella). Namun kita bisa tanggulangi dengan menyemprotkan Insektisida hayati ANTILAT 4-5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Tidak hanya itu, penyakit juga bisa menyerang jeruk nagami seperti penyakit seperti CVPD, Tristeza, Woody gall (Vein Enation), Blendok, Embun tepung. Jika tanaman jeruk sahabat terjangkit penyakit seperti diatas penanggulangannya bisa dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai Cara Budidaya Jeruk Nagami Dalam Pot, Silahkan jika sahabat ingin memiliki tabulampot jeruk nagami ini, langkah-langkah budidayanya bisa dipraktekan. Insyaalloh tabulampot jeruk nagami bisa tumbuh secara optimal. Semoga sukses..

Jangan lupa lihat juga referensi budidaya lainnya :

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.

PEMESANAN PRODUK :

  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Padepokan Tani Organik

Bumi Makmur Walatra (BMW)

Jl. Raya Tasik-Singaparna

Kacapi Indah Blok F No. 6

Kel/Kec. Mangkubumi
Kota Tasikmalaya 46181.

Provinsi Jawa Barat

Indonesia (+62)

SMS Center: 0821-1547-5387
WhatsApp: 0896-6673-9495
BBM: 53551D73
Email: orderbmw2@gmail.com

——————————————

PT. BUMI MAKMUR WALATRA


AKTA PENDIRIAN NO 152
NOTARIS HERI HENDRIYANA, SH., MH