Budidaya Terong Jepang Nashubi, di Karung Pun Oke Punya

Bismillah. Sahabat Tani Organik, setelah menikmati liburan hari Raya Idul Fitri 1437 H ini kami mulai beraktivitas kembali. Tukang web kerjaannya menulis artikel, menulis apa saja tentang budidaya tanaman khususnya secara organik :) Pekerjaan yang bikin pegal jari jemari, namun semoga saja bermanfaat untuk semua sehingga menjadi amal baik bagi kami yang pahalanya semoga mengalir sampai akhirat kelak :) amiin…  Tidak lupa kami mengucapkan Taqobalallohu minna wa minkum, yang artinya “Semoga Alloh menerima amal kami dan kalian”. Mohon maaf lahir dan bathin atas segala kekhilafan kami selama ini.

Baiklah, untuk mempersingkat cerita, pada sesi kali ini kami ingin berbagi cara budidaya tanaman terong jepang atau lazim dipanggil nashubi, secara organik. Tekniknya sederhana dan tidak memakan biaya besar. Bahkan kami menggunakan karung bekas sebagai wadah medianya untuk menunjukkan kepada sahabat Tani Organik bahwa kita tidak butuh modal besar untuk membudidaya komoditas yang bergengsi sekalipun :)

Praktik budidayanya sebetulnya dilakukan pada 2014, tetapi dokumentasi foto-fotonya baru kami temukan kembali hari ini. Walaupun begitu, mudah-mudahan artikelnya tidak basi dan tetap memberi inspirasi dan semangat bagi sahabat Tani Organik sekalian.. :)

Benih terong jepang/nashubi ini dari Jepang asli. Label kemasannya pun berbahasa Jepang.

Isinya tidak banyak, cuma 17 butir biji terong saja :)

Walaupun varietasnya dari Jepang sana, namun media untuk menanam terong Jepang/nashubi ini tidak muluk-muluk. Kami hanya menggunakan tanah biasa dicampur kotoran ayam broiler plus ada sekamnya, yang sudah matang tentunya.

Karena bibit sudah siap tanam, kami langsung menyiram media karung supaya memudahkan dalam penanaman bibit. Larutkan 1 tutup POC BMW untuk 1 gembor air (10 ltr). POC BMW kaya dengan mikroba penyubur yang akan menguraikan zat-zat makanan pada media yang sudah dikasih pupuk kandang tadi.

Sekarang kita buat lubang tanam, kira-kira sedalam 10 cm.

Bibit terong kami sebetulnya masih terlalu muda untuk ditanam karena baru memiliki dua helai daun sempurna, padahal idealnya lima daun sempurna. Tapi tidak mengapa, kami sudah ‘gatel’ ingin menanamnya :)

Gambar di bawah ini diambil pada 02-sep-2014. Bibit terong jepang nashubi dicabut dari tray atau baki persemaian. Musti hati-hati agar tanah dan akarnya tidak terburai.

Pada 09-sep-2014, tanaman terong muda kita sudah kelihatan segar dan bertambah daun baru dua helai.

09-sep-2014, berjajar karung-karung di pinggiran jalan aspal…

16-sep-2014, tanaman terong sudah nampak kelihatan eksis di antara tanaman lainnya. Kami memang menanam cabe dan phakcoy selain terong ini.

18-sep-2014, penampakan lebih dekat.

18-sep-2014, walaupun medianya sederhana, perawatan tetap musti intensif!

20-sep-2014, kami bagaikan fotografer dadakan, tiap saat jeprat-jepret di pekarangan :)

25-sep-2014, pemandangan yang hijau segar begini siapa yang tidak senang?? Tiap waktu pingin meliriknya..

25-sep-2014, tunas-tunas baru terus bermunculan di ketiak daun.

01-okt-2014. Dengan penuh kedisiplinan, kami merawat tanaman ini. Pemupukan susulan dilakukan secara terjadwal, 7 hari sekali, dimulai usia 7 hari setelah tanam.

02-okt-2014. Tanaman nampak semakin dewasa, tumbuh subur manjur.

02-okt-2014. Bahkan bakal bunga sudah mulai nongol.

02-okt-2014. Vigor tanaman yang kokoh dengan batang tebal.

02-okt-2014. Daun pun ekstra lebar.

08-okt-2014. Pertumbuhan yang keren bukan? Apa rahasianya???

Ternyata ini dia… resep mujarab kita. Seduhan ‘bandrek’ berkhasiat ramuan leluhur yang bikin tanaman-tanaman pada ngilerr.. :)

Cukup pupuk kandang kambing 1/2 gayung yang dikasih POC BMW 1 tutup + KOCOR BMW 2 sdm + gula 1 sdm. Diseduh dengan air 10 liter dan diaduk merata. Dikasihkan tiap 7 hari ke tanaman. Dosis 1 gelas per pohon. Monggo dicoba… insya alloh maknyuss… :)

Itulah sekelumit cerita tentang budidaya terong Jepang nashubi. Komoditas yang mahal harga jualnya namun ternyata cukup mudah dalam membudidayanya. Anda pun bisa melakukannya, tinggal ada kemauan atau tidak… wassalamu’alaikum.

(bersambung…)

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




The following two tabs change content below.

taniorganik

Latest posts by taniorganik (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *