BANDINGKAN : Inilah Padi Organik VS Padi Kimia (Bpk Bambang, Jombang, 2016)

BANDINGKAN : Inilah Padi Organik VS Padi Kimia (Bpk Bambang, Jombang, 2016) – Halo sahabat Tani Organik yang selalu aktif melestarikan bumi pertiwi, bersyukur kita bisa lahir di tanah air yang subur dan kaya akan sumber alamnya. Artikel kali ini merupakan penjelasan lanjutan dari artikel Hasil Mantap Budidaya Padi Organik dengan Aplikasi Produk BMW (Bpk Bambang, Jombang, 2016), namun yang akan kita bahas pada artikel ini mengenai perbandingan antara padi organik vs padi kimia dari kesaksian Pak Bambang mitra kami yang berada di Jombang, Jawa Timur. Pak Bambang merupakan seorang petani yang hebat dan cerdas, bagaimana tidak ditengah-tengah petani kita menggunakan pupuk kimia, beliau beralih ke pemupukan organik pada tanaman padinya. Namun beliau memiliki prinsip negara kita yang subur harus dimanfaatkan secara sehat dan aman bukan menjadi rusak. Yang kita tahu dampak jangka panjang dari pemakaian kimia justru bersifat merusak pada tanaman dan juga lingkungan. Kita akan lihat bagaimana perbandingan antara padi organik dan padi kimia yang telah dibuktikkan sendiri oleh pak Bambang di Jombang, Jawa Timur.

Gambar diatas merupakan pertanian padi organik milik pak Bambang. Tanaman padi yang ditanam pada lahan seluas 4 hektar pak Bambang diberlakukkan secara full organik hanya menggunakan produk BMW. Terlihat tanaman tumbuh secara merata, sehat, bulir-bulir padi lebih bagus, padat dan lebat. Tidak ada masalah dari hasil aplikasi organik pada tanaman padi milik pak Bambang.

BANDINGKAN : Inilah Padi Organik VS Padi Kimia (Bpk Bambang, Jombang, 2016)
Tanaman padi tetangga pak Bambang yang memakai kimia terserang hama wereng

Lihatlah gambar diatas, hal ini berbading terbalik dengan tanaman dilahan tetangga yang perlakuannya menggunakan kimia, jenis padi pertiwi ini hampir semua terserang dengan hama wereng. Keadaannya kering total semua dalam 3 hari, padahal pupuk kimia sudah diberlakukkan dengan semestinya, namun hama semakin resisten dan membuat keadaan menjadi tambah rumit.

BANDINGKAN : Inilah Padi Organik VS Padi Kimia (Bpk Bambang, Jombang, 2016)
Hama tersebut menjalar ke tanaman padi lainnya sampai 5 dapuran padi yang memakai kimia

Tak hanya padi pertiwi yang diserang pada padi tetangga, serangan terus mewabah sampai pada 5 padi jenis ciherang yang perlakuannya sama memakai kimia. Jika sahabat Tani Organik cermati, tanaman yang terus dengan pupuk kimia rentan terkena masalah.

BANDINGKAN : Inilah Padi Organik VS Padi Kimia (Bpk Bambang, Jombang, 2016)
Efek aplikasi kimia memang membuat tanaman menjadi rentan terserang hama

Secara umum perbandingan antara padi organik dan kimia :

Padi Organik

  • Lebih tahan dari serangan hama
  • Lebih tahan dari serangan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen, karena dilawan oleh mikroba menguntungkan dari nutrisi organik.
  • Pertumbuhan tanaman lebih sehat dan lebih subur
  • Kuantitas hasil panen meningkat
  • Kualitas lebih baik : tidak mudah rontok, tingkat rendemen bagus, beras yang dihasilkan lebih bersih, nasi lebih pulen, dan tidak mudah basi

Padi Kimia

  • Lemah terhadap serangan hama
  • Lebih rentan terserang penyakit
  • Pertumbuhan tanaman cenderung menurun dan semakin kerdil
  • Kuantitas hasil panen terus merosot
  • Kualitas semakin buruk, rentan rontok, bulir padi banyak tidak berisi, beras semakin kurang bersih dan sangat mudah basi

Dari pembahasan diatas, kita bisa lebih mencermati eksistensi dari penerapan kimia dan penerapan secara organik. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua. Sekian pembahasan dari tema BANDINGKAN : Inilah Padi Organik VS Padi Kimia (Bpk Bambang, Jombang, 2016). Sukses selalu..

Baca juga artikel referensi lainnya..

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat jangan pelit ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK :
  • SMS/Telp: 0821-1547-5387
  • WhatsApp: 0896-6673-9495
  • BBM: 53551D73
  • Email: pelanggan@taniorganik.com

*****

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.




The following two tabs change content below.

andi kuswandi

Latest posts by andi kuswandi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *